Stadium Kanker Mulut

544
Stadium Kanker Mulut
(Credit: julenochek / Adobe Stock)

Diedit:

Stadium kanker mulut – bagaimana Anda mengetahuinya? Apa itu stadium kanker mulut? Apa pengaruhnya bagi kehidupan Anda? Apa standarisasi yang digunakan dalam menentukan kanker mulut? Beberapa orang mungkin ingin mengetahui penjelasannya! Cari tahu lebih banyak kanker mulut stadium 1, kanker mulut stadium 2, kanker mulut stadium 3, atau kanker mulut stadium 4 berikut!

Temukan info selengkapnya seputar stadium 1 hingga stadium 4 dari kanker mulut yang menyerang Anda dalam artikel berikut ini! Simak bagaimana penentuan stadium kanker ditetapkan!

Stadium Kanker Mulut

Setelah Anda menjalani serangkaian pemeriksaan kanker mulut, maka hasil pemeriksaan sebelumnya akan menjadi tolak ukur bagi dokter untuk mengukur stadium kanker mulut. Stadium kanker digunakan guna melihat tingkat perkembangan sel kanker dalam tubuh pasien. Setelah ciri-ciri kanker mulut dikenali. Hal ini dapat membantu dokter dalam menyediakan pilihan pengobatan kanker yang sesuai dengan kondisi Anda. Namun, keputusan pilihan pengobatan tetap berada di tangan Anda.

Lalu bagaimana stadium kanker mulut ditetapkan? Stadium kanker mulut ditetapkan dengan menggunakan sistem TNM Amerika, metode yang umum digunakan berdasarkan tiga komponen utama; Tumor (T) menggambarkan ukuran tumor (primer). Node (N) menunjukkan keberadaan kanker pada kelenjar getah bening. Metastasis (M) mengacu pada penyebaran kanker menuju bagian tubuh lainnya.

Tingkatan yang digunakan dalam menentukan kanker biasanya menggunakan angka (0-4) atau angka romawi (I, II, III dan IV). Angka yang lebih tinggi pada stadium kanker menunjukkan peningkatan keganasan sel kanker. Berikut penjelasan seputar kanker mulut stadium 0, kanker mulut stadium 1, kanker mulut stadium 2, kanker mulut stadium 3, atau kanker mulut stadium 4.

Kanker Mulut Stadium 0

Anda mungkin heran jika ada kategori kanker mulut stadium 0 yang bisa disebut sebagai kondisi pra-kanker. Pada kanker mulut stadium 0 sel kanker hanya tumbuh di epitel, lapisan terluar jaringan di rongga mulut atau orofaring. Pemeriksaan menunjukkan tidak adanya sel kanker pada lapisan jaringan yang lebih dalam, struktur terdekat, kelenjar getah bening, atau tempat yang jauh, biasanya disebut Carcinoma in situ.

Kanker Mulut Stadium 1

Kanker mulut stadium 1 merupakan tahap awal dari kanker invasif. Artinya kanker telah tumbuh di jaringan yang melapisi mulut atau oropharynx dan masuk ke jaringan yang lebih dalam di bawahnya.

Pada kanker mulut stadium I, sel kanker (primer) baru berukuran 2 cm atau lebih kecil, dan tidak ada sel kanker di sekitar jaringan terdekat, maupun kelenjar getah bening, atau tempat yang jauh.

Kanker Mulut Stadium 2

Jika Anda mengalami kanker mulut stadium 2, maka hasil pemeriksaan akan memperlihatkan ukuran kanker yang mencapai lebih dari 2cm, tapi kurang dari 4 cm. Kanker ini juga belum menyebar menuju kelenjar getah bening terdekat ataupun organ lainnya.

Kanker Mulut Stadium 3

Jika Anda mengalami kanker mulut stadium 3, maka hasil pemeriksaan akan memperlihatkan ukuran kanker yang mencapai lebih dari 4 cm. Pemeriksaan menunjukkan ketiadaan sel kanker pada jaringan terdekat, maupun kelenjar getah bening, atau tempat yang jauh.

Kondisi lainnya yang juga dikategorikan sebagai kanker mulut stadium 3 ialah ukuran tumor yang beragam namun belum tumbuh di jaringan terdekat maupun tempat yang jauh. Namun, sel kanker telah menjangkau satu bagian kelenjar getah bening, yang terletak di sisi kepala atau leher tempat tumbuhnya tumor (primer) dan ukurannya lebih kecil sekitar 3 cm.

Kanker Mulut Stadium 4

Sedangkan pada kanker mulut stadium 4, kondisinya bisa beragam. Stadium ini merupakan stadium terparah dari penyakit kanker mulut. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

Kanker Mulut Stadium IVA

Pertama terdapat sel kanker dalam bermacam ukuran yang tumbuh menuju organ terdekat. Sel kanker mungkin tidak ditemukan pada kelenjar getah bening, atau bisa juga telah menyebar di satu bagian kelenjar getah bening, yang terletak di sisi kepala atau leher bersamaan dengan lokasi tumor (primer) dengan ukuran kecil dari 3 cm. Kanker belum menyebar ke tempat yang jauh.

Kedua, terdapat sel kanker dalam bermacam ukuran yang belum tumbuh di organ terdekat. belum menyebar ke tempat yang jauh, dan bisa jadi mengalami kondisi berikut:

Sel kanker berada di satu bagian kelenjar getah bening yang terletak di sisi kepala atau leher bersamaan dengan tumbuhnya tumor (primer) yang berukuran 3-6 cm.

Sel kanker berada di satu bagian kelenjar getah bening yang terletak di sisi kepala atau leher yang berlawanan dengan tumbuhnya tumor (primer) atau leher dan berukuran kurang dari 6 cm.

Sel kanker berada pada kedua kelenjar getah bening, keduanya berukuran lebih kecil dari 6 cm dan terletak di kedua sisi kepala atau leher.

Kanker Mulut Stadium IVB

Pertama, tumor telah menyerang daerah yang lebih dalam. Sel kanker bisa jadi menyebar atau tidak menyebar ke kelenjar getah bening dan belum menyebar ke tempat yang jauh. Kedua, sel tumor bisa jadi tumbuh atau tidak tumbuh ke dalam jaringan lainnya. Sel kanker telah menyebar ke satu atau lebih kelenjar getah bening yang ukurannya lebih besar 6 cm, namun belum menyebar ke tempat yang jauh.

Kanker Mulut Stadium IVC

Ukuran sel kanker beragam dan bisa jadi menyebar atau tidak menyebar menuju kelenjar getah bening. Sel kanker telah menyebar ke tempat yang jauh, seringkali ditemukan di paru-paru.

Dalam menangani kasus kanker yang Anda jalani, biasanya dokter tidak bekerja sendirian. Tentu ada tim khusus yang membantu menangani masalah kesehatan Anda. Sehingga Anda tak perlu khawatir jika hasil pemeriksaan atau diagnosis yang disampaikan dokter salah. Tim ahli medis ini akan membantu perencanaan pengobatan kanker mulut yang Anda telah tentukan.

Baca juga:  5 Ciri-Ciri Kanker Mulut yang Paling Mudah Dikenali

Demikianlah ulasan kanker mulut stadium 0, kanker mulut stadium 1, kanker mulut stadium 2, kanker mulut stadium 3, hingga kanker mulut stadium 4.

Advertisement
Alinesia