Stadium Kanker Mulut


By Cindy Wijaya

Artikel ini akan menjelaskan mengenai cara dokter menentukan stadium kanker mulut pada pasiennya. Penentuan stadium kanker tersebut dibutuhkan untuk mengetahui seberapa jauh pertumbuhan atau penyebaran dari kanker itu di dalam tubuh pasien.

Sebelum bisa memastikan stadium dari suatu penyakit kanker, dokter harus melakukan sejumlah pemeriksaan medis. Jadi stadium kanker mulut pasien baru akan diketahui setelah ia menjalani semua pemeriksaan yang dibutuhkan.

Setelah stadium kanker dipastikan, dokter bersama pasien dapat mempertimbangkan pilihan pengobatan yang terbaik sesuai kondisi pasien.

Terdapat beberapa sistem yang digunakan secara medis untuk menentukan stadium kanker. Pada kanker mulut, salah satu yang paling umum digunakan ialah sistem TNM.

Stadium Kanker Mulut Sistem TNM

Berdasarkan sistem TNM, kanker mulut dibagi menjadi 5 stadium, diawali dengan stadium 0 kemudian  diikuti stadium 1 sampai 4. Stadium 1 sampai 4 sering juga diberi penomoran Romawi, yaitu I, II, III, dan IV. Semakin besar nomor dari stadium itu, maka semakin serius juga penyebaran dari kanker tersebut.

Di bawah ini akan dijelaskan satu per satu setiap stadium tersebut, mulai dari yang paling awal.

Kanker Mulut Stadium 0

Kanker mulut stadium 0, atau disebut juga karsinoma in situ, berarti kanker masih berada pada stadium yang sangat awal. Beberapa dokter lebih suka menyebutnya sebagai kondisi pra-kanker.

Pada kanker mulut stadium 0 sudah ditemukan sel-sel kanker tetapi semuanya hanya ada di dalam lapisan mulut atau orofaring. Sel-sel tersebut belum menyebar kemana pun.

Jika kondisi pra-kanker ini tidak ditangani, ada risiko besar kondisi tersebut akan berkembang menjadi kanker.

Kanker Mulut Stadium 1

Ini juga masih dianggap sebagai kanker mulut stadium sangat awal.

Pada kanker mulut stadium 1, ukuran kanker 2 cm atau lebih kecil dan ketebalannya 5 mm atau kurang. Kankernya belum menyebar ke jaringan, kelenjar getah bening, maupun organ lain.

Pada sistem TNM, kanker mulut stadium 1 sama dengan T1, N0, M0.

Kanker Mulut Stadium 2

Pada kanker mulut stadium 2 ada dua keadaan yang berbeda:

  • Ukuran kanker 2 cm atau lebih kecil, dan ketebalannya lebih dari 5 mm tapi tidak lebih dari 10 mm, ATAU
  • Ukuran kanker lebih besar dari 2 cm tapi tidak lebih dari 4 cm, dan ketebalannya 10 mm atau kurang.

Stadium kanker mulut ini belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat maupun ke organ-organ lain.

Pada sistem TNM, kanker mulut stadium 2 sama dengan T2, N0, M0.

Kanker Mulut Stadium 3

Pada kanker mulut stadium 3 juga ada dua keadaan yang berbeda:

  • Ukuran kanker lebih besar dari 4 cm, atau lebih tebal dari 10 mm, tapi belum menyebar ke kelenjar getah bening maupun bagian lain tubuh mana pun, ATAU
  • Ukuran kanker bisa berapa saja tapi sudah ada satu kelenjar getah bening di sisi leher yang sama dengan kanker mulut yang memiliki sel-sel pada kanker, dan kelenjar getah bening itu ukurannya tidak lebih dari 3 cm.

Pada sistem TNM, kanker mulut stadium 3 sama dengan salah satu dari berikut: T3, N0, M0 ATAU T1,2 atau 3, N1, M0.

Kanker Mulut Stadium 4

Ini adalah stadium kanker mulut yang sudah lanjut. Kanker mulut stadium 4 dapat dibagi lagi menjadi 3 tahap: 4a, 4b, dan 4c.

Kanker Mulut Stadium 4a

Kanker mulut stadium 4a bisa berarti tiga keadaan yang berbeda:

  • Kanker sudah bertumbuh lebih jauh dari mulut ke dalam struktur sekitarnya, ATAU
  • Kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening di kedua sisi leher, yang ukurannya antara 3 – 6 cm, ATAU
  • Kanker sudah menyebar ke salah satu kelenjar getah bening di dekatnya yang tidak lebih 3 cm dan juga sudah menyebar ke jaringan yang di sekitar kelenjar getah bening.

Pada sistem TNM, kanker mulut stadium 4a sama dengan salah satu dari berikut: T4a, N0 atau 1, M0 ATAU T1,2,3 atau 4a, N2, M0.

Kanker Mulut Stadium 4b

Kanker mulut stadium 4b bisa berarti tiga kedaan yang berbeda:

  • Kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat misalnya ruang di belakang rahang, dasar tengkorak, atau bagian leher yang mengelilingi arteri (arteri karotis), ATAU
  • Sebuah kelenjar getah bening sudah memiliki kanker yang lebih besar dari 6 cm, ATAU
  • Kanker sudah menyebar ke jaringan di sekitar kelenjar getah bening

Pada sistem TNM, stadium kanker mulut ini sama dengan salah satu dari berikut: T apapun, N3, M0 ATAU T4b, N apapun, M0.

Kanker Mulut Stadium 4c

Kanker mulut stadium 4c berarti kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lain, misalnya ke tulang atau paru-paru.

Pada sistem TNM, stadium kanker mulut ini sama dengan T apapun, N apapun, M1.

Pengobatan Kanker Mulut Berdasarkan Stadiumnya

Metode pengobatan yang akan disarankan dokter sebagian besar tergantung pada stadium dari kanker tersebut, meski ada beberapa faktor lain yang dipertimbangkan. Berikut adalah pengobatan berdasarkan stadium kanker mulut.

Pengobatan Kanker Mulut Stadium 0

Walaupun pada kondisi pra-kanker ini sel-sel kanker masih hanya ada di lapisan permukaan dan belum tumbuh ke dalam lapisan lebih dalam, tetap saja sel-sel kanker bisa bertumbuh ke dalam jika tidak diobati.

Pengobatan biasanya adalah dengan operasi untuk menghilangkan lapisan teratas dari jaringan serta sebagian kecil (pinggiran) dari jaringan normal. Kondisi pra-kanker yang terus muncul kembali setelah operasi mungkin juga perlu diobati dengan terapi radiasi.

Pengobatan Kanker Mulut Stadium 1 dan 2

Kebanyakan pasien dari dua stadium kanker mulut ini diobati dengan operasi dan/atau terapi radiasi. Kemoterapi juga dapat diberikan bersamaan dengan radiasi (disebut kemoradiasi).

Baik operasi maupun radiasi sama-sama baik untuk mengobati kanker mulut stadium 1 dan 2. Pengobatan yang dipilih tergantung pada keputusan pasien setelah mempertimbangkan efek sampingnya, termasuk juga bagaimana pengobatan itu akan memengaruhi penampilan dan kemampuan pasien untuk berbicara dan menelan.

Pengobatan Kanker Mulut Stadium 3 dan 4a

Kanker yang ada di dasar mulut, bagian depan lidah, di dalam pipi, gusi, dan langit-langit keras mulut ini termasuk kanker yang lebih besar, yang sudah tumbuh di jaringan terdekat, dan/atau yang sudah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat di leher.

Biasanya pengobatan dilakukan dengan operasi terlebih dulu, termasuk operasi untuk mengangkat beberapa kelenjar getah bening di leher. Kemudian sering dilakukan pengobatan lanjutan menggunakan terapi radiasi atau kemoradiasi (radiasi + kemoterapi).

Pengobatan Kanker Mulut Stadium 4b dan 4c

Pada kanker mulut stadium 4b, kanker sudah tidak bisa dihilangkan melalui operasi atau pasien sudah terlalu lemah untuk menjalankan operasi. Maka dari itu pasien mungkin akan ditangani hanya dengan terapi radiasi.

Tergantung pada kondisi kesehatan dari pasien itu, pengobatan mungkin diawali dengan kemoradiasi atau kemoterapi lalu dilanjutkan dengan radiasi. Bisa juga pengobatan hanya dengan kemoterapi saja.

Pada kanker mulut stadium 4c, kanker biasanya diobati menggunakan kemo, cetuximab, atau keduanya. Pengobatan imunoterapi, sendiri atau bersama kemo, juga dapat digunakan. Pasien juga mungkin diberi terapi radiasi untuk membantu meringankan gejala atau untuk mencegah timbulnya masalah lain.

Demikianlah artikel ini yang menjelaskan tentang stadium kanker mulut dan pengobatan berdasarkan stadiumnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Temukan juga ulasan-ulasan informatif lain seputar kanker hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Cancer Research UK. Number stages and grades of mouth cancer. URL: https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/mouth-cancer/stages-types-grades/number-stages

Canadian Cancer Society. Stages of oral cancer. URL: https://www.cancer.ca/en/cancer-information/cancer-type/oral/staging/?region=on

American Cancer Society. Treatment Options for Oral Cavity and Oropharyngeal Cancer by Stage. URL: https://www.cancer.org/cancer/oral-cavity-and-oropharyngeal-cancer/treating/by-stage.html

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>