Apa Kaitan Minum Air Dengan Sindrom Suhu Tubuh Rendah?


By Fery Irawan

Minum air merupakan kebutuhan mutlak manusia, namun selain harus mengetahui kapan dan seberapa banyak air yang seharusnya dikonsumsi, suhu air yang diminum juga perlu Anda perhatikan. Terutama jika Anda adalah salah satu dari penggemar air es. Minum air yang super dingin ini memang menyegarkan, terlebih jika cuaca terik dan udara yang panas menyengat mulai menghampiri Anda. Minuman semacam itu tentu menjadi oasis yang menyegarkan bukan? Sayangnya kesegaran yang Anda nikmati ini sifatnya hanya sementara dan dapat memicu keberadaan sindrom suhu tubuh rendah.

Apa itu sindrom suhu tubuh rendah? Apa pengaruhnya bagi kesehatan Anda? Bagaimana ini terjadi? Sindrom suhu tubuh rendah adalah keadaan seseorang yang mengalami penurunan suhu tubuh hingga 35°Celcius. Suhu tubuh normal manusia berada diantara 37°Celcius. Namun, bila suhu tubuh Anda menurun – ini akan memengaruhi kecepatan metabolisme tubuh yang juga menurun hingga 50%. Parahnya bibit penyakit seperti kanker berkembang pesat pada suhu 35°Celcius. Penurunan suhu tubuh juga menyebabkan penurunan aktivitas enzim sehingga fungsi kekebalan tubuh ikut berkurang.

Bagaimana proses sampai hal ini dapat terjadi? Jika Anda minum air dingin (air dalam suhu normal), tubuh akan berupaya menghangatkannya hingga sesuai dengan suhu tubuh. Hal ini dimungkinkan karena adanya stimulasi saraf simpatetik yang memainkan peranan dalam memproduksi energi. Proses menaikan suhu air yang masuk kedalam tubuh sangatlah cepat dan biasanya suhu air akan 1 tingkat lebih tinggi dari pada suhu tubuh. Lalu, bagaimana jika seseorang minum air es yang memiliki suhu ekstrem? Efeknya malah berbalik, karena pengaruh suhu yang terlalu dingin, suhu tubuh menurun.

Penurunan suhu tubuh menimbulkan diare dan beragam jenis penyakit lainnya, bahkan dapat menyebabkan seseorang dalam kondisi yang berbahaya. Sedangkan, enzim yang dapat meningkatkan sistem kekebalan akan lebih cepat aktif saat suhu tubuh dalam posisi yang cukup tinggi. Salah satu contohnya saat Anda mengalami demam, itu adalah cara alami tubuh meningkatkan fungsi kekebalan tubuh guna mengatasi zat asing penyebab penyakit yang mencemari tubuh. Reaksi demikian memang sering disalah arti sebagai kondisi yang berbahaya, padahal ini respon yang normal apabila suhu tubuh masih terkontrol atau dalam batas ambang antara 38°Celcius dan perlu perhatian ekstra saat mencapai suhu 41°Celcius.

Lalu, berapa suhu air yang seharusnya Anda minum? Suhu air minum yang baik ialah 20°Celcius pada kondisi cuaca yang normal. Jika musim panas berlangsung tentu suhu air minum perlu disesuaikan kembali hingga mencapai suhu yang pas dengan tubuh. Ya, mengetahui hal-hal kecil seperti ini dapat menopang kesehatan Anda sekarang atau pun dimasa depan. Walaupun agak merepotkan, sekarang adapula alat pengukur suhu air yang banyak dijual secara online.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}