Apa Itu Obat Stres?

422
Shutterstock

Diedit:

Beberapa jenis obat medis bisa jadi membantu Anda dalam mengatasi stres, misalnya; diazepam (Valium), lorazepam (Ativan), clonazepam (Klonopin), atau alprazolam (Xanax). Obat-obat yang disebutkan ini dapat membantu dalam atasi kegelisahan. Penggunaan obat stres psikoterapi seperti; selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI), sangat berguna. Misalnya sertraline (Zoloft), paroxetine (Paxil), fluoxetine (Prozac), citalopram (Celexa), dan escitalopram (Lexapro). Anda tentu asing dengan nama dari obat-obatan demikian dan digunakan sesuai petunjuk dan pengamatan dokter.

Jadi, adakah alternatif obat stres yang tergolong alami dan aman? Sebenarnya ada begitu banyak tanaman obat yang dikenal sebagai herbal penuntas stres, mari kita perhatikan beberapa obat stres alami berikut ini! Penasaran bukan?

Pegagan (Centella Asiatica / Centella Herba) – bagi beberapa orang tanaman ini tergolong asing, tanaman ini tumbuh menjalar. Ada begitu banyak sebutan untuk daun pegagan, misalnya; ampagaga (batak), antanan (sunda), dan rendeng (jawa). Ada senyawa yang diduga berperan dalam proses penyembuhan penyakit, yaitu; glikosida triterpenoida. Daun Pegagan memiliki beragam khasiat obat, seperti; demam, wasir, sakit liver, campak, sulit buang air kecil, dan batu ginjal. Sebagai obat stres, daun pegagan dapat mengurangi gejala stres dan depresi. Apakah Anda sudah pernah mencobanya?

Kapulaga (Cardamom) – hanya sebagian orang saja yang tahu jenis rempah tersebut. Kapulaga seringkali digunakan oleh beberapa Ibu rumah tangga sebagai bumbu dapur sewaktu memasak kari. Namun, ternyata rempah ini memiliki khasiat yang sangat menarik sebagai obat stres atau depresi. Bagian mana yang diambil sebagai obat stres? Tidak lain ialah minyak dari kapulaga. Minyak ini dapat dicampur kedalam air saat berendam di ‘bathtub’ sebagai aromaterapi. Anda dapat menghancurkan kapulaga dan dijadikan teh dengan manfaat serupa sebagai penuntas stres atau depresi.

Baca juga:  Cara Menurunkan Hormon Kortisol secara Alami

Jinten Hitam (Nigella sativa / Habbatussauda) – kandungan sapion didalam rempah-rempah ini memiliki peranan yang serupa dengan obat kortikosteroid. Kandungan tersebut dapat membantu Anda dalam meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Anda dapat menghadapi beragam situasi yang memicu terjadinya stres. Khasiat ini bahkan sudah ‘mendunia’.

Pala (Nutmeg) – buah ini seringkali dijadikan manisan yang sangat lezat. Namun, ternyata buah ini memiliki khasiat obat stres yang dapat menenangkan pikiran dan membuat Anda mudah untuk tidur. Kandungan magnesium dalam buah pala menjadi salah satu alasan terbentuknya serotonin dalam tubuh, sehingga tercipta sensari relaks yang menenangkan.

Mengkudu (Morinda Citrifolia / Noni) – banyak orang menganggapnya sebagai buah yang tak berguna, karena secara fisik buah ini tidak menarik untuk dikonsumsi. Namun, dibalik penampakannya yang buruk rupa terdapat khasiat obat stres yang bisa diandalkan. Hasil olahan buah Noni dapat menciptakan Noni Juice yang nikmat dan berkhasiat. Hal ini dikarenakan oleh scopoletin yang mampu mengikat serotonin guna menghasilkan hormon melatonin – sehingga stres berkurang. Menurut Dr. Harrison, scopoletin dapat meningkatkan fungsi kelenjar pineal guna menghasilkan serotonin.

Advertisement
Alinesia