Amandel, Sembelit, atau Sakit Perut? Atasi dengan Manfaat Daun Miana!

559
desainlanskap.blogspot.com

Diedit:

Kebanyakan dari Anda mungkin mengenal tanaman cantik ini sebagai tanaman hias. Dengan daunnya yang berbentuk kecil menyerupai bayam, dalam warna yang indah menyemburatkan perpaduan apik antara warna hijau dengan merah cerah. Namun siapa yang menyangka daun cantiknya juga menyimpan sederet manfaat bagi kesehatan.

Ternyata sudah sejak lama orang mengambil manfaat daun miana ini untuk penyembuhan secara tradisional. Hanya saja sayangnya, sampai sejauh ini riset berkaitan dengan manfaat daun miana untuk kesehatan belum terlalu dioptimalkan.

Salah satu riset yang pernah dilakukan mengenai kandungan dari daun miana dilakukan oleh LPPM IPB pada tahun 2005. Riset ini menemukan adanya sejumlah senyawa penting dalam daun miana yang diyakini secara empiris memberi khasiat terhadap kesehatan serta membantu mengatasi sejumlah keluhan kesehatan.

Riset tersebut menemukan setidaknya beberapa senyawa penting dalam daun miana seperti flavonoid, tannin, antosianin, saponin, tokoferol, fenolik, steroid, dan anthelmintik. Jenis terakhir ini merupakan salah satu jenis fitokimia langka yang jarang ditemukan dalam jenis herbal lain. Keunikan warna dan tekstur daun menjadikan daun miana kaya akan anthelmintik.

Anthelmintik memiliki beberapa karakter sebagai penunjang pemanfaatkan vitamin K, membantu mengatasi infeksi cacing dan khasiat anti jamur serta anti bakteri. Anthelmintik berpadu dengan herbal lain diyakini secara tradisional memiliki sejumlah khasiat seperti berikut ini.

  • Mencegah dan mengatasi wasir

    Ada sifat anti peradangan dan mengatasi perdarahan sehingga efektif mengatasi perdarahan anus akibat wasir, juga mengurangi inflamasi dan pembengkakan pada area dinding anus akibat wasir.

    Meminum air daun miana dan membasuh area wasir dengan air rebusan miana dapat membantu mengecilkan ukuran wasir dan mengurangi peradangan. Pasien akan lebih mudah BAB tanpa tersiksa rasa nyeri hebat setelah rutin melakukan terapi air rebusan daun miana.

  • Membantu melancarkan menstruasi

    Minum air rebusan daun miana beberapa hari menjelang waktu datang bulan, maka darah yang keluar pada masa haid akan lebih lancar, deras sekaligus lekas selesai. Beberapa senyawa dalam daun miana bekerja mendorong peluruhan dinding endometrium pada rahim. Air rebusan daun miana ini juga baik untuk Anda yang sering telat datang bulan atau sering tidak lancar datang bulan.

  • Membantu pengobatan diabetes

    Setiap jenis herbal yang kaya akan antosianin dapat berfungsi sebagai anti diabetes. Antosianin bekerja ganda, membantu memaksimalkan kepekaan sel tubuh dalam menangkap sinyal hormon insulin. Hormon insulin bekerja mendorong sel tubuh menyerap kelebihan glukosa dalam darah.

    Manfaat senyawa ini juga untuk membantu memperbaiki kondisi pankreas. Mendorong sistem produksi kelenjar dalam pankreas bekerja optimal dalam membaca kondisi tubuh sehingga efektif dalam mengatasi kelebihan glukosa.

    Terapi daun miana pada penderita diabetes akan membantu mengatasi kelebihan glukosa darah sekaligus bekerja dalam jangka panjang merawat dan memperbaiki kerusakan fungsi pankreas.

  • Sebagai antipiretik, analgesik, dan anti-inflamasi

    Daun miana memiliki kemampuan antipiretik dan analgesik alami. Anthelmintik dalam daun miana juga bisa bekerja sebagai penurun demam dan mampu meredakan nyeri tubuh ringan. Pada pengobatan tradisional, rebusan daun miana lazim dimanfaatkan sebagai penurun demam.

    Kemampuan anti inflamasi dan anti biotik alaminya juga akan efektif mengatasi panas dalam dan gejala flu. Ada kandungan pencari dahak dalam daun miana sehingga dapat bekerja meredakan tenggorokan akibat batuk skala ringan hingga medium.

  • Sebagai penanganan luka terbuka

    Pada beberapa daerah, daun miana biasa pula dijadikan terapi untuk luka terbuka. Biasanya untuk perawatan luka terbuka, daun miana dilumatkan menjadi pasta dan dioleskan pada luka kemudian ditutup. Pasta daun miana ini secara tradisional dimanfaatkan untuk obat bisul, luka terbuka, hingga borok.

    Daun miana efektif mengatasi perdarahan, mempercepat pengeringan luka, mengatasi infeksi dan inkubasi bakteri, serta flavonoid dan tokoferolnya bekerja efektif membantu pembentukan jaringan baru pada luka yang mengering.

  • Sebagai penanganan infeksi mata

    Di beberapa daerah, daun miana juga biasa digunakan untuk mengatasi infeksi mata. Anda bisa mendapatkan manfaat daun miana untuk penyembuhan infeksi mata dengan meminum air rebusannya. Namun beberapa teknik pengobatan tradisional juga menggunakan air perasan daun miana sebagai obat tetes. Kandungan anti bakterinya cukup kuat sehingga biasanya ada sedikit rasa perih saat diteteskan, namun efektif mengatasi infeksi mata.

  • Mengatasi sembelit dan sakit perut

    Manfaat daun miana yang lain adalah untuk membantu mengatasi sembelit. Kandungan saponin dan tanin dalam daun miana, ditambah dengan khasiat flavonoid bekerja efektif memperbaiki fungsi perncernaan dan melancarkan pencernaan. Beberapa elemen di dalamnya juga bekerja membantu menormalkan kontraksi tidak normal dalam sistem pencernaan yang menyebabkan perut mulas.

  • Membantu pencegahan kanker

    Kekayaan warna dalam daun miana diyakni menyebabkan daun miana kaya akan khasiat anti oksidan, sebut saja flavonoid, antosianin, fenolik, dan lain sebagainya. Beberapa jenis senyawa fitokimia antioksidan ini bekerja efektif menjaga kemurnian DNA, mencegah kerusakan regenerasi sel, dan mencegah oksidasi sel. Ketiga kondisi di atas secara umum merupakan aspek-aspek pembentukan sel pra-kanker dan sel kanker.

  • Mengatasi amandel

    Kemampuan anti-inflamasi dan antibiotik alami dalam daun miana terbukti mengatasi sejumlah keluhan peradangan dan infeksi. Termasuk ketika Anda mengalami amandel, minum air rebusan daun miana akan mengurangi bengkak, mengatasi infeksi yang muncul, serta mengurangi rasa nyeri.

Daun miana yang selama ini banyak menghiasi pekarangan rumah karena warnanya yang rupawan, ternyata menyimpan beragam manfaat yang baik bagi kesehatan. Jika Anda belum menanam miana di pekarangan rumah, mungkin sekarang saatnya menambah koleksi tanaman cantik ini.

Bayangkan saat Anda tiba-tiba mengalami sembelit, mata merah, atau mengalamai haid yang tidak lancar, Anda bisa dengan mudah menggunakan manfaat daun miana. Terlebih lagi, cara pengolahannya pun gampang, biasanya hanya cukup direbus saja dan air rebusannya sudah dapat membantu mengatasi berbagai keluhan.

Advertisement
Alinesia