Alternatif Pilihan Obat Luka Diabetes


By Cindy Wijaya

Sekecil dan seringan apapun luka yang Anda alami, bisa menjadi resiko yang serius bila Anda abaikan. Demikian pendapat dari seorang pakar diabetes dunia Daniel Cohen DPM, dari Medical Associates of Brevard in Brevard County. Yang menjadi masalah tak sesederhana itu pula menemukan obat luka diabetes yang manjur dan cepat mengatasi luka.

Karena pada penderita diabetes, luka yang ringan sekalipun bisa memakan waktu lebih lama untuk sembuh, hingga kemudian berkembang menjadi luka yang lebih serius. Tak jarang luka berkembang menjadi borok dan infeksi yang bila masih saja diabaikan dan tidak segera diobati dapat berkembang menjadi gangren, infeksi serius pada jaringan otot dan daging yang dapat mematikan sel-sel otot dengan cepat.

Kenapa Seseorang Mengalami Luka Diabetes?

Menurut WebMD, ketika sel-sel dalam tubuh mengalami kekurangan suplai glukosa akibat ketidak mampuan membaca sinyal insulin untuk menyerap stok glukosa dalam darah, maka sel-sel tubuh ini mengalami kesulitan signifikan untuk memperbaiki kerusakan sel yang terjadi karena luka.

Di sisi lain glukosa yang mengendap pada darah menyebabkan darah kehilangan komposisi seimbangnya. Seharusnya dalam darah terdapat sejumlah trombosit, sel darah putih dan glukogen yang berfungsi untuk menghentikan pembekuan darah, mengatasi infeksi dan memperbaiki kerusakan sel. Inilah yang menyebabkan penderita diabetes kerap kesulitan menyembuhkan luka yang mereka alami sekalipun dalam ukuran kecil.

Luka lebih lama kering hingga lebih rentan pula terhadap serangan infeksi karena terus saja basah. Sementara kemampuan tubuh melawan serangan infeksi melemah dan kemampun regenerasi sel yang juga menurun. Kondisi ini membuat luka semakin memburuk, basah dan akhirnya dapat memicu kerusakan sel yang lebih serius bahkan mungkin bersifat menyebar dan menular, ketika luka diabetes sudah berkembang menjadi gangren.

Itu sebabnya selalu disarankan untuk penderita diabetes menghindari luka. Sayangnya dengan kondisi kulit yang mengering sebagai salah satu bentuk efek kerusakan sel kulit yang juga disebabkan oleh kondisi diabetes, keluhan luka kadang terjadi begitu saja. Ditambah melemahnya kemampuan melihat pada kebanyakan pasien diabetes, sehingga kerap kali penderita mengalami kecelakaan kecil tanpa bisa dihindari, akibatnya keluhan luka begitu saja terjadi tanpa bisa Anda cegah.

Dan bila luka sudah terlanjur terjadi, maka wajib bagi pasien untuk segera melakukan perawatan darurat seperti dengan sterilisasi dan pengobatan khusus untuk luka demi membantu tubuh mempercepat pengeringan luka.

Perawatan tidak hanya harus dijalankan sebagai langah darurat, tetapi juga perawatan setelah masa darurat. Penting untuk mengupayakan sesegera mungkin untuk luka dapat kering dengan cepat. Namun bila luka tak kunjung mengering sebaiknya ikat bagian atas dari luka demi mencegah infeksi menyebar dan mendorong terjadinya gangren, sementara itu segeralah jadwalkan diri Anda mengunjungi dokter.

Herbal untuk Obat Luka Diabetes

Namun sebenarnya selain dengan perawatan yang seksama dengan tetap menjaga kulit yang terluka untuk tetap bersih, steril dan kering, Anda juga bisa membantu kondisi luka Anda dengan beberapa obat luka diabetes alternatif. Setidaknya solusi ini bisa menjadi cara cepat penanganan luka diabetes sebelum luka berkembang menjadi lebih serius.

Adapun obat luka diabetes tersebut antara lain :

  • Madu

    Madu asli dianggap menjadi salah satu obat luka diabetes yang manjur. Ada keunikan madu sebagai antiseptik, anti bakteri dan mengandung sejumlah besar colagen dan glukogen yang sangat membantu proses regenerasi sel pada luka. Sifat astringent di dalamnya membantu meredakan rasa panas dan perih yang muncul dari luka.Untuk perawatan obat luka diabetes, cukup oleskan madu murni pada luka dan balut dengan perban. Ulangi setiap hari untuk hasil optimal.

  • Bawang merah

    Dalam bawang merah terkandung sejenis senyawa unik allicin yang baik menyerap toksin dan bakteri pada luka. Bawang merah juga mengandung senyawa anti oksidan yang juga berperan membantu proses regenerasi sel pada kulit yang terluka. Untuk memanfaatkannya sebagai obat luka diabetes, Anda bisa haluskan bawang merah, lalu oleskan pada luka dan balut. Lakukan setidaknya sebanyak 3 kali sehari.

  • Bawang putih dan daun pisang

    Ada keunikan dari daun pisang yang anti lengket dan mengandung astringet dengan cukup menyentuhnya membuat daun pisang sendiri telah banyak dimanfaatkan dalam membantu mengatasi keluhan luka pada kulit. Ditambahkan dengan kandungan beragam senyawa dan anti bakteri dalam bawang putih yang dengan efektif akan mengatasi masalah luka diabetes satu ini. Cata aplikasinya sederhana, cukup dengan menghaluskan bawang putih lalu balut dengan daun pisang dan angkat setelah 15 menit dan ulangi 1 kali lagi.

  • Cuka

    Kadar asam yang tinggi, kandungan senyawa-senyawa unik macam fenol, asam kaprat dan beberapa sifat anti bakteri akan membantu Anda mengatasi luka diabetes. Hanya saja Anda harus mampu menahan rasa perih yang menyengat ketika luka tersentuh dengan cuka.

  • Mullberry

    Jenis berrry satu ini memiliki beberapa kandungan asam yang memiliki khasiat sebagai anti bakteri, anti virus dan membantu proses regenerasi sel secara oral. Caranya sama dengan obat luka diabetes lain, cukup dengan Anda haluskan dan Anda oleskan pada luka. Tutup dengan perban untuk hsil optimal.

  • Noni

    Dalam buah noni terdapat asam kaprat, flavonoid, terpenoid dan sejumlah senyawa penting yang ternyata juga baik sebagai obat luka diabetes. Oleskan air perasan dari buah noni pada luka, lalu tutup dengan perban atau daun pisang untuk hasil optimal. Buah dengan aroma tajam yang banyak kurang disukai ini terbukti mampu menjadi obat luka diabetes yang manjur. Bahkan Noni Juice (sari buah noni) juga baik untuk membantu menyembuhkan keluhan diabetes dengan menjalankan terapi mengkonsumsi Noni Juice secara rutin. Fakta mengenali khasiat noni sebagai obat diabetes dan obat luka diabetes bisa Anda lihat pada hasil riset Dr. Neil Solomon dari John Hopkins University terhadap 5575 sampel pasien diabetes dengan melibatkan 1227 pakar kesehatan. Riset ini menunjukan kemampuan noni untuk membantu mengatasi diabetes hingga 82%.

Itulah tadi beberapa jenis alternatif obat luka diabetes yang efektif untuk mengatasi setiap luka yang terbentuk. Atasi segera diabetes dalam tubuh Anda sebelum luka Anda berkembang menjadi infeksi serius yang rupanya juga dapat membunuh Anda.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}