Alergi: Info Seputar Gangguan Imun

432
Alergi

Diedit:

Alergi – Ini merupakan gangguan kekebalan tubuh yang menimpa beberapa orang sehingga mereka lebih sensitif terhadap zat tertentu. Tidak semua orang mengalami gangguan ini, hanya sebagian orang yang memiliki kondisi tersebut. Bagi penderitanya terkena zat tertentu akan sangat menyiksa dan memengaruhi seluruh fungsi tubuh. Hal ini bahkan dapat memengaruhi aktivitas harian dan hubungan sosial dengan orang yang ada disekitarnya.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan beragam informasi menarik mengenai penyakit alergi. Misalnya, apa itu alergi? Adakah obat alergi alami yang tersedia? Apa saja gejala yang ditimbulkan oleh alergi? Apa saja penyebab terjadinya alergi? Pengobatan apa saja yang perlu Anda jalani untuk menangani penyakit alergi? Untuk mendapatkan manfaat yang tepat, mari kita cermati informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Alergi

Mengalami alergi tampaknya suatu hal yang ringan dan sering disepelekan oleh kebanyakan orang. Namun menurut verywell, faktanya dalam beberapa kasus hal ini dapat mengancam nyawa. Terutama jika tidak ditangani dengan baik atau tidak mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan. Lalu, apa sebenarnya gangguan tersbut? Ini merupakan reaksi ketidaknormalan sistem kekebalan tubuh terhadap zat yang tampaknya tidak berbahaya.

Jika Anda tidak mengalaminya maka Anda tak akan bereaksi terhadap zat yang memicu hal tersebut. Namun, bagi penderitanya gejala ini akan segera timbul sebagai respon dari zat pemicu tesebut. Secara otomatis tubuh melepaskan senyawa kimia tertentu yang menimbulkan gejalanya.

Dalam tubuh penderitanya ada yang disebut dengan ‘sensitisasi’, ini merupakan proses manakala sistem kekebalan tubuh terkena zat pemicu dalam waktu yang cukup lama. Sehingga tubuh Anda mulai menghasilkan antibodi terhadap zat tertentu.

Anda tidak akan mengalami gejala ini saat pertama kali terpapar alergen (istilah medis untuk zat-zat yang memicu hal tersebut). Namun kali berikutnya akan membuat Anda terserang gangguan tersebut.

Paparan alergen pada pertama kali menyebabkan tubuh Anda membuat antibodi atau sel IgE untuk melawan alergen yang berbeda. Paparan alergen untuk kedua kalinya akan menyebabkan alergen mengikat sel IgE dan serangkaian kejadian yang pada akhirnya menghasilkan perkembangan gejalanya.

Obat Alergi Alami

Ada begitu banyak jenis obat alergi alami yang aman di konsumsi, beberapa tanaman herbal seperti; daun sembung dan jintan hitam dipercaya mampu mengatasinya. Namun pernahkah Anda mendengar tentang Noni Juice?

Ini merupakan herbal yang terbuat dari buah Noni yang dikenal secara tradisional sebagai obat alami. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Neil Solomon dari Johns Hopkins University terkait dengan Noni Juice memperlihatkan hasil yang mengagumkan.

Baca juga:  Pengobatan Alergi Yang Tersedia Saat Ini

Buah yang bentuknya eksotis ini ternyata dapat memberikan dampak positif bagi tubuh yang mengalaminya. Hal ini terbukti dari pengamatan 3.198 penderita yang mencoba Noni Juice.

Ternyata 86% penderitanya merasakan manfaat dari konsumsi Noni Juice tersebut. Menariknya penelitian yang dilakukan oleh Dr. Neil Solomon tersebut melibatkan 1.227 ahli kesehatan di 80 negara.

Lalu, apa yang membuat buah ini begitu ajaib dalam membantu penderitanya? Ternyata rahasianya terletak pada kandungan ‘alkaloid aktif’ yang memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi atau anti-peradangan.

Apa kaitannya dengan gangguan ini? Obat dengan kandungan ini berkaitan dengan kinerja sistem imun. Sistem imun yang tidak normal merupakan alasan utama terjadinya gangguan itu.

Itulah kehebatan Noni Juice dalam membantu penderitanya, maka timbul pertanyaan Noni Juice mana yang menjadi rekomendasi terbaik bagi Anda. Memang mengolah buah Noni bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Namun prosesnya bisa jadi menyulitkan Anda, mengapa? Karena untuk menghasilkan Noni Juice tersebut ada beberapa tahapan, mulai dari pemilihan buah berkualitas hingga mencapai produk olahan berkualitas dengan rasa dan aroma yang menyenangkan.

Jika ada cara sehat dan menyenangkan untuk mengonsumsi Noni Juice, mengapa harus repot mengolahnya sendiri?

Gejala Alergi

Ketahuilah bahwa gejala alergi yang Anda alami bergantung pada pemicunya dan caranya ini berkembang. Sebagai contoh, alergen yang terbawa oleh udara dan masuk kedalam tubuh melalui pernapasan akan menyebabkan gangguan pernapasan, sehingga gejala akan terasa langsung melalui hidung Anda.

Disisi lain, alergen yang masuk melalui konsumsi dapat menyebabkan gejala yang terkait dengan gastrointestinal atau sistemik. Beberapa alergen dapat menyebabkan gejala ringan hingga berat, misalnya kondisi hidung yang berair hingga pembengkakan pada leher dan mengi.

Reaksi alergi yang parah berbeda dengan gejala alergi. Reaksi alergi adalah keadaan darurat medis – Ini bisa menjadi reaksi yang paling mengancam jiwa dan paling sering terjadi karena makanan, sengatan serangga, obat-obatan dan lateks.

Gejalanya bisa berupa munculnya kemerahan pada kulit, pusing, sesak napas, leher bengkak atau tenggorokan sesak, cemas, kram, nyeri, ruam, muntah, atau diare. Hal ini sering disebut anafilaksis dan memerlukan perawatan medis segera mungkin.

Lalu bagaimana dengan asma? Apa hubungan antara gangguan ini dan asma? Batuk, mengi, sesak napas dan sesak dada merupakan gejala asma. Alergi bisa dicurigai sebagai penyebab asma dalam beberapa kasus membuat kondisi asma semakin memburuk.

Jika Anda mengalami gejala asma cobalah untuk mendiskusikan dengan dokter terutama jika gangguannya memperburuk kondisi tersebut.

Baca juga:  Penyebab Alergi Yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Alergi

Seperti yang diuraikan sebelumnya, penyebab alergi bisa jadi beragam bergantung pada ‘sensitisasi’ orang tersebut. Pada pertama kali tubuh tidak akan menganggapnya sebagai pemicunya. Namun sistem kekebalan tubuh yang tidak normal ini mulai mewaspadai keberadaannya.

Saat itu, tubuh mulai mengenalinya dan mulai menyorotnya sebagai zat asing yang tidak diterima tubuh. Maka tak heran, jika disaat kedua kali Anda mengalami hal ini.

Ada banyak pemicunya, misalnya; serbuk sari (bunga), latek (karet), jamur, bulu binatang, tungau debu, makanan hingga obat-obatan tertentu. Hal-hal yang disebutkan itu memiliki potensi memicunya.

Tidak semua orang merasakan hal yang sama, seseorang yang terserang alergi serbuk sari bisa jadi kebal terhadap jamur. Pada kondisi lainnya, ada yang mungkin mengalami lebih dari satu pemicunya. Maka untuk memastikannya, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan sesuai anjuran dokter.

Pengobatan Alergi

Setelah menjalani pemeriksaan dan penyebabnya terlah diketahui, maka pengobatan alergi dapat dilakukan. Jangan mudah percaya akan berita seperti mengonsumsi vitamin tertentu seperti; vitamin A, vitamin C, vitamin E, maupun selenium dapat mencegahnya dimasa mendatang.

Faktanya, beberapa penelitian tersebut tidak menunjukkan adanya penurunan gejala secara konsisten dari waktu ke waktu setelah penggunaannya. Manfaat dari suplemen demikian hanya ada dalam omega-3 yang ditemukan pada ikan.

Untuk gejala yang sangat ringan, antihistamin mungkin merupakan pengobatan yang dibutuhkan. Namun, hati-hati karena beberapa jenis antihistamin dapat menyebabkan ‘sedasi’ (perasaan cemas, gelisah dan tidak nyaman) dalam kadar yang mencolok.

Banyak pasien yang baru didiagnosis terkadang merasa bahwa mereka tidak akan pernah bisa pergi ke luar rumah. Namun, jika Anda memiliki perawatan yang baik, Anda tidak seharusnya menghindari keadaan di luar rumah. Jika obat bebas tidak membantu Anda, bicarakan dengan dokter sehubungan dengan obat resep untuk mengatasi gejalanya.

Jika Anda mulai minum obat resep, pastikan Anda meminumnya sesuai resep dokter. Seringkali pengobatan kurang efektif karena penderita salah minum obat atau menderita efek samping karena terlalu banyak minum obat tersebut.

Demikianlah beberapa informasi yang bisa Anda dapatkan mulai dari penjelasan tentang apa itu alergi? Apa saja obat alergi alami yang tersedia? Apa saja gejala yang ditimbulkan oleh alergi? Apa saja penyebab terjadinya alergi?

Hingga pilihan pengobatan apa saja yang perlu Anda jalani untuk menangani penyakit alergi? Nantikan informasi penting lainnya seputar gangguan kesehatan, tips hidup sehat, maupun pengobatan alternatif alami – hanya di deherba.com

Advertisement
Alinesia