Noni Juice sebagai Herbal Alergi


By Cindy Wijaya

Tahukah Anda, kebanyakan alergi tidak bisa hilang sepenuhnya sekalipun itu dengan bantuan obat untuk anti alergi. Itu sebabnya alergi cenderung kambuh-kambuhan. Adakah cara untuk mengatasi atau setidaknya mengurangi kekambuhan tersebut? Artikel ini akan mengupas tentang salah satu herbal yang efektif sebagai anti alergi untuk mengatasinya hingga ke akarnya, yaitu Noni juice.

Alergi biasa memang bisa menjadi masalah yang sering dialami manusia. Menurut fakta tidak sedikit dari 60% manusia yang memiliki kecenderungan alergi. Mari kita perhatikan bagaimana cara mengenali alergi dan cara menemukan herbal untuk alergi yang dapat membantu penderita alergi untuk mengurangi gejala yang dirasakan.

Pada dasarnya, Noni Juice sebagai herbal alergi bekerja dengan cara menstabilkan kembali sifat imunitas bawaan yang mengalami ketidaknormalan. Kinerja ini serupa dengan sebagian obat alergi yang mengatasi ketidaknormalan pada sistem kekebalan tubuh, dengan demikian obat untuk alergi bekerja dengan cara memperbaiki prilaku tidak normal dari sistem imun.

Imunitas merupakan faktor penting yang berkaitan erat dengan alergi. Karena pada dasarnya alergi merupakan sebuah efek dari kinerja imun yang tidak normal. Alergi terjadi sebagai reaksi kekebalan tubuh yang tidak seharusnya muncul, karena interaksi dengan faktor alergen. Pada sistem kekebalan tubuh penderita alergi, faktor alergen merupakan bahaya yang harus disingkirkan.

Reaksi alergi sendiri dapat muncul dengan beragam faktor alergen yang sangat beraneka macam. Itu sebabnya terkadang sulit dalam menentukan obat anti alergi yang sesuai karena acapkali penyebabnya samar. Namun dengan bantuan herbal untuk alergi, maka pendekatan dari sisi imunitas bisa terbantu. Sehingga masalah alergi bisa ditekan dengan cara yang berbeda.

Kenali Dulu Ragam Pemicu Alergi yang Ada

Sebelum membahas informasi herbal untuk alergi, Anda perlu mengetahui apa saja ragam pemicu alergi yang perlu diwaspadai. Hal ini akan menentukan apakah kondisi yang Anda alami sebenarnya bisa dibantu dengan Noni Juice sebagai herbal alergi.

Ada banyak reaksi yang bisa muncul dari serangan alergi. Bahkan tingkat keparahannya sendiri bisa sangat bervariasi. Dari skala ringan sampai yang bisa menyebabkan kematian. Secara umum gejala alergi bisa muncul dalam beberapa kondisi dan biasanya terkait dengan faktor pemicu atau faktor alergennya. Berikut beberapa potensi pemicu alergi yang ada:

Alergi karena Serangga

Alergi terhadap sengatan serangga bisa menimbulkan pembengkakan pada area luka yang terlihat buruk dan tak mudah hilang. Namun bagi mereka yang memiliki reaksi alergi lebih berat, gejalanya bisa berupa sesak nafas, dada sakit, lebam-lebam sampai mual. Itulah salah satu alasan mengapa Anda membutuhkan herbal anti alergi.

Alergi karena Udara

Biasanya mereka yang memiliki alergi ini terjadi karena kontaminasi serbuk bunga, debu, tungau atau aroma khusus melalui udara. Alergi terhadap udara dingin juga banyak Anda temukan di masyarakat. Mereka bisa mengalami gejala gatal-gatal dengan ruam merah pada kulit, bersin dan batuk, mata berair sampai sesak nafas. Mungkin saja, herbal anti alergi dapat membantu ringankan gejalanya.

Alergi karena Makanan

Mereka yang mengalami alergi terhadap makanan tertentu seringkali mengalami gejala menyerupai keracunan makanan, misalnya; muntah dan mual, diare sampai kolik. Beberapa kasus alergi makanan lainnya juga bisa menunjukan gejala gatal dan ruam yang disertai dengan bengkak berukuran besar seperti biduran.

Alergi karena Obat

Beberapa jenis obat, misalnya; penisilin serta bahan kimia tertentu (seperti pada sabun, krim kulit, parfum — termasuk pula pada logam tertentu) bisa menimbulkan gejala alergi. Biasanya tanda alergi muncul ditandai dengan ruam-ruam gatal pada kulit. Kadang bisa pula muncul gejala dermatitis yang bila tidak ditangani bisa menimbulkan reaksi infeksi.

Namun, bagaimana Anda dapat mengurangi reaksi alergi tersebut? Memang, cara terbaik ialah segera melakukan pemeriksaan medis dengan melakukan konsultasi medis kepada dokter. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui jenis pengobatan yang tepat. Lalu bagaimana dengan penggunaan herbal untuk alergi? Dapatkah herbal anti alergi membantu kurangi dampaknya?

Bagaimana cara kerja Noni Juice sebagai herbal alergi? Mungkinkah penggunaan Noni Juice membantu penderitanya untuk pulih kembali? Mari kita gali lebih dalam informasi mengenai manfaat Noni Juice berikut.

Mengintip Obat untuk Alergi yang Sering Diberikan Dokter

Selama ini kebanyakan obat untuk alergi hanya mengurangi gejala yang muncul. Ketika seseorang yang alergi terhadap debu dan mulai memunculkan gejala gatal dan ruam merah pada kulit. Pasien seringkali diberikan obat untuk alergi, seperti; Chlorpheniramin Maleat dan deksametason. Atau ketika seseorang terus mengalami bersin dan batuk karena serangan sari bunga, Dokter Anda bisa jadi memberikan resep obat antihistamine dan dekongestan.

Penggunaan obat untuk alergi akan membantu Anda mengurangi reaksi alergi, namun tidak menyembuhkan Anda. Di waktu tertentu, Anda mungkin akan kembali terserang alergi manakala paparan alergen kembali menyerang. Bagaimana dengan penggunaan Noni Juice sebagai obat alergi? Mari kita perhatikan penemuan yang mendukung pemakaian Noni Juice sebagai herbal alergi. Sehingga Anda tidak khawatir saat mengonsumsinya.

Noni Juice Sudah Teruji sebagai Herbal Anti Alergi

Tampaknya cara terbaik yang dapat membantu penderita alergi ialah dengan menambahkan asupan Noni Juice sebagai obat alergi. Seperti yang sudah Anda ketahui, kinerja Noni Juice sebagai obat alergi bisa membantu Anda mengatasi kecenderungan imun tubuh yang bereaksi secara tidak normal terhadap faktor alergen.

Dan, Noni Juice sudah terbukti secara klinis dalam membantu keluhan segala macam alergi. Fakta ini diperlihatkan pada penelitian Dr Neil Solomon dari Amerika yang menunjukan angka persentase sebesar 80% untuk setidaknya 3000 kasus yang ditangani.

Dalam penelitian telah mengungkap bagaimana kandungan-kandungan aktif dalam Noni Juice bekerja layaknya herbal anti alergi. Kandungan-kandungan aktif tersebut bermanfaat untuk menekan reaksi alergi. Karena kandungan-kandungan itu, Noni sanggup mengatasi gejala-gejala alergi dengan cara yang langsung ke akarnya, yaitu mencegah sel-sel kekebalan (imunitas) bereaksi berlebihan atau secara tidak normal.

Bagaimana Kemampuan Kandungan Noni Juice untuk Mengatasi Alergi?

Salah satu kandungan yang terdapat dalam Noni ialah katekin. Katekin seperti epigallocatechin, epigallocatechin gallate (EGCG), dan epicatechin gallate merupakan antioksidan yang kuat. Para peneliti mendapati bahwa EGCG memblokir reseptor IgE yang terlibat dalam reaksi alergi.

Noni juga didapati sanggup meningkatkan fungsi sel T. Herbal ini meningkatkan level dari IL-4, yang akan mengoptimalkan kemampuan sel T untuk mengatur sel-sel pro-inflamasi. Kemudian hal ini akan membantu mengurangi peradangan (inflamasi) yang timbul akibat reaksi alergi.

Vitamin C (asam askorbat) juga banyak terkandung dalam Noni. Melalui banyak penelitian, vitamin C diperlihatkan mampu meningkatkan fungsi dari berbagai sel kekebalan, termasuk sel T, fagosit (sel yang menghancurkan partikel asing), dan lain sebagainya.

Sebagai antioksidan, asam askorbat dapat melindungi sel dari spesies oksigen reaktif yang diketahui menyebabkan kerusakan jaringan dan penyakit. Vitamin C juga mempunyai sifat anti-histamin yang berguna untuk meringankan gejala-gejala alergi.

Kemudian terdapat juga kandungan vitamin E yang bertindak sebagai pengusir radikal bebas. Ini bermanfaat untuk melindungi membran sel dan mencegah kerusakan enzim yang terkait. Penelitian menunjukkan bahwa kadar antioksidan yang rendah (seperti vitamin E) meningkatkan risiko alergi tiga kali lipat.

Noni juga mengandung mineral magnesium yang dibutuhkan oleh setiap sel tubuh dan untuk metabolisme energi serta sintesis protein. Tubuh yang kekurangan magnesium dalam darah akan lebih rentan mengalami alergi dan asma. Faktanya magnesium telah digunakan dalam pengobatan serangan asma akut.

Tidak Perlu Ragu Mencoba Noni Juice sebagai Herbal untuk Alergi

Apakah Anda tertarik ingin mencoba Noni juice sebagai herbal untuk anti alergi? Tidak perlu ragu lagi, sebab herbal ini telah terbukti efektif untuk menekan reaksi alergi langsung ke akarnya, yaitu dengan mencegah imunitas untuk bereaksi secara tidak normal terhadap alergen.

Bahkan di samping membantu mengatasi gejala-gejala alergi, kita juga akan memperoleh banyak manfaat lainnya untuk kesehatan kita. Faktanya Noni juice mampu membantu mengatasi lebih dari 30 masalah kesehatan, mulai dari yang ringan hingga berat.

Terakhir, tambahkan juga fakta ini ke dalam pertimbangan Anda: Noni juice merupakan herbal yang telah teruji oleh waktu kegunaannya untuk menangani macam-macam jenis penyakit. Juga sudah didukung oleh berbagai riset ilmiah yang lengkap, yang melibatkan banyak ahli dari berbagai bidang kesehatan.

Sumber

Sumber Referensi:

Murata K, Abe Y, Shinohara K, Futamura-Masuda M, Uwaya A, Isami F, Matsuda H. (2014). Anti-allergic activity of the Morinda citrifolia extract and its constituents. Pharmacognosy Res. 6(3): 260-5. doi: 10.4103/0974-8490.132608

Fu M, Fu S, Ni S, Zou L, Liu Y, Hong T.(2017). Anti-inflammatory effect of epigallocatechin gallate in a mouse model of ovalbumin-induced allergic rhinitis. Int Immunopharmacol. 49: 102-108. doi: 10.1016/j.intimp.2017.05.030

Medical News Today. Top 5 natural antihistamines for allergies. Published: 2018-10-08. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/323276#vitamin-c

Caraffa AL, Varvara G, Spinas E, dkk. (2016). Is vitamin E an anti-allergic compound?. J Biol Regul Homeost Agents. 30(1): 11-15

Britton J, Pavord I, Richards K, dkk. (1994). Dietary magnesium, lung function, wheezing, and airway hyperreactivity in a random adult population sample. Lancet. 344(8919): 357-362. doi: 10.1016/s0140-6736(94)91399-4

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}