Alergi Dingin: Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

842
Alergi Dingin

Diedit:

Alergi Dingin dapat dialami oleh siapapun, termasuk Anda. Lalu bagaimanakah kiranya cara untuk mengatasi alergi yang satu ini? Temukan jawabannya dalam artikel ini. Kenali juga penyebab alergi dingin terjadi pada seseorang.

Dalam artikel ini Anda akan memperoleh informasi lengkap seputar alergi dingin. Temukan juga informasi menarik berupa gejala, penyebab dan pengobatan alergi dingin pada artikel ini. Mari kita perhatikan info selengkapnya berdasarkan atas keterangan webMD berikut!

Alergi Dingin

Jika berbicara tentang kondisi ini, maka sudah pasti terkait dengan kondisi kesehatan kulit Anda, alasannya karena kulit merupakan organ tubuh yang pertama kali melakukan kontak dengan benda luar atau benda asing, termasuk iklim di sekitar tubuh Anda.

Yang menjadi masalah jika terjadi alergi dingin pada kulit. Tidak sedikit orang yang mengalami masalah ini, dan mereka seringkali mengalami berbagai efek samping, salah satunya adalah rasa gatal tak tertahankan pada kulit.

Alergi ini terjadi karena faktor eksternal udara yang dingin. Jika udara dingin di sekitar, maka kulit pun akan mengalami ruam-ruam merah yang bisa disertai rasa gatal. Tak hanya itu, bahkan alergi dingin juga bisa menyebabkan kulit menjadi bengkak.

Biasanya untuk menghilangkan gangguan tersebut, Anda harus mengetahui penyebabnya dan sebisa mungkin menghindarinya.

Penyebab Alergi Dingin

Untuk penjelasan lebih mendetail mengenai alergi udara dingin, berikut beberapa faktor penyebab alergi dingin yang diketahui.

  • Musim hujan merupakan alasan pertama mengapa alergi dapat terjadi. Itu karena udara sekitar akan berubah menjadi dingin ketika hujan maupun ketika sudah selesai hujan. Alergi dingin dapat kambuh pada kondisi cuaca ini. Pertumbuhan jamur dan tungau debu juga akan meningkat tajam ketika musim hujan datang. Bakteri penyebab kulit gatal pun akan ikut meningkat tajam.
  • Kelembaban udara yang meningkat tajam di sekitar rumah juga dapat menjadi faktor penyebab alergi dingin. Di mana kulit akan terpengaruh oleh kelembaban udara sekitar Anda, kulit akan berubah menjadi lebih sensitif, rasa dingin pun akan benar-benar terasa.
  • Yang ketiga, alergi dingin tentu saja terjadi karena cuaca dingin di sekitar rumah, atau tempat berlibur Anda di daerah dataran tinggi.
  • Berikutnya, alergi juga dapat timbul jika antibodi tubuh Anda terpengaruh oleh cuaca dingin sekitar. Karena itu kulit pun akan menjadi bengkak dan terasa gatal. Bengkak dan rasa gatal tersebut terjadi karena tubuh memproduksi zat histamine berlebihan, dengan tujuan supaya tubuh tak merasakan dingin. Ini juga termasuk penyebab alergi dingin yang cukup sering.
  • Perbedaan suhu juga menjadi salah satu penyebab. Khususnya, jika suhu di sekitar itu berbeda dengan suhu rumah, maka alergi dingin dapat kambuh.

Gejala Alergi Dingin

Alergi dingin ada yang berupa biduran juga. Mungkin Anda juga sudah pernah mendengar atau bahkan terkena biduran. Alergi biduran merupakan gangguan kulit yang sudah umum dijumpai, disebabkan karena kulit mengalami alergi pada kondisi cuaca sekitar yang dingin.

Pada beberapa daerah, gangguan biduran juga memiliki nama lain Kaligata. Gejala jika Anda terkena gangguan kulit biduran ini yaitu muncul banyak benjolan kecil dengan warna sedikit kemerahan, terasa panas dan gatal yang semakin digaruk, maka akan semakin gatal. Alergi biduran ini benar-benar sangat menyiksa.

Rasa gatal yang ditimbulkan benar-benar membuat Anda tergoda untuk menggaruknya, tetapi semakin digaruk justru semakin menjadi-jadi, karena biduran akan semakin menyebar ke daerah kulit yang lainnya.

Rasa seperti ditusuk jarum juga akan Anda rasakan jika terkena alergi biduran ini. Yang juga ikut membuat Anda merasa tak nyaman adalah ketika udara sekitar sudah tak terlalu dingin lagi, ketika menjelang siang, dan gangguan alergi berupa biduran sudah menghilang, maka Anda akan merasa perih.

Rasa perih tersebut datang karena luka yang diakibatkan saat Anda menggaruk dengan cukup keras ketika biduran. Luka tersebut akan tetap tersisa pada kulit walaupun biduran sudah menghilang.

Pengobatan Alergi Dingin

Untuk mengatasi berbagai gangguan gatal karena udara dingin, Anda dapat menggunakan beberapa cara alami berikut ini:

  • Rendam air panas

    Anda dapat mencoba merendam kaki menggunakan air panas. Ini efektif untuk mengatasi alergi. Kaki yang terendam oleh air hangat akan menjadikan badan pun ikut hangat, rasa gatal serta bengkak yang disebabkan oleh alergi pun akan mereda dan sembuh.

  • Mandi air hangat

    Jika alergi biduran yang Anda alami maka ketika pagi hari, disarankan Anda jangan mandi menggunakan air dingin, tetapi mandilah dengan memakai air hangat. Begitu pula ketika sore hari, tetap mandi memakai air hangat.

  • Tanaman leunca

    Tanaman leunca juga dapat diolah menjadi obat tradisional untuk alergi karena udara dingin. Buang akar tanaman leunca dan tumbuklah sampai halus. Sesudah ditumbuk hingga halus, Anda dapat mengoleskan tumbukan tersebut pada kulit sampai kulit menjadi hijau karena olesan tersebut. Anda dapat menggunakan olesan tumbukan tanaman leunca tersebut sebanyak tiga kali sehari.

Itulah beberapa penjelasan mengenai alergi yang perlu untuk Anda ketahui. Semoga dengan menerapkan metode-metode di atas, Anda sudah bisa mengatasi rasa tak nyaman yang muncul karena udara dingin di sekitar.

Anda juga harus hati-hati, karena beberapa alergi dingin ada yang bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya, misalnya sesak napas. Namun memang kasus tersebut jarang terjadi.

Demikianlah informasi seputar Alergi yang perlu Anda cermati. Nantikan informasi penting lainnya seputar gangguan kesehatan, tips hidup sehat, maupun pengobatan alternatif alami – hanya di deherba.com