Gejala Alergi Yang Mudah Dikenali

523
Gejala Alergi

Diedit:

Alergi disebut juga hipersensitif – ini merupakan kondisi yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap zat yang masuk kedalam tubuh. Ada beragam jenis alergi, seperti; alergi obat, alergi makanan, alergi lateks, alergi musiman, alergi binatang, alergi jamur, dan asma. Apa saja gejala alergi yang dialami penderitanya?

Masing-masing jenis alergi tersebut memiliki kesamaan dan perbedaan jika dilihat dari gejala alergi yang ditimbulkan. Dalam artikel ini Anda akan melihat beragam gejala alergi berdasarkan atas jenis penyebabnya. Mari kita perhatikan apa sajakah itu?

Gejala Alergi

Secara umum, gejala alergi dapat mencakup; pembengkakan saluran hidung, bersin, mata terasa gatal dan berair, penyempitan cabang paru-paru, nafas tersengal-sengal disertai dengan mengi. Pada situasi ini asma juga dapat terjadi, begitupula dengan saluran pernapasan yang kian membengkak.

Telinga Anda bisa jadi terasa buntu, nyeri, dan berkurangnya pendengar, gatal-gatal disekujur tubuh yang tampak seperti eksim, sakit perut, muntah dan diare. Adapula beberapa ciri-ciri alergi lainnya, seperti yang diuraikan oleh mayoclinic.

Alergi Obat

  • Ciri-ciri Alergi Obat (antibiotik, analgesik, dan anti-kejang) – gatal, ruam kulit, demam, pembengkakan pada wajah, sesak napas, kulit bilur, dan anafilaksis (reaksi obat yang mengancam nyawa disertai dengan tekanan darah rendah).

Alergi Makanan

  • Ciri-ciri Alergi Makanan (susu, kacang, dan seafood) – gatal, pembengkakan di seluruh area wajah, kesulitan menelan, hidung tersumbat atau meler, suara serak, sesak napas, mual, muntah, keram perut, pingsan, dan sensasi melayang.

Alergi Lateks

  • Ciri-ciri Alergi Lateks (karet) – kulit bersisik, kulit kemerahan, kulit terasa gatal, batuk, tenggorokan terasa gatal, mata berair, bersin, pilek, dan anafilaksis (reaksi obat yang mengancam nyawa disertai dengan tekanan darah rendah).

Alergi Musiman

  • Ciri-ciri Alergi Musiman – batuk, kelelahan atau lemas, mata dan tenggorokan terasa gatal, bersin, hidung tersumbat ataupun meler (waktu lamanya gejala alergi musiman dapat mencapai 6 minggu, contohnya pada musim penyerbuk).

Alergi Binatang

  • Ciri-ciri Alergi Binatang (kucing dan anjing) – bersin, hidung meler, mata terasa gatal dan berair, hidung tersumbat, gatal pada tenggorokan, batuk, nyeri dan sensasi tertekan pada wajah, bengkak, bagian kulit dibawah mata terlihat membiru, dan sering terbangun sewaktu tidur (ini terlihat jelas pada anak saat mereka sering menggosok hidung).

Alergi Jamur

  • Ciri-ciri Alergi Jamur – bersin, hidung berair atau tersumbat, batuk, mata berair, hidung dan tenggorokan terasa gatal.

Asma

  • Ciri-ciri Asma – batuk, napas yang mendesah dan terengah-engah, sesak napas, dan dada terasa seperti terikat kuat.

Jika Anda menemukan adanya gejala-gejala seperti yang tertulis dalam artikel ini, cobalah untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Sehingga bantuan dapat diberikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Alergi tak dapat dipandang remeh karena memiliki resiko kematian jika terjadi komplikasi yang serius. Lalu, seperti apa gejala alergi yang umum terjadi?

Baca juga:  10 Cara Mengatasi Alergi Dengan Herbal

Ya, memahami gejala alergi sejak awal dapat membantu Anda sewaktu keadaan ini terjadi, milikilah nomor telepon rumah sakit untuk keadaan darurat. Cobalah untuk tetap tenang dan tidak panik, namun tetap siaga dan cekatan. Demikianlah informasi singkat seputar gejala alergi yang dapat Anda simak.

Temukan informasi menarik lainnya seputar obat alergi, penyebab alergi dan pengobatan alergi dalam artikel selanjutnya. Nantikan informasi penting lainnya seputar gangguan kesehatan, tips hidup sehat, maupun pengobatan alternatif alami – hanya di deherba.