9 Tanda Tubuh Anda Mengandung Banyak Toksin

598

Diedit:

Bisa jadi Anda sedang sehat dan bebas dari kondisi sakit apapun. Tetapi entah kenapa tubuh Anda tidak juga bisa dikatakan fit. Anda terus saja merasa tubuh Anda tidak cukup nyaman dan segar. Bisa jadi itu adalah tanda tubuh Anda sedang menimbun banyak toksin.

Karenanya kali ini kami akan mencoba membagikan beberapa tanda untuk mengenali gejala tubuh Anda sedang mengandung banyak toksin. Membiarkan kondisi ini berlarut-larut hanya akan memicu beragam penyakit mulai dari masalah hati, ginjal sampai kanker. Jadi sadari kondisi dengan segera dan cari tau cara tepat mengatasi racun dan toksin dalam tubuh.

Dan berikut adalah 9 tanda bahwa dalam tubuh Anda terdapat endapan toksin yang perlu segera Anda tindak lanjuti.

Terus merasa lelah

Anda tidak sedang melakukan aktivitas fisik yang berlebihan, tetapi entah kenapa Anda terus merasa lelah dan kadang disertai efek nyeri otot dan sendi seolah Anda baru saja lari marathon berkilo-kilo. Bisa jadi saat ini Anda sedang mengalami penumpukan toksin. Toksin mengendap pada sendi dan sel-sel otot Anda dan memberi efek lelah seperti baru saja beraktivitas berat. Kadang toksin juga menyebabkan terbentuknya reaksi kimia pada persendian menyerupai asam urat.

Mudah mengantuk

Mengantuk adalah bentuk lain dari rasa lelah, Ini akibat sel darah tak berhasil mencukupi kebutuhan oksigen dalam otak. Akibatnya otak terus mengirim sinyal lelah dan mengantuk sehingga sebanyak apapun Anda tidur, Anda masih saja merasa mengantuk. Biasanya ini adalah efek penimbunan toksin pada pembuluh darah yang mengganggu sirkulasi.

Sembelit

Selama ini secara tradisional sembelit erat dikaitkan dengan keluhan panas dalam. Padahal sembelit lebih banyak berkaitan dengan toksin dan residu dalam tubuh. Sembelit akan menyebabkan toksin tidak keluar sebagaimana mestinya dan mengendap dalam usus besar untuk kemudian kembali terserap tubuh dan mengalir dalam sirkulasi darah.

Baca juga:  Berbagai Bakteri Penyebab Keracunan Makanan

Bau mulut

Mereka yang mengalami bau mulut sekalipun tidak ada tanda keluhan dengan gigi bisa jadi justru sedang menghadapi masalah dengan endapan toksin dalam tubuh. Reaksi toksin dan residu dalam tubuh akan mengendap dalam hati dan menyebabkan reaksi kimiawi dalam hati yang menimbulkan aroma tidak sedap.

Kadang dari kondisi ini menyebabkan mulut lebih mudah mengalami infeksi karena aroma ini membuat bakteri dan jamur nyaman hidup dalam mulut sehingga memicu munculnya keluhan sariawan.

Sulit untuk kurus

Anda sudah mengurangi jatah makan Anda tetapi kenapa tubuh Anda tidak juga kunjung kurus? Kenapa diet Anda tidak kunjung sukses menurunkan berat badan? Jangan-jangan berat badan Anda naik karena pengaruh hormonal.

Biasanya, masalah keseimbangan hormonal ini disebabkan oleh kondisi endapan toksin dan residu tubuh yang mengganggu sirkulasi darah dan mekanisme produksi hormon. Hormonal menjadi tidak seimbang dan akhirnya mengganggu keseluruhan fungsi dalam tubuh, termasuk kemampuan penyerapan glukosa, metabolisme sampai kinerja.

Muncul gejala alergi pada kulit

Anda yang memang memiliki genetik alergi pada kulit, biasanya akan menunjukan gejala menyerupai biduran ketika kondisi tubuh menurun akibat terjadinya peningkatan kadar toksin dalam tubuh. Karena endapan toksin mulai mempengaruhi fungsi dari sistem imunitas, mendorong terbentuknya autoimun yang tidak normal seperti gejala biduran ini.

Muncul jerawat dan bisul

Bila belakangan Anda terus saja mengalami gejala jerawat dan bisul pada wajah dan kulit bagian lain, bisa jadi ini adalah bentuk reaksi tubuh terhadap munculnya endapan toksin dalam tubuh Anda. Toksin mulai menyentuh area bawah kulit dan membuat kulit menjadi sensitif terhadap sumbatan pada kelenjar minyak.

Mudah mual

Anda mendadak menjadi cepat merasa mual hanya karena dipicu oleh aroma tajam yang sebelumnya tidak banyak mempengaruhi Anda. Atau mendadak aroma parfum sukses membuat kepala Anda pening. Sebaiknya Anda segera mengubah pola makan Anda, karena ini bisa menjadi tanda adanya gejala penumpukan toksin dalam tubuh Anda terutama pada sistem aliran darah menuju area kepala.

Baca juga:  Penting: Bersihkan Air Minum Anda dari 12 Macam Racun Ini!

Kulit dan rambut tampak kusam

Salah satu tanda awal yang paling mudah dikenali secara fisik ketika tubuh Anda mengandung banyak endapan toksin adalah ketika kulit Anda mulai nampak kusam. Warnanya terlihat sedikit menggelap karena secara samar Anda bisa menemukan bintik-bintik pigmentasi halus yang menjadi salah satu bentuk reaksi tubuh ketika toksin dalam darah menumpuk. Biasanya gejala ini dibarengi rambut yang juga tampak kusam, tidak bercahaya, kering dan memudar warnanya.

Bila Anda mulai menampakan setidaknya 3 dari gejala di atas, sebaiknya Anda mulai waspada. Bisa jadi tubuh Anda memang sedang mengalami penumpukan toksin yang perlu segera Anda atasi. Anda bisa mengatasi racun dan toksin ini dengan merubah pola makan yang kaya serat dan anti oksidan, rutin berolahraga serta merubah pola hidup yang sehat dan seimbang.

Advertisement
Alinesia