9 Manfaat Beras Merah

213

Diedit:

Beras merah lebih baik daripada beras putih—Itu fakta umum yang hampir semua orang ketahui. Meski begitu, banyak orang tetap memilih beras putih karena rasa dan tampilannya. Memang benar beras putih tampaknya lebih lezat dibandingkan beras merah, tapi itu bukan berarti Anda perlu mengabaikan manfaat beras merah gara-gara tidak senikmat beras putih.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, beras merah merupakan pilihan sumber karbohidrat utama terbaik dari segi kandungan gizi maupun manfaat kesehatan lainnya.

Mengapa beras merah? Beras merah, tidak seperti beras putih, masih memiliki sekam dan kulit padi di sisinya, sehingga waktu memasaknya lebih lama dan membuatnya lebih mudah dicerna karena jauh “lebih ringan” di lambung.

Sisa sekam dan kulit padi di beras merah mengandung banyak protein, tiamin, kalsium, magnesium, serat, dan potasium. Bagi Anda yang hendak menurunkan berat badan atau bagi yang menderita diabetes, beras merah dapat membantu karena mempunyai kadar glikemik yang rendah sehingga mengurangi lonjakan insulin.

Produk beras putih banyak yang sudah diperkaya dengan berbagai zat gizi. Ini wajar karena beras putih kehilangan kandungan zat besi, vitamin, zink, magnesium, dan sejumlah nutrisi lainnya selama proses penyulingan sehingga produsen harus menambahkan nutrisi-nutrisi sintetis sebagai gantinya. Meskipun begitu, kandungan gizi nasi putih yang diperkaya masih belum mencapai batas minimun kebutuhan gizi harian.

Berikut adalah beberapa manfaat berash merah yang menjadikannya pilihan lebih baik dibandingkan beras putih.

  • Kaya akan selenium. Beras merah banyak mengandung selenium yang mengurangi risiko penyakit-penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan artritis.
  • Kaya akan mangan. Semangkuk beras merah sanggup mencukupi 80% dari kebutuhan harian mangan. Mangan membantu tubuh mensintesis lemak tubuh dan juga membantu sistem saraf serta reproduksi.
  • Kaya akan minyak alami. Minyak alami bermanfaat bagi tubuh karena membantu menstabilkan kadar kolesterol.
  • Membantu menurunkan berat badan. Kandungan serat dalam beras merah memelihara fungsi usus tetap maksimal karena serat tersebut membuat proses pencernaan jauh lebih lancar. Beras merah juga sanggup membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
  • Merupakan whole-grain. Karena tidak kehilangan seluruh bagian sekam dan kulit padi, beras merah tergolong makanan whole-grain. Makanan ini terbukti bisa mengurangi penumpukan plak arteri dan mengurangi risiko penyakit jantung serta kolesterol tinggi.
  • Kaya antioksidan. Kandungan antioksidan beras merah tidak kalah banyaknya dengan yang dimiliki buah maupun sayuran.
  • Kaya akan serat. Beras merah dapat membantu mencegah kanker usus berkat kandungan seratnya yang tinggi.
  • Menstabilkan gula darah. Beras merah sangat baik bagi mereka yang menderita diabetes. Studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi satu setengah mangkuk beras merah setiap hari memiliki penurunan risiko terkena diabetes sebanyak 60%.
  • Bermanfaat sebagai Makanan Bayi. Sereal beras merah maupun nasi merah utuh merupakan pilihan makanan bayi yang baik karena kandungan nutrisi dan seratnya.
Baca juga:  Perbandingan Antara Beras Putih dan Beras Cokelat Manakah yang Terbaik

Demikianlah 9 manfaat beras merah bagi tubuh Anda. Beras merah sering digunakan sebagai alternatif beras putih karena memang jauh lebih baik dan bergizi.

AdvertisementSimplisia.com