Apa Saja Manfaat Beras Hitam?

389

Diedit:

Meskipun termasuk cukup jarang tersedia, namun beras hitam merupakan salah satu pilihan sumber karbohidrat utama yang terbaik saat ini. Manfaat beras hitam bagi tubuh pun sudah tidak perlu diragukan lagi karena beras ini dilengkapi dengan beragam jenis nutrisi penting.

Beras hitam punya sejarah yang sangat menarik. Seperti yang diketahui kebanyakan orang, beras merupakan sumber makanan pokok di Asia. Selama bertahun-tahun ketika Tiongkok diperintah oleh seorang kaisar, beras hitam dijuluki sebagai “Beras Terlarang”. Beras ini dibudidayakan dalam jumlah yang sangat terbatas karena saat itu hanya boleh dikonsumsi kaisar.

Meski di jaman sekarang tidak ada larangan seperti dulu, namun beras hitam masih diproduksi dalam jumlah yang terbatas, terutama jika dibandingkan dengan beras merah dan putih.

Seperti yang telah disebutkan, beras hitam dikenali sebagai beras yang memiliki banyak khasiat. Bagi Anda yang belum tahu, inilah sejumlah manfaat beras hitam bagi kesehatan.

Mengandung sejumlah besar antioksidan. Antioksidan merupakan zat yang diketahui membantu tubuh membuang limbah dalam tubuh secara teratur. Zat ini juga terdapat dalam kopi dan teh, tetapi beras hitam mengandung lebih banyak.

Mencegah serangan jantung. Sejumlah penelitian memperlihatkan bahwa beras hitam mengandung sejumlah besar antosianin, kandungan yang mampu menurunkan risiko serangan jantung. Antosianin bekerja dengan mencegah penumpukan plak di arteri—kondisi yang seringkali jadi penyebab serangan jantung. Bahkan lebih baik lagi, terungkap bahwa antosianin mampu mengendalikan kadar kolesterol lebih daripada suplemen makanan yang tersedia saat ini.

Kemampuan anti-peradangan. Mengonsumsi beras hitam secara rutin dikaitkan dengan penurunan kadar senyawa inflamasi dan meningkatkan mediator anti-inflamasi. Peningkatan peradangan berkaitan dengan penyakit dan kondisi seperti aterosklerosis, artritis, kanker, penuaan, dan alergi.

Rendah kalori. Kebanyakan orang beralih ke beras merah apabila mereka ingin menurunkan berat bada, padahal sebenarnya manfaat beras hitam untuk diet lebih manjur. Beras hitam gampang bikin kenyang meskipun rendah kalori. Walau begitu, beras merah tetap memberikan cukup karbohidrat untuk kebutuhan harian Anda.

Rendah glukosa. Beras merah juga disebut-sebut sebagai beras untuk penderita diabetes karena rendah gula. Meskipun orang yang didiagnosis diabetes diperingatkan agar tidak banyak makan nasi, namun beras hitam relatif lebih aman bagi mereka karena kecil kemungkinannya menimbulkan lonjakan gula darah.

Kaya akan serat dan zat besi. Beras hitam mengandung hampir dua kali lipat kandungan serat dalam beras merah. Selain itu, beras ini juga mengandung zat besi yang cukup banyak, bahkan setelah dimasak.

Demikianlah sejumlah manfaat beras hitam bagi tubuh Anda. Beras hitam mengandung semua nutrisi yang terdapat dalam beras merah, bahkan dilengkapi dengan sejumlah nutrisi yang tidak ditemukan dalam jenis-jenis beras lain. 

Baca juga:  Cara Menggunakan Air Beras untuk Perawatan Kulit dan Rambut
Advertisement
Alinesia