9 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung sampai Mulus!


By Cindy Wijaya

Jerawat adalah masalah kulit yang menyakitkan sekaligus menyebalkan. Tapi masalahnya jadi jauh lebih buruk kalau Anda menderita karena jerawat di punggung. Jerawat punggung bisa bikin kita susah tidur dan juga kadang susah disembuhkan.

Selain itu, kita juga tidak bisa melihatnya langsung, jadi sulit buat kita untuk memeriksa seberapa parah kondisinya. Sama seperti jerawat umumnya, jerawat punggung disebabkan oleh bakteri dan kelebihan produksi minyak di pori-pori kulit. Bukan hanya di punggung, jerawat juga dapat muncul di tempat-tempat lain seperti dada, pundak, lengan, kaki, dan pantat.

Menggunakan produk seperti body lotion, minyak pijat, atau tabir surya yang menyumbat pori-pori juga dapat memicu masalah punggung berjerawat. Pemicu lain mungkin adalah gesekan dari baju ketat, makan sembarangan, stres, perubahan hormon, serta perawatan kulit yang tidak benar.

Walaupun cukup sulit untuk ditangani, tapi ada beberapa cara menghilangkan jerawat di punggung dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Berikut adalah 9 cara menghilangkan jerawat punggung dengan cepat.

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah salah satu bahan alami untuk mengatasi semua jenis jerawat, termasuk yang tumbuh di punggung.

Bahan alami ini menghambat peradangan dan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan kulit berjerawat, berkat kandungan anti-inflamasi serta anti-bakteri yang dimilikinya. Bukan hanya itu, cuka apel juga membantu menyeimbangkan kadar pH kulit, yang penting untuk menjaga kulit bebas dari segala masalah.

  • Larutkan 1 sendok makan cuka apel raw, unfiltered, ke dalam segelas air. Oleskan larutan ini ke area yang berjerawat di punggung. Tunggu 10 menit, lalu bilas dengan air suam-suam kuku. Selesaikan dengan mengoleskan pelembap berbahan kimia ringan dan berbahan dasar air. Ulangi langkah ini 2 atau 3 kali sehari sampai jerawat sembuh total.
  • Juga, Anda bisa minum cuka apel setiap hari untuk membantu mempertahankan kesehatan kulit dari dalam. Tambahkan 1 sendok teh cuka apel raw, unfiltered, dan sedikit madu mentah ke dalam segelas air hangat, lalu minumlah dua kali sehari.

2. Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Obat jerawat punggung alami lain adalah menggunakan minyak pohon teh. Minyak esensial ini dipenuhi kandungan alami antiseptik dan anti-inflamasi yang membantu menyembuhkan jerawat.

Jika digunakan sebagai obat luar, minyak ini dengan mudah menyerap masuk dalam kulit serta membantu mengeringkan jerawat dengan cepat. Juga berguna mengurangi kemerahan dan peradangan.

Suatu penelitian tahun 2007 yang dirilis Indian Journal of Dermatology, Venereology, and Leprology mendapati bahwa obat topikal yang mengandung 5% minyak pohon teh efektif untuk mengobati jerawat vulgaris yang tingkat keparahannya ringan sampai sedang.

  • Tuangkan 1 – 2 tetes minyak pohon teh ke atas bola kapas lalu dengan lembut oleskan ke area punggung yang berjerawat. Diamkan selama 15 – 20 menit, lalu bilas dengan air suam-suam kuku. Gunakan cara ini sekali sehari.
  • Alternatifnya, campurkan 4 – 5 tetes minyak pohon teh dengan 1 sendok teh madu. Oleskan ke area punggung berjerawat. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air. Ulangi sekali setiap hari.

Catatan: Jangan oleskan minyak pohon teh yang belum dilarutkan jika Anda punya kulit sensitif. Larutkan minyak pohon teh ke dalam air dengan perbandingan 1 : 3 sebelum mengoleskannya.

3. Madu

Madu menjaga area kulit yang berjerawat tetap terhidrasi dan terasa nyaman. Madu adalah antibiotik dan anti-bakteri alami yang mampu meringankan gejala jerawat di punggung serta mencegah infeksi.

Baca Juga:  Kulit Mulus Bebas Jerawat dengan Mengikuti Pola Diet Ini!

Penelitian tahun 2011 yang dimuat Asian Pasific Journal of Tropical Biomedicine menunjukkan bahwa madu yang digunakan untuk keperluan medis memiliki potensi sebagai obat topikal untuk infeksi yang disebabkan oleh resistensi antibiotik dan bakteri yang sensitif terhadap antibiotik.

Dengan menggunakan madu di dalam perawatan kulit rutin, Anda akan mencegah problem jerawat di punggung.

  • Oleskan sedikit madu mentah atau madu manuka ke area punggung berjerawat. Tunggu 10 – 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi 2 – 3 kali sehari.
  • Anda juga bisa membuat pasta dengan mencampurkan 1 sendok makan madu dan ½ sendok teh bubuk kayu manis. Oleskan ke area punggung berjerawat. Tunggu sampai 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini sekali sehari.

4. Kunyit

Kunyit mengandung anti-bakteri yang membantu membunuh bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat.

Penelitian tahun 2013 yang dimuat Chemical and Pharmaceutical Bulletin menemukan bahwa senyawa kurkumin di kunyit menunjukkan aktivitas antimikroba yang menghambat bakteri Propionibacterium acnes.

Selain itu, bumbu dapur ini juga memiliki kemampuan anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan serta rasa sakit. Juga membantu menstabilkan kadar pH kulit. Sehingga sangat cocok Berikut cara menghilangkan jerawat punggung dengan kunyit.

  • Campurkan 1 – 2 sendok teh bubuk kunyit dan sedikit minyak wijen sampai membentuk pasta. Oleskan pasta ini ke area punggung berjerawat. Diamkan selama 1 jam sebelum membilasnya. Lakukan cara ini 1 – 2 kali sehari selama beberapa hari.
  • Juga, minumlah ramuan kunyit susu dua kali sehari untuk melawan peradangan dan rasa sakit. Untuk membuatnya, campurkan ½ sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas susu hangat.

5. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Untuk menyingkirkan jerawat mengganggu dari punggung, cobalah lidah buaya. Bagian gel lidah buaya dapat membantu menghilangkan jerawat di punggung dengan cara membunuh bakteri penyebabnya, mengurangi peradangan, serta mempercepat proses penyembuhannya.

Penelitian tahun 2008 yang dicantumkan dalam Indian Journal of Dermatology menonjolkan kemampuan pengobatan dari lidah buaya, misalnya anti-inflamasi, antibakteri, antiseptik, serta antimikroba. Penelitian ini juga menyatakan bahwa lidah buaya mempunyai efek anti-jerawat.

Penelitian tahun 2014 yang dimuat oleh Journal of Dermatological Treatment menyimpulkan bahwa lidah buaya sangat efektif untuk mengobati jerawat vulgaris yang tingkat keparahannya ringan sampai sedang.

  • Iris dan buka daun lidah buaya lalu pisahkan bagian gelnya. Oleskan gel ini ke area punggung berjerawat sebanyak 2 kali sehari selama seminggu.
  • Alternatifnya, campurkan 1 sendok makan gel lidah buaya dengan ½ sendok teh madu mentah juga bubuk kunyit sampai membentuk pasta. Oleskan pasta ke area punggung berjerawat, diamkan 15 – 20 menit, lalu bilas dengan air. Ulangi sekali sehari.

6. Lemon

Kaya akan kandungan asam L-askorbat membuat lemon juga sangat cocok dijadikan bahan penghilang jerawat punggung. Asam ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati serta menghilangkan sumbatan di pori-pori.

Selain itu, sifat antibakterinya membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Berikut cara menghilangkan jerawat punggung dengan bantuan lemon.

  • Gosokkan sepotong lemon ke area punggung berjerawat dengan gerakan memutar. Tunggu 10 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Gunakan cara ini 1 – 2 kali sehari.
  • Cara lain adalah dengan mencampurkan air perasan lemon dan air mawar dengan jumlah yang sama. Oleskan ke area punggung berjerawat dengan bola kapas. Tunggu 20 – 25 menit, lalu bilas dengan air dingin. Ulangi cara ini 2 kali sehari.
Baca Juga:  Jerawatan? Cari Tahu Apa Penyebabnya!

7. Teh Hijau

Senyawa katekin di dalam teh hijau mengandung sifat antibakteri yang membantu memberantas bakteri penyebab jerawat. Dan kemampuan anti-inflamasi teh hijau juga turut menghilangkan kemerahan serta peradangan yang disebabkan jerawat.

Penelitian tahun 2012 yang dicantumkan dalam SKINmed Journal mendukung penggunaan ekstrak teh hijau sebagai obat luar untuk mengatasi sejumlah masalah kulit, termasuk jerawat. Berikut cara menghilangkan jerawat di punggung dengan teh hijau.

  • Campurkan ¼ cangkir teh hijau yang baru diseduh dengan air. Celupkan bola kapas ke dalamnya lalu oleskan ke area punggung berjerawat. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan ini 2 kali sehari.
  • Anda juga bisa mengoleskan losion yang berbahan 2 persen ekstrak teh hijau sebanyak 2 kali sehari ke area punggung berjerawat.
  • Juga, minumlah 3 – 4 cangkir teh hijau setiap hari untuk mendukung kesehatan kulit dari dalam.

8. Oatmeal

Oatmeal berperan sebagai pembersih kulit alami. Ini berarti oatmeal sanggup membersihkan pori-pori kulit dan menyerap kelebihan minyak, yang pastinya berguna untuk menghilangkan jerawat punggung. Oatmeal juga mengelupas dan menenangkan kulit yang meradang.

Penelitian tahun 2012 yang dirilis Indian Journal of Dermatology, Venereology, and Leprology memperlihatkan bahwa oatmeal mempunyai antioksidan dan anti-inflamasi sehingga efektif untuk mengobati berbagai jenis penyakit peradangan kulit, termasuk jerawat.

  • Campurkan 1 sendok makan oatmeal dengan sedikit air untuk membentuk pasta.
  • Basahi kulit yang jerawatan dengan sedikit air dan gosokkan pasta oatmeal ke area tersebut dengan gerakan melingkar.
  • Diamkan selama 10 menit.
  • Bilas dengan air suam-suam kuku.
  • Lakukan langkah-langkah di atas 1 – 2 kali seminggu.

9. Tomat

Bahan alami terakhir dalam daftar ini untuk menghilangkan jerawat punggung adalah tomat. Buah yang sekaligus sayuran ini mengandung asam salisilat, yang efektif untuk mengatasi jerawat.

Tomat membantu mengeringkan jerawat dengan cepat. Ditambah lagi kemampuan anti-inflamasi yang dimilikinya membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat jerawat. Juga membantu memperbaiki kerusakan kulit sampai ke tingkat sel-selnya.

  • Gosokkan sepotong tomat ke area punggung berjerawat selama beberapa menit, diamkan sampai 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi sebanyak 2 kali sehari.
  • Alternatifnya, buat larutan dari 1 sendok makan jus tomat, beberapa tetes air perasan lemon, dan ½ sendok teh madu mentah. Campurkan secara merata kemudian oleskan ke area punggung berjerawat dengan bola kapas. Tunggu 5 – 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan cara ini sekali sehari untuk beberapa hari.

Kemunculan jerawat di punggung kadang membuat kita tidak nyaman, bahkan jika parah bisa bikin susah tidur. Agar masalah ini tidak berlarut-larut dan memburuk, segera lakukan salah satu cara menghilangkan jerawat di punggung seperti di atas.

Tapi sebenarnya cara paling praktis untuk menuntaskan masalah jerawat punggung adalah dengan memperhatikan kebersihan tubuh secara keseluruhan. Kita sebaiknya selalu mandi setelah beraktivitas yang menimbulkan banyak keringat, sering berganti pakaian terutama setelah berkeringat, dan rutin mengganti seprai setidaknya 1 minggu sekali.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}