9 Bahan Alami yang Manjur Menghilangkan Bintik Lemak di Wajah

877
Shutterstock

Diedit:

Tumpukan atau bintik kolesterol di muka, yang biasanya ada di sekitar mata, sebenarnya adalah lemak yang muncul di bawah kulit, sering kali di bagian dalam pinggir kelopak mata. Bintik-bintik lemak di wajah ini juga disebut sebagai xanthelasma.

Salah satu penyebab utama bintik lemak di wajah adalah kadar kolesterol ‘jahat’ LDL yang terlalu tinggi di dalam tubuh. Selain itu juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan, diabetes, penyakit hati, ataupun masalah kesehatan lain.

Orang-orang yang memiliki kolesterol tinggi, sirosis hati, atau diabetes berada pada risiko tinggi untuk mengalami masalah kulit ini. Dan masalah ini paling sering dihadapi oleh orang-orang yang berusia antara 40 – 60 tahun.

Bintik kolesterol di muka tidak akan menimbulkan rasa sakit atau gatal, tapi bisa menghalangi penglihatan jika ukurannya cukup besar.

Satu hal lagi yang perlu diingat, bintik kolesterol di muka bisa jadi merupakan tanda dari penyakit arteri koroner (jantung koroner) di masa mendatang. Suatu penelitian tahun 2013 yang dirilis di BioMed Research International melaporkan bahwa ada banyak kasus bintik lemak di wajah yang berkaitan dengan kebiasaan merokok, obesitas, hipertensi, diabetes, serta dislipidemia—yang merupakan faktor-faktor risiko utama penyakit arteri koroner.

Karena area bintik biasanya ada di dekat mata, maka sebaiknya tidak ditangani dengan operasi. Selain itu, operasi dapat meninggalkan bekas luka, yang mungkin justru penampilannya lebih buruk daripada bintik itu sendiri. Beberapa orang memilih pengobatan laser untuk menghilangkannya, tetapi tetap ada risiko bekas luka.

Sebelum mulai mencoba menghilangkan bintik lemak di wajah, ada baiknya Anda cari tahu apa penyebabnya. Sebagai contoh, jika penyebabnya adalah kadar kolesterol dalam darah yang terlalu tinggi, Anda bisa mengupayakan menurunkan kadar kolesterol tersebut.

Bagi Anda yang ingin mengupayakan cara alami, berikut kami berikan sejumlah bahan-bahan natural penghilang bintik kolesterol di muka yang bersumber dari Top10HomeRemedies.

Bawang Putih

Bahan alami yang terbaik dan paling populer untuk menghilangkan bintik lemak di wajah adalah bawang putih. Kandungan enzim-enzim pada bawang putih membantu meratakan tonjolan-tonjolan di sekitar mata Anda. Bawang putih juga berkhasiat menurunkan kolesterol tinggi.

Studi di tahun 2001 yang dirilis pada Journal of Nutrition menunjukkan bahwa efek penurunan kolesterol oleh ekstrak bawang putih merupakan bagian dari reaksi penghambatan sintesis kolesterol hepatik oleh senyawa sulfur (salah satu kandungan dalam bawang putih).

Belakangan, laporan di tahun 2013 dari Nationtal Institute of Integrative Medicine menyatakan bahwa ekstrak bawang putih aman dan ampuh sebagai alternatif obat darah tinggi sekaligus penurun kolesterol alami.

  • Iris 1 siung bawang putih atau ulek beberapa siung bawang putih hingga membentuk salep. Oleskan itu ke bintik-bintik lemak di wajah, lalu tutupi dengan kain kasa supaya tidak masuk ke mata. Diamkan 10 – 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini sekali sehari untuk beberapa hari.
  • Alternatifnya, ulek tablet bawang putih menjadi bubuk halus. Tambahkan sedikit air untuk membentuk salep, lalu oleskan ke bintik-bintik kolesterol. Diamkan selama 1 jam sebelum membilasnya. Lakukan ini setiap hari sampai hasilnya memuaskan.
  • Juga, Anda bisa makan 2 – 3 siung bawang putih mentah saat perut kosong setiap hari. Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen bawang putih, pastikan konsultasi dulu dengan dokter.
Baca juga:  Ingin Lebih Cantik? Konsumsilah Makanan Ini untuk Membuat Kulit Mulus

Catatan: Jangan gunakan bawang putih di kulit dalam waktu lama, karena dapat membakar kulit. Juga jangan gunakan sama sekali jika Anda punya kulit sensitif.

Minyak Jarak

Bahan natural lain yang manjur untuk menghilangkan bintik lemak di wajah adalah minyak jarak. Asam risinoleat pada minyak jarak membantu mengecilkan tumpukan kolesterol tersebut. Akan tetapi minyak jarak ini paling bagus digunakan sewaktu bintiknya baru muncul.

  • Rendam bola kapas di dalam minyak jarak murni.
  • Oleskan ke area bintik kolesterol di muka. Jangan lupa tutup mata agar tidak kemasukan.
  • Pijat-pijat selama beberapa menit dan, jika mungkin, tempelkan kapas di area tersebut dengan plester.
  • Diamkan semalaman, dan di pagi hari bersihkan dengan air hangat.
  • Lakukan ini setiap hari sampai hasilnya memuaskan.

Cuka Apel

Kalau Anda memiliki kolesterol tinggi dan itu adalah penyebab utama bintik lemak di wajah, maka cuka apel sangat cocok untuk mengatasinya.

Cuka apel membantu mengurangi kadar kolesterol LDL. Cuka apel mencairkan kolesterol dan lemak, sekaligus membantu hati untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh.

Selai itu, asam asetat di dalamnya memiliki sifat korosif, yang akan membantu menghilangkan bintik kolesterol di muka.

  • Rendam bola kapas di dalam cuka apel dan oleskan ke area bintik. Gunakan plester untuk menempelkan kapas di area itu. Setelah 2 jam, lepaskan kapas dan bilas area itu dengan air hangat. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari.
  • Juga, campurkan 1 sendok makan cuka apel raw, unfiltered dengan sedikit madu murni di dalam segelas air hangat, dan minumlah ini 2 kali sehari.

Catatan: Kalau Anda punya kulit sensitif, larutkan cuka apel dengan sedikit air sebelum mengoleskannya ke kulit.

Biji Kelabat

Biji kelabat juga berkhasiat untk menghilangkan bintik kolesterol di muka secara berangsur-angsur, berkat kandungan penurun kolesterol di dalamnya.

  • Rendam 2 sendok teh biji kelabat di dalam segelas air semalaman. Minumlah larutan ini di pagi hari sewaktu perut masih kosong. Ini akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Lakukan ini setiap hari.
  • Juga, oleskan air rendaman biji kelabat ke area bintik. Pijat area itu dengan ujung jari, agar air meresap masuk ke dalam kulit. Lakukan ini setiap hari.

Bawang Merah

Bumbu pokok dapur ini adalah bahan alami lain yang manjur dan seharusnya Anda coba. Pertama-tama, bawang merah mengandung senyawa yang menghambat penumpukan kolesterol jahat dan lemak, yang merupakan salah satu penyebab utama bintik kolesterol di muka.

Kemudian, bawang merah memiliki sifat asam natural yang berguna untuk meratakan tumpukan kolesterol di kulit wajah.

  • Ambil sari dari 1 bawang merah, tambahkan sedikit garam dan diamkan selama beberapa jam. Sebelum pergi tidur, oleskan itu ke area bintik, pijat pelan-pelan dan biarkan semalaman.
  • Juga, campurkan 2 sendok makan sari bawang merah ke dalam segelas air, lalu minum setiap hari.

Kulit Pisang

Untuk melarutkan tumpukan kolesterol di sekitar mata dengan cara yang aman dan alami, Anda bisa coba memanfaatkan kulit pisang.

Baca juga:  Memutihkan Wajah dengan Hidroquinon? Benarkah Ada Bahayanya?

Kulit pisang memiliki antioksidan kuat dan enzim-enzim yang membantu melarutkan bintik lemak di wajah secara natural.

  • Potong kulit pisang menjadi irisan-irisan kecil.
  • Tempelkan bagian dalam kulit ke atas bintik-bintik kolesterol di muka.
  • Gunakan plester untuk menempelkennya semalaman.
  • Di pagi hari, lepaskan kulit pisang dan cuci muka dengan air.
  • Lakukan ini setiap malam sampai bintik menghilang.

Biji Ketumbar

Ketumbar membantu mengurangi kadar kolesterol total, LDL, dan trigliserida, sehingga efektif dimanfaatkan untuk menghilangkan bintik lemak di wajah yang disebbakan oleh kolesterol tinggi dalam darah.

Karena biji ketumbar juga memiliki efek hipoglikemik, maka juga bisa secara efektif mengendalikan diabetes, yang adalah penyebab lain dari bintik lemak di wajah.

  • Rebus 1 sendok makan biji ketumbar di dalam air seukuran 1 gelas.
  • Tutup panci dan biarkan selama 10 – 15 menit.
  • Saring bijinya dan minum airnya.
  • Minumlah ini 2 – 3 kali dalam sehari untuk menurunkan kadar kolesterol.

Jus Jeruk

Kandungan vitamin C, folat, dan flavonoid dalam jus jeruk ampuh untuk meningkatkan kadar kolesterol ‘baik’ HDL serta menurunkan kolesterol ‘jahat’ LDL.

Suatu penelitian tahun 2000 yang dirilis pada American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa jus jeruk memperbaiki profil lipid darah pada para penderita hiperkolesterolemia.

Penelitian lain di tahun 2013 yang dirilis di Lipids in Health and Disease mendapati bahwa konsumsi jus jeruk jangka panjang dikaitkan dengan kadar rendah kolesterol LDL dan apolipoprotein B pada para penderita hiperkolesterolemik.

  • Minumlah 2 – 3 gelas jus jeruk murni setiap hari untuk menjaga kadar kolesterol Anda.
  • Anda juga bisa makan beberapa buah jeruk setiap hari.

Kacang Almond

Karena almond mempunyai kandungan penurun kolesterol LDL, maka kacang ini juga manjur digunakan untuk menghilangkan bintik kolesterol di muka.

Studi tahun 2011 yang dimuat di Nutrition Reviews mendapati bahwa konsumsi kacang-kacang pohon, seperti almond, membantu mengurangi kolesterol LDL. Nutrisi dalam almond berguna mengatur enzim-enzim yang terlibat dalam sintesis kolesterol serta produksi asam empedu.

Studi lain tahun 2015 pada Journal of the American Heart Association menyatakan bahwa konsumsi almond harian adalah strategi sederhana untuk mencegah kehadiran penyakit kardio-metabolik (diabetes, penyakit jantung, atau stroke).

  • Campurkan sedikit susu ke 1 sendok teh bubuk almond untuk membentuk salep. Oleskan itu ke area bintik dan biarkan mengering. Dengan jari yang basah, gosok pelan-pelan olesan salep itu. Lakukan ini sekali setiap hari.
  • Juga, setiap hari rendam 4 – 5 almond dalam air di malam hari, dan makanlah di pagi hari untuk sebagian sarapan Anda.

Di samping mengandalkan bahan-bahan alami untuk menghilangkan bintik lemak di wajah, Anda juga wajib mengupayakan perubahan pola makan untuk menurunkan kolesterol Anda. Khususnya makanan-makanan tinggi lemak dan kolesterol harus benar-benar dihindari.

Terdapat juga beberapa jenis makanan lain yang seharusnya dihindari untuk mengurangi bintik kolesterol di muka. Anda bisa membaca lebih lanjut mengenai apa saja makanan yang perlu dipantang di artikel: 9 Jenis Makanan Pantangan Kolesterol yang Harus Secepatnya Disingkirkan.

Advertisement
Alinesia