8 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Menyebabkan Masalah Kesehatan

694

Diedit:

Udara yang panas dan terik, kemarau yang berkepanjangan mendadak berubah menjadi udara yang dingin, hujan berkepanjangan, badai, dan angin kencang. Sudah menjadi kebiasaan di kala udara mendadak berubah drastis akan diikuti meningkatnya kasus flu. Tanpa tebang pilih, anak-anak dan dewasa semua menjadi target empuk virus dan bakteri penyebab flu.

Padahal Anda sudah mengerahkan banyak upaya untuk menjaga kesehatan keluarga, mulai dari menambah asupan vitamin C untuk keluarga, meningkatkan konsumsi sayuran dan buah, sampai menambahkan asupan herbal yang mampu menghangatkan tubuh paska terpapar udara dingin, tetapi kenapa tetap saja virus dan bakteri itu mampu menembus pertahanan?

Tanpa disadari, Anda dan keluarga sudah menjalankan beberapa kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kesehatan. Bahkan kadang kebiasaan yang sudah menjadi kebiasaan Anda selama ini. Dan itulah yang menjadi penyebab upaya perlindungan Anda tak juga membuahkan hasil.

Apa saja kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan masalah kesehatan itu? Artikel ini merangkum 8 diantaranya.

  • Membiarkan Anda larut dalam stress

    Tekanan kerja, tekanan dalam pejalaran di sekolah, kelelahan karena efek waktu kerja berlebihan, tekanan karena masalah pribadi serta keluarga dan segala hal yang bikin stres terbukti klinis menurunkan imunitas. Dan tanpa disadari oleh kebanyakan masyarakat modern dewasa ini, stress kerap datang juga bukan hanya dari tekanan kerja dan tekanan keluarga, tetapi dari pembatasan aktivitas sosial. Mereka yang hidup terlalu mandiri, jauh dari aktivitas sosial dan pergaulan sosial seringkali merasa sendiri dan tertekan.

  • Tetap di dalam rumah

    Udara yang dingin, hujan yang tidak berhenti membuat Anda dan keluarga terpaksa bertahan di dalam rumah ketimbang beraktivitas di luar. Namun, bagaimanapun juga Anda membutuhkan udara segar dan asupan matahari pagi. Dan memilih bertahan di rumah membuat Anda juga menjadi kurang bergerak. Semua ini dapat menyebabkan penurunan imunitas tubuh.

  • Asyik dengan camilan

    Terpaksa terjebak dalam rumah, dan tidak tahu akan melakukam apalagi selain duduk manis depan TV. Hingga tanpa disadari semua berakhir dengan satu stopless penuh keripik singkong. Singkong memang bukan jenis makanan berbahaya, tetapi ketika digoreng garing lengkap dengan bumbu asin berlimpah, disanalah masalah bisa datang. Bahkan bisa menyebabkan kadar kolesterol Anda mulai meningkat dan imunitas Anda menurun.

  • Menyentuh sembarangan

    Urusan yang satu ini tidak berhubungan dengan udara dingin dan panas. Ini terkait dengan kebiasaan banyak orang yang menyentuh apa saja disekitar mereka berada tanpa berpikir. Anda bisa saja menyentuh sudut dari area duduk Anda di ruang tunggu busway, penasaran dengan list tepi sebuah tangga jembatan penyeberangan dan lain sebagainya. Bahkan kadang beberapa orang dengan usilnya menyentuh peralatan medis di rumah sakit atau di ruang rawat pasien. Sadarkah Anda bisa saja apa yang Anda sentuh sudah terkontaminasi virus dan bakteri berbahaya? Dan mengapa tidak menjajal ide membawa hand sanitizer, setidaknya sebagai antisipasi dan mengurangi risiko.

  • Tidur tidak benar

    Banyak pakar mengatakan kurang tidur dan kelebihan tidur memiliki bahaya yang sama terhadap kesehatan. Keduanya akan mengganggu keseimbangan sistem endokrin yang menurunkan fungsi hormonal tubuh termasu sistem kelenjar tiroid yang berfungsi sebagai imunitas.

  • Olahraga berlebihan

    Olahraga memang penting, tidak ada yang memungkiri itu. Tetapi ketika tubuh melakukan olahraga berlebihan dan melebihi porsi sewajarnya, bukan mustahil tubuh justru menunjukan reaksi negatif. Tubuh yang terlalu lelah akan menurunkan imunitas tubuh dan menyebabkan metabolisme menurun.

  • Makan tanpa cuci tangan

    Ini kebiasaan yang sudah ditanamkan sejak masih di sekolah TK, cuci tangan sebelum makan. Tetapi berapa persen dari Anda yang tetap menjalankannya setelah dewasa? Dan faktanya, tangan Anda adalah sumber kuman dan lebih dari 80% penyakit datang dari kontaminasi virus dan bakteri pada tangan Anda sendiri.

  • Pergi tidur tanpa ganti pakaian

    Anda terlalu lelah untuk mengganti baju pergi Anda sebelum pergi tidur. Dan Anda benar-benar terbaring serta terlelap di ranjang tanpa berganti pakaian. Padahal entah sudah kemana saja Anda seharian dengan pakaian ini dan sudah berapa banyak virus dan bakteri yang tersimpan di dalamnya. Bayangkan diri Anda tidur bersama virus dan bakteri yang jelas-jelas bisa menginfeksi, masihkah ingin melanjutkan kebiasaan buruk ini?

Jadi adakah beberapa kebiasaan di atas yang masih menjadi kebiasaan buruk Anda selama ini? Tak heran kalau Anda masih saja terserang penyakit meski sudah menambah nutrisi dalam makanan Anda.

Di samping berusaha menghilangkan atau mengganti kebiasaan buruk dengan kebiasaan baik, Anda juga perlu mengupayakan pola hidup sehat agar tubuh bisa tetap terjaga kondisi kesehatannya. Jika ingin mengetahui pola hidup sehat supaya jarang kena penyakit, silakan kunjungi artikel berikut: Pola Hidup Sehat Terbaik untuk Penyembuhan Segala Macam Penyakit!