6 Kebiasaan yang Membuat Hidup Lebih Panjang

491

Diedit:

Sarapan, berjalan di pagi hari, minum delapan gelas air setiap hari, dan beragam aktivitas harian tak dapat disangkal sangat mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Banyak orang mungkin berpikir bahwa kebiasaan sehari-hari adalah hal yang kecil. Namun, jika dilakukan secara rutin, kebiasaan kecil ini mampu berefek pada lamanya hidup seseorang.

Pilihan bijaksana dalam melanjutkan atau menghentikan suatu kebiasaan dalam hidup juga menjadi kunci untuk menjaga kesehatan. Misalnya, segeralah hentikan kebiasaan menghisap rokok dan menggantinya dengan menggigit buah-buahan dengan vitamin C tinggi.

Simak enam kebiasaan di bawah ini yang diringkas dari askmen.com. Jika dilakukan rutin, hal-hal berikut ini dapat membuat kualitas hidup membaik dan hidup lebih panjang.

  • Berolahraga
    Mungkin Anda sudah bosan mendengar nasihat untuk berolahraga. Namun, olahraga memang aktivitas yang mampu menguatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Olahraga yang dilakukan rutin minimal tiga kali dalam seminggu, 30 menit/per olahraga akan mempertahankan berat badan ideal sehingga Anda terhindar dari penyakit jantung. Bahkan sebuah studi menjelaskan bahwa mereka yang rutin berolahraga setiap hari akan memiliki hidup 3 tahun lebih panjang.
  • Sarapan sehat
    Selama bertahun-tahun para peneliti telah membuktikan bahwa mereka yang terbiasa sarapan sebelum memulai aktivitas sangat sedikit yang terkena penyakit obesitas dan diabetes. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sarapan, kombinasi menu amat berperan penting. Karbohidrat, protein dan sedikit lemak baik adalah rekomendasi para ahli.
  • Cukup tidur
    Penelitian yang dilakukan 10 tahun terakhir menunjukkan bahwa kualitas tidur yang rendah bisa memperpendek umur. Umur panjang bisa didapatkan dengan mendapat tidur dan relaksasi yang cukup sebab stres dan kecemasan adalah pembunuh yang menyerang jantung dan organ dalam lainnya. Jika kualitas tidur Anda kurang, cobalah untuk meditasi atau mendapat pijatan/spa sebelum tidur.
  • Sikat gigi
    Hal sepele yang merupakan bagian dari tips umur panjang adalah sikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang (dental floss). Dalam buku The Real Age Makover, Dr. Michael Roizen mengungkapkan bahwa menggunakan benang untuk membersihkan gigi selain menyikat gigi dapat memperpanjang umur hingga 6.4 tahun. Kondisi mulut yang buruk dapat menyebabkan kerusakan dan radang pada gusi. Radang pada gusi bisa menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah yang merupakan penyebab terbesar penyakit jantung. Menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan dental floss akan menghindari gusi dari infeksi.
  • Tidak mengasingkan diri dan tetap bersosialisasi
    Banyak orang mengatakan bahwa teman jauh lebih murah dari terapi apapun. Dengan menjaga jaringan sosial, Anda dapat meningkatkan kualitas hidup. Teman-teman baik Anda akan menjadi teman yang bisa mendengar keluh kesah sehingga tingkat stres menjadi berkurang.
  • Minum cukup air
    Tubuh kita terdiri dari 70% air. Tidak heran air adalah komponen yang penting dalam tubuh. Air diperlukan untuk mengatur suhu tubuh, melindungi persendian, dan organ serta membantu menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Jika tidak terbiasa mengonsumsi air banyak sekaligus, pastikan setiap 15 menit Anda menenggak 3 teguk air.
Baca juga:  Tujuh Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Gangguan Pernapasan

Cukup mudah bukan untuk mendapatkan umur panjang. Mulailah untuk menyingkirkan kebiasaan buruk dan gantilah dengan kebiasaan kecil tapi penting seperti yang disebutkan di atas

Advertisement
Alinesia