8 Cara Memutihkan Ketiak Hitam yang Alami, Aman, dan Murah

442
enhancemyself.com

Diedit:

Warna gelap di kulit ketiak biasanya bukanlah tanda dari masalah kesehatan. Ketiak menghitam kemungkinan karena respon kulit terhadap paparan dari bahan-bahan tertentu, mirip seperti kulit menggelap akibat paparan sinar UV dari matahari.

Beberapa penyebab menghitamnya kulit ketiak adalah kebiasaan mencukur bulu ketiak, rutin menggunakan krim penghilang bulu ketiak, keringat berlebihan, kurang terkena udara, tumpukan sel kulit mati, dan penggunaan deodoran berbahan dasar alkohol, juga penggunaan antiperspirant untuk mengatasi bau badan.

Anda bisa dengan mudah memutihkan ketiak hitam menggunakan bahan-bahan rumahan yang aman, efektif, natural, dan relatif murah. Berikut adalah 8 cara memutihkan ketiak secara alami:

Kentang

Kandungan asam ringan di dalam kentang merupakan bahan pemutih alami. Tidak seperti bahan pemutih kuat, kandungan ini tidak menyebabkan iritasi kulit.

  • Gosokkan irisan kentang tipis di bawah ketiak.
  • Anda juga bisa memarut kentang dan oleskan sari dari parutan tersebut ke area ketiak, diamkan selama 15 – 20 menit sampai kering, lalu bilas dengan air hangat.

Gunakan salah satu dari kedua cara memutihkan ketiak hitam di atas setiap hari untuk mendapat hasil yang cepat.

Timun

Sama seperti kentang, timun juga memiliki kandungan pemutih alami yang membantu mencerahkan ketiak hitam.

  • Gosokkan irisan timun tipis di bawah ketiak atau parut timun dan oleskan sarinya ke bawah ketiak. Lakukan ini 1 – 2 kali setiap hari sampai Anda mendapat hasil yang memuaskan.
  • Alternatifnya adalah dengan mengekstrak sari dari timun lalu mencampurnya dengan sedikit bubuk kunyit dan air perasan lemon. Oleskan campuran ini ke area ketiak. Diamkan sampai 30 menit, lalu bilas dengan air. Ulangi cara ini sekali setiap hari atau setiap 2 hari sekali untuk hasil terbaik.

Lemon

Lemon berfungsi sebagai bahan pemutih ketiak alami serta anti-bakteri dan anti-septik kuat. Inilah mengapa lemon digunakan dalam pengobatan berbagai jenis masalah kulit. Lemon bisa mengeringkan kulit, jadi oleskan pelembap setelah menggunakan bahan ini.

  • Untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dan mencerahkan ketiak, gosokkan irisan lemon ke kulit selama beberapa menit. Biarkan sari lemon menempel di kulit sekitar 10 menit, lalu bilas sampai bersih. Untuk mengelupas kulit dengan lebih baik, Anda bisa menaburkan sedikit gula ke atas irisan lemon dan lakukan seperti di atas. Lakukan cara ini beberapa kali setiap minggu.
  • Alternatifnya, campurkan sedikit air perasan lemon dengan sedikit bubuk kunyit, madu, dan yogurt plain, kemudian oleskan ke bawah ketiak. Diamkan sampai sekitar 10 menit, lalu bilas sampai bersih. Ulangi cara memutihkan ketiak ini sebanyak 3 – 4 kali dalam seminggu.
Baca juga:  Inilah Perawatan Kulit yang Didasarkan pada Usia

Baking Soda

Baking soda bisa dimanfaatkan untuk membikin scrub pengelupas untuk mencerahkan ketiak hitam. Scrub baking soda berfungsi menyingkirkan sel-sel kulit mati, yang merupakan salah satu penyebab utama ketiak menghitam. Selain itu juga bagus untuk menghilangkan sumbatan pori-pori kulit ketiak.

  • Campurkan baking soda dengan air secukupnya untuk membuat salep kental.
  • Gosokkan salep ini sebagai scrub pengelupas sel-sel kulit mati di ketiak.
  • Setelah menggosokkanya, bilas sampai bersih dan keringkan secara menyeluruh.
  • Ulangi lakukan ini beberapa kali dalam seminggu.

Anda juga bisa mengoleskan sedikit campuran baking soda dan tepung jagung di ketiak untuk menetralkan bau badan.

Kulit Jeruk

Kulit jeruk juga merupakan bahan alami pemutih ketiak hitam, berkat kandungan pencerah kulit serta pengelupas yang ada di dalamnya.

  • Jemur beberapa kulit jeruk di bawah matahari selama beberapa hari sampai benar-benar kering.
  • Giling kulit jeruk kering sampai menjadi bubuk.
  • Campurkan 2 sendok teh bubuk kulit jeruk dengan air mawar dan susu secukupnya sampai membentuk salep kental.
  • Perlahan gosokkan ke ketiak lalu diamkan sekitar 10 – 15 menit.
  • Setelahnya bilas ketiak dengan air dingin sampai bersih.
  • Ulangi lakukan cara memutihkan ketiak secara alami ini sebanyak 2 – 3 kali seminggu.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah pilihan alami lain untuk mencerahkan ketiak Anda. Minyak ini mengandung vitamin E yang sanggup memutihkan ketiak hitam. Di waktu bersamaan, bahan ini juga berfungsi sebagai deodoran alami untuk mengatasi bau badan.

  • Pijat-pijat ketiak menggunakan minyak kelapa
  • Diamkan sekitar 10 – 15 menit
  • Bilas dengan sabun dan air hangat
  • Ulangi lakukan cara memutihkan ketiak hitam ini setiap hari sampai mendapat hasil bagus

Susu

Kandungan vitamin dan asam lemak di dalam susu bisa membantu mengurangi warna gelap di bawah ketiak. Susu akan menghaluskan kulit dan mencerahkan warna kulit ketiak.

  • Campurkan 2 sendok makan susu full fat, 1 – 2 sendok makan tepung, dan 1 sendok teh yogurt plain sampai membentuk salep kental. Oleskan salep ini ke bawah ketiak dan diamkan sekitar 15 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Ulangi lakukan ini beberapa kali dalam seminggu secara teratur.
  • Alternatifnya, celupkan tanaman rempah kuma-kuma ke dalam 2 sendok teh susu sekitar 15 – 20 menit. Boleh juga tambahkan sedikit madu. Oleskan campuran ini ke bawah ketiak dan diamkan sekitar 20 – 30 menit sebelum membilasnya. Lakukan cara memutihkan ketiak hitam ini sampai Anda puas dengan hasilnya.
Baca juga:  10 Cara Memerahkan Bibir secara Alami dan Tanpa Efek Samping

Cuka

Cuka juga merupakan bahan alami pemutih ketiak yang cukup bagus. Bukan hanya mampu membantu mencerahkan warna kulit, tetapi juga membunuh kuman dan bakteri yang tumbuh subur akibat sel-sel kulit mati sehingga menyebabkan bau badan menyengat.

  • Campurkan cuka dengan tepung beras secukupnya sampai membentuk salep kental.
  • Mandilah dengan air hangat lalu oleskan salep ini ke bawah ketiak.
  • Diamkan salep sampai mengering sekitar 10 – 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Lakukan cara memutihkan ketiak secara alami ini beberapa kali seminggu.

Pilihlah salah satu cara memutihkan ketiak secara alami di atas yang dirasa cocok dengan Anda, dan lakukan secara teratur sampai mendapatkan hasil yang diinginkan. Setelah berhasil mengatasi masalah ini, Anda bisa lebih percaya diri untuk mengenakan pakaian tanpa lengan atau berlengan pendek yang selama ini diidam-idamkan.

Akan tetapi, adakalanya penyebab ketiak hitam adalah masalah kesehatan yang dikenal sebagai acanthosis nigricans, yang sering dikaitkan dengan resistensi insulin, obesitas, kelainan hormonal, penggunaan obat tertentu, juga kanker. Jika kondisi ketiak hitam Anda disebabkan oleh masalah kesehatan, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk cara memutihkan ketiak yang tepat.

Advertisement
Alinesia