7 Cara Menghilangkan Stres di Tempat Kerja Anda

512

Diedit:

Kebanyakan orang menyalahkan profesi mereka sebagai sumber dari stres. Dan sering kali persaingan di kantor, atasan menyebalkan, serta beban pekerjaan yang terlampau besar malah memperburuk stres yang dialami. Pada artikel ini akan dibahas 7 cara menghilangkan stres dari tempat kerja Anda.

Manfaat Waktu Istirahat Sebaik Mungkin

Lakukan suatu hal menyenangkan yang dapat Anda nikmati. Misalnya, banyak orang merasa beban pikirannya berkurang pada saat berjalan kaki sebentar di luar ruangan. Di samping itu, menghabiskan waktu 15 menit untuk berjalan cepat sudah cukup membuat jantung berdetak lebih cepat dan tubuh pun jadi lebih sehat apabila hal ini dilakukan setiap hari.

Skip Acara Gosip

Anda tidak butuh beban pikiran tambahan dengan mendengarkan gosip-gosip terbaru. Malahan, relasi dengan rekan sekerja bisa berantakan gara-gara gosip tak bermutu. Kekhawatiran, kecemasan, dan stres pun bertambah karena takut kalau-kalau menjadi topik pembicaraan berikutnya sementara Anda tidak berada di tempat.

Terimalah Sesuatu yang Tidak Bisa Diubah

Walaupun kedengarannya mudah, hal ini bisa jadi tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak masalah yang tidak sanggup Anda ubah atau perbaiki, semaksimal apapun upaya yang diperbuat. Jika hal itu yang Anda alami, maka terimalah dengan lapang dada dan biarkan masalah tersebut berlalu dengan sendirinya. Namun apabila masalah tersebut dapat diperbaiki, bekerjalah untuk memperbaikinya.

Bersabarlah terhadap Orang Lain

Baik pelanggan ataupun rekan kerja, keduanya sama-sama berpotensi membuat Anda semakin stres. Untuk menenangkan kembali pikiran, tempatkan diri Anda dalam posisi mereka, mungkin saja mereka melakukan sesuatu yang buruk karena sedang tertekan sama seperti Anda atau mood-nya sedang buruk. Berfokuslah pada kelebihan mereka, bahkan pada hal yang kecil misalnya kecocokan warna baju mereka. Dengan begitu, Anda dapat menerapkan cara menghilangkan stres ini di lingkungan tempat kerja.

Baca juga:  Saat Anda Stress, 3 Hormon Inilah yang Pegang Kendali

Keluarkan Unek-Unek yang Terpendam

Adakalanya suatu situasi penyebab stres sama sekali tidak bisa diubah, mungkin pada saat inilah Anda butuh teman curhat. Carilah orang yang bisa dipercaya untuk menjaga rahasia dan siap menjadi pendengar yang baik. Namun pastikan dulu Anda sudah menenangkan diri sebelum menemui orang tersebut.

Bersenang-senanglah

Di manapun Anda berada, bersenang-senanglah jika waktunya tepat. Kembangkan selera humor yang baik dan buatlah diri Anda maupun orang lain tertawa lepas. Selain itu, Anda bisa mengajak teman sekantor—tentunya yang bisa diajak asyik—untuk bermain sedikit game dengan Anda di waktu istirahat.

Tinggalkan Masalahnya di Tempat Kerja

Ketika jam kerja berakhir, berkahir pula tugas-tugas Anda di hari itu. Pulang dan beristirahatlah dengan tenang agar tubuh dan pikiran dapat kembali disegarkan. Jika ada sesuatu apapun yang bikin stres di hari itu, simpan masalah tersebut untuk esok hari—jangan biarkan suasana rumah Anda jadi setegang di kantor.

Anda mungkin tidak akan pernah bisa menyingkirkan stres dari kehidupan, tapi dengan menerapkan cara menghilangkan stres diatas, Anda bisa mengurangi tekanan di tempat kerja seminimal mungkin. Sebenarnya tingkat stres sedikit-banyak dipengaruhi oleh sikap serta reaksi Anda dalam menanggapi berbagai situasi.

Advertisement
Alinesia