Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Cara Menghilangkan Bekas Jerawat rd.com

7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang 100% Alami

Siapa sih yang suka kalau di kulitnya ada bekas luka? Apalagi kalau bekas luka itu ada di wajah, gara-gara jerawat! Sejujurnya, kita mungkin merasa bahwa cara menghilangkan bekas jerawat lebih sulit daripada mengatasi jerawat itu sendiri.

Sebagaimana yang dijelaskan artikel: “10 Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami, Ampuh, dan Murah!”, ada cukup banyak bahan alami yang berkemampuan anti-inflamasiatau antibakteri untuk membantu kita menyingkirkan masalah jerawat. Tapi, adakah bahan alami yang dapat efektif memudarkan noda bekas jerawat?

Bahan-Bahan Alami Penghilang Bekas Jerawat

Diakui memang bahwa luka bekas jerawat tampaknya lebih bandel daripada jerawat karena susah dihilangkan. Tapi, bukan berarti mustahil untuk menghilangkan bekas jerawat. Sebab dengan upaya rutin menggunakan bahan-bahan alami yang tepat peruntukkannya, Anda bisa secara perlahan mencerahkan noda bekas jerawat hingga benar-benar terlihat mulus.

Ada beragam bahan natural yang bisa Anda aplikasikan pada luka bekas jerawat untuk mempercepat proses pemulihannya serta membantu menyamakan warnanya dengan warna kulit sekitar. Berikut adalah 7 bahan yang dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat.

1. Lemon

Lemon adalah bahan pemutih natural. Vitamin C di dalamnya membantu membentuk kembali kolagen kulit. Sewaktu Anda mengaplikasikan air perasan lemon ke bekas jerawat, maka warnaya menjadi lebih cerah secara perlahan.

Bukan hanya mampu mencerahkan bekas luka, air perasan lemon juga dapat membantu mengurangi kemerahan pada jerawat yang masih bengkak. Tapi ingatlah jangan langsung pergi ke area terbuka setelah mengoleskan air perasan lemon, karena ini membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

  • Peras 1 buah lemon segar dan oleskan air perasannya langsung ke bekas jerawat dengan ujung jari atau bola kapas. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air. Lakukan ini sekali sehari selama 2 – 3 minggu sampai Anda melihat hasil yang memuaskan. Anda juga boleh mencampur air perasan lemon dengan madu untuk membuatnya lebih efektif menghilangkan bekas jerawat.
  • Jika kulit Anda terlalu sensitif, larutkan dulu air perasan lemon dengan air mawar secukupnya, lalu oleskan ke luka jerawat.
  • Bisa juga campurkan 1 sendok teh air perasan lemon dengan 2 sendok teh minyak vitamin E, lalu oleskan ke bekas jerawat. Vitamin E sangat bagus untuk menghaluskan kulit karena mengandung banyak antioksidan.

2. Madu

Madu adalah bahan pelembab alami yang baik untuk membantu memudarkan bekas luka. Madu mengandung antibiotik dan anti-inflamasinatural juga beragam vitamin dan mineral yang akan menyembuhkan jerawat, menjaga kelembapan kulit, serta mencerahkan kulit di saat bersamaan.

  • Oleskan madu ke bekas jerawat dan diamkan semalaman. Cuci wajah di pagi harinya.
  • Campurkan 2 sendok makan madu dengan ¼ cangkir oatmeal. Oleskan campuran ini ke luka bekas jerawat. Diamkan selama 15 – 20 menit lalu bilas dengan air hangat.
  • Campurkan ½ sendok teh kayu manisbubuk dengan 1 sendok makan madu, lalu oleskan ke bekas jerawat. Diamkan 1 jam. Anda juga boleh mengoleskannya sebelum tidur dan membilasnya di pagi hari.

3. Lidah Buaya

Ini adalah herbal serba-guna yang bukan hanya sanggup menenangkan bengkak jerawat tapi juga membantu meregenerasi jaringan-jaringan kulit yang rusak serta mempercepat proses penyembuhan luka jerawat. Lebih baik Anda gunakan gel (daging) dari daun lidah buayasegar daripada menggunakan salep lidah buaya (aloe vera) yang dijual di toko.

  • Ambil 1 daun lidah buaya dan kupas kulitnya, lalu pisahkan bagian dagingnya yang berbentuk gel. Oleskan gel ini ke luka bekas jerawat. Diamkan sekitar ½ jam lalu bilas dengan air.
  • Oleskan gel lidah buaya 2 kali sehari selama beberapa hari untuk hasil maksimal. Bukan hanya bekas jerawat akan pudar tapi juga kulit akan tampak lebih cerah dan kencang.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitundikenal sebagai salah satu minyak yang ramah dengan kulit karena kaya akan vitamin (A, D, E, C, B1, dan B2), zat besi, serta antioksidan. Kemampuan anti-inflamasi minyak zaitunjuga turut memudarkan noda jerawat. Berikut adalah cara menghilangkan bekas jerawat dengan bantuan minyak zaitun.

  • Colek sedikit minyak zaitun dengan jari lalu pijat-pijat wajah dengannya. Utamakan area wajah yang memiliki bekas jerawat.
  • Pijat selama beberapa menit sampai Anda merasa seluruh minyak zaitun sudah terserap dalam kulit.
  • Ambil handuk bersih dan celupkan ke dalam air hangat.
  • Letakkan handuk hangat basah ini ke wajah untuk mendapatkan uap hangatnya.
  • Sekarang seka sisa-sisa minyak zaitun di wajah dengan handuk. Tapi jangan gosok.
  • Setelah 1 – 2 menit, cuci wajah dengan air biasa sampai bersih.

5. Baking Soda

Baking soda merupakan bahan penghilang bekas jerawat lain yang populer berkat kemampuannya menyingkirkan sel-sel kulit mati. Butiran kasar baking soda dicampur dengan air akan menghilangkan lapisan kulit mati dari wajah tanpa menimbulkan peradanganatau iritasi.

  • Ambil 2 sendok teh baking soda dan campur dengan sedikit air sampai membentuk salep.
  • Gunakan salep ini untuk memijat wajah secara perlahan, utamakan area yang ada bekas jerawatnya.
  • Setelah memijat 1 – 2 menit, diamkan wajah selama beberapa menit.
  • Sekarang bilas wajah dengan air hangat.
  • Oleskan wajah dengan bahan pelembab alami, misalnya minyak zaitun.
  • Ulangi langkah ini 1 – 2 kali seminggu.

6. Cuka Sari Apel

Cuka apelpunya banyak manfaat. Khasiat astringen dan disinfektan natural di dalamnya menjadikan cuka apelsebagai bahan antiseptik alami yang efektif. Juga mampu menyeimbangkan kadar pH kulit jika dioleskan. Dan akrena mengandung antibakteri serta anti-inflamasi, cuka apel juga bermanfaat menghilangkan jerawat.

Semua manfaatnya ini berkat kandungan beragam mineral, vitamin, asam karbol, keton, aldehid, asam amino, antioksidan, asam asetat, dan masih banyak lagi. Selain sebagai penyembuh jerawat, cuka apel juga bagus sebagai penghilang bekas jerawat karena sanggup mengelupas sel-sel kulit mati.

  • Campurkan cuka apel dan air dengan jumlah yang sama.
  • Celupkan bola kapas ke dalamnya.
  • Oleskan langsung ke bekas jerawat.
  • Diamkan selama 5 – 10 menit.
  • Bilas dengan air.
  • Ulangi sekali setiap hari.

7. Tomat

Tomat mengandung vitamin A dan karoten, yang bukan hanya memberikan warna merah tomat, tapi juga komponen antioksidan yang sanggup menyembuhkan jaringan kulit serta mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit sehat. Berikut cara menghilangkan bekas jerawat dengan tomat.

  • Ambil 1 buah tomat matang dan belah menjadi 2.
  • Gerus sampai menjadi bubur tomat.
  • Oleskan bubur tomat ini ke wajah dan biarkan selama 15 – 20 menit.
  • Cuci wajah dengan air.
  • Ulangi cara ini setiap hari selama 1 – 2 minggu.

Bahan-bahan penghilang bekas jerawat ini hanya disarankan untuk bekas jerawat yang ringan. Bila Anda memiliki bekas jerawat yang parah atau mengalami infeksi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit sebelum mencoba cara menghilangkan bekas jerawat secara alami.

Cegah Bekas Jerawat dengan Tips Praktis

Jika Anda sedang berusaha menghilangkan bekas jerawat, pastinya sudah tahu seberapa sulitnya untuk memudarkan noda tersebut. Sebenarnya Anda tidak perlu berjuang sekeras ini apabila sudah mencegahnya sejak awal. Jadi lain kali muncul jerawat di kulit, ingatlah 2 tips praktis berikut agar tidak timbul bekas luka jerawat yang membandel.

  • Jangan Sentuh Jerawat

    Jauhkan tangan Anda dari jerawat! Jangan sentuh, memainkan, atau memencet jerawat. Biarkan saja jerawat itu begitu saja saat Anda tidak sedang mengoleskan obat apa pun padanya. Dan apa pun yang Anda lakukan terhadap jerawat, lakukanlah dengan lembut dan perlahan.

    Sewaktu muncul jerawat, sebenarnya adalah peradanganhebat pada kulit wajah dan ada kolagen yang hilang. Kolagen adalah serat protein, salah satu pembentuk kulit yang memberikan kelenturan pada kulit. Jika Anda memencet atau meremas jerawat, itu menyebabkan peradangan dan luka menjadi lebih parah.

    Selain itu juga membuat bakteri serta nanah pada jerawat malah masuk jauh ke dalam kulit sehingga terjadi lebih banyak kehilangan kolagen. Itu berarti nantinya akan meninggalkan bekas luka yang lebih dalam di wajah Anda.

  • Lindungi Luka Jerawat dari Sinar Matahari

    Tubuh mampu menyembuhkan diri sendiri dan bekas luka akan menjadi lebih cerah secara bertahap. Tapi, kalau Anda membiarkan bekas luka terkena sinar matahari, maka proses penyembuhannya akan melambat dan warna lukanya menjadi lebih gelap.

    Jadi, sebisa mungkin lindungi bekas luka Anda dari cahaya matahari. Jika sedang keluar ruangan, gunakanlah tabir surya (sunscreen) untuk melindungi kulit. Dan tutupi diri Anda dengan topi, payung, pakaian tertutup—apa pun yang bisa Anda pakai.

Inilah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Semua bahan-bahan alami penghilang bekas jerawat di atas bagus dan bermanfaat, tapi ada beberapa yang mungkin lebih cocok dengan jenis kulit Anda.

Cobalah terapkan satu demi satu bahan-bahan tersebut sampai Anda menemukan mana yang paling efektif untuk menghilangkan bekas jerawat Anda. Bersabarlah dalam melakukan ini, karena memang butuh waktu, tapi hasilnya akan memuaskan. Setelah beberapa waktu, pada akhirnya Anda akan meraih kulit wajah yang mulus alami.

FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram

Log In or Register