6 Alasan Anda Sulit Menaikkan Berat Badan


By Cindy Wijaya

Kebanyakan orang memang mengeluhkan masalah berat badan mereka yang terus di atas angka normal. Betapa mereka kesulitan untuk menurunkan berat badan, meski sudah menempuh beragam cara. Tetapi beberapa orang lain justru seolah mendapatkan “keberuntungan” karena selalu dapat menjaga berat tubuhnya sebanyak apapun makanan yang diasupnya. Mereka seperti tidak akan pernah bisa menaikkan berat badan.

Apa sebenarnya fakta yang menjadi alasan sehingga beberapa orang bisa tetap kurus sebanyak apapun mereka makan? Apa penyebab mereka demikian sulit untuk menaikkan berat badan? Beberapa alasan berikut ini bisa menjadi jawabannya untuk Anda.

  • Kekurangan kalori

    Nilai sebuah makanan sebenarnya didasarkan pada besaran kalori yang terkandung di dalamnya. Semakin tinggi kandungan kalorinya, maka semakin besar nilai energi yang bisa dihasilkan. Kebutuhan manusia normal adalah kisaran 2000 kal, dengan asumsi aktivitas harian orang bersangkutan juga cenderung normal.

    Tetapi beberapa orang memiliki aktivitas yang lebih besar dari standar estimasi ini sehingga jelas membutuhkan lebih banyak kalori. Karena untuk bisa beraktivitas seseorang membutuhkan energi yang berasal dari pembakaran kalori ini. Beberapa orang bahkan bisa membutuhkan kalori hingga 5000 kal.

  • Asupan makanan rendah lemak

    Beberapa orang dengan keluhan kesulitan menaikkan berat badan, rupanya tidak menyadari jumlah asupan makanan yang dikonsumsinya tidak seimbang. Asupan makanannya lebih banyak berupa buah dan sayur, sedangkan makanan dengan kaya lemak, karbohidrat, dan glukosa justru kurang digemari. Kondisi ini akan membuat tubuh kekurangan asupan lemak dan akhirnya menjadi lebih terkesan kurus.

  • Pembakaran metabolisme berlebihan

    Anda terlalu aktif berolahraa, terlalu aktif, dan tidak bisa diam atau menjalankan pola makan khusus yang cenderung lebih mudah kurus. Itu tadi sejumlah kondisi yang bisa menyebabkan terjadinya metabolisme berlebihan.

    Untuk membentuk metabolisme dibutuhkan sejumlah senyawa penting kategori essensial untuk membantu pembakaran seperti glukosa dan kalori. Ketika tubuh mengalami metabolisme cepat, kalori dalam darah akan berkurang dan mempercepat proses penyerapan glukosa dan ragam kalori. Ini yang membuat Anda menjadi lebih cepat kurus.

  • Penurunan fungsi organ vital

    Beberapa kondisi ketika seseorang menandakan keadaan terlalu kurus, bisa jadi sebenarnya ada masalah dengan sistem vital mereka. Sistem vital berperan besar dalam menghantarkan darah menuju seluruh tubuh. Ketika terjadi kerusakan sistem vital seperti kondisi penurunan jantung atau penyakit dalam organ paru-paru.

    Setiap kondisi ini memiliki peran negatif dalam proses menghantarkan darah. Akibatnya aliran darahmenjadi tidak lancar, nutrisi berupa sari makanan tidak tersampaikan ke puncak-puncak sel sehingga tubuh bisa terkesan kurus dan sulit menaikkan berat badan

  • Masalah hormon tiroid

    Hormon tiroid berperan besar dalam membentuk keseimbangan metabolisme. Hormon tiroid merupakan sistem pusat hormonal yang akan mendorong produksi hormonal lain termasuk sistem yang memerintahkan pembakaran lemak dan glukosa dalam sel-sel.

    Dan ketika Anda mengalami kelebihan hormon tiroid atau hipertiroid, Bisa jadi Anda akan mengalami masalah serius dalam sistem hormonal Anda secara menyeluruh, sistem pembakaran lemak dan glukosa dalam tubuh yang akan terlalu aktif dan kondisi-kondisi yang turut berperan menyebabkan asupan makanan Anda lebih cepat terbakar habis oleh sistem mtabolisme Anda.

  • Masalah dengan hormon pertumbuhan

    Dalam sebuah riset yang dikembangkan di University of Maryland disampaikan terdapat kaitan erat antara hormon pertumbuhan dengan berat badan manusia. Hormon pertumbuhan takarannya sesuai dengan garis keturunan Anda, artinya pada pasien dengan keluarga bertubuh tinggi besar, maka besar kemungkinan pasien akan memiliki tubuh tinggi besar sebagaimana keluarga besarnya.

  • Masalah dengan pencernaan

    Beberapa kasus kesulitan kenaikan berat badan juga bisa disebabkan oleh masalah pada sistem lambung atau usus dalam tubuh. Ketika terjadi masalah dengan pencernaan, maka bisa jadi proses cerna dan penyerapan sari makanan tidak akan maksimal.

    Bila usus tidak mampu lagi menyerap dengan optimal kandungan nutrisi dalam makanan yang Anda asup, maka sebanyak apapun makanan Anda tidak semuanya berhasil diserap tubuh dan akhirnya terbuang percuma melalui kotoran. Inilah awal mula seseorang tetap kurus meski sudah memakan cukup banyak.

Itulah tadi beberapa alasan utama seseorang mengalami sulit menaikkan berat badan yang dalam dunia barat disebut dengan kondisi hard gainer. Adakah dari beberapa alasan di atas sesuai dengan kondisi Anda sendiri?

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}