5 Tips Supaya Rutin Memeriksa Kadar Gula Darah Terasa Tidak Berat


By Cindy Wijaya

Merasa sulit buat rutin mengecek kadar gula darah? Anda tidak sendirian. Banyak pasien diabetes yang menghadapi masalah ini karena beragam alasan. Mungkin Anda sulit mengingat jadwal rutin mengecek atau mungkin proses memantau gula darah ini tampak tidak ada gunanya. Atau bisa jadi Anda tidak menyukai hasil pemeriksaan gula darah.

Seorang pasien diabetes menyatakan bahwa alasan ia tidak rutin mengecek kadar gula darah ialah karena ia tidak perlu pengingat rutin seberapa sakit dirinya. Argumen yang cukup bisa diterima logika.

Namun dengan berkukuh pada pola pikir “lebih baik saya tidak tahu ketimbang khawatir”, seorang pasien diabetes tidak mungkin dapat mengendalikan kesehatannya sendiri dan mengusahakan hasil yang positif. 

Jadi, bagaimana agar Anda bisa termotivasi untuk tetap rutin memeriksa kadar gula darah? Inilah beberapa tipsnya:

  • Kenali apa penghalangnya. Jika Anda kerap menghindari alat glukometer, coba luangkan waktu untuk menulis di buku apa hambatannya. Tanyai diri sendiri: Apa yang menghentikan saya untuk rutin mengecek glukosa setiap hari? Di balik halaman itu, tulislah hasil positif apabila rutin mengecek.
  • Buatlah catatan harian. Menuliskan hasil tes gula darah, beserta informasi penting lainnya, bisa jadi cara yang bagus untuk mulai mengenali segi-segi apa saja dalam gaya hidup Anda yang dapat diperbaiki. Catatan-catatan yang dibuat disarankan mencakup tanggal, waktu, dan hasil tes; obat-obat yang diminum sebelum tes beserta dosisnya; jangka waktu antara jam makan dan waktu tes; apa yang dimakan; serta olahraga apapun yang dilakukan sebelum tes. Cobalah untuk menelurusi rincian ini secara berkala agar Anda bisa mengenali apa yang mesti disesuaikan.
  • Gunakan hasil tes glukosa sebagai alat pembelajaran. Jangan pandang hasil tes glukosa sebagai nilai harian antara lulus atau gagal. Manfaatkan hasil tes sebagai sarana belajar untuk membantu Anda melihat segi mana dari pola hidup yang mesti diubah.
  • Bersikaplah realistis. Perubahan tidak terjadi dalam semalam. Banyak orang bisa menjadi frustasi dan menyerah apabila mereka tidak segera mendapatkan perbaikan hasil tes. Tapi cobalah untuk lihat dari setiap sisi. Seberapa sering Anda melakukan tes? Jika jawabannya adalah sama sekali tidak sering, pilihlah satu hari setiap minggu untuk melakukan pengecekan dan tingkatkan waktu pengecekan secara berkala sampai memenuhi anjuran dokter sehubungan dengan intensitas pengecekan.
  • Dapatkan pengingat yang ramah. Punya kesulitan mengingat jadwal tes? Coba berbagai aplikasi pengingat (reminder) yang tersedia di smartphone dan pilih mana yang paling membantu Anda agar rutin memeriksa kadar gula darah.
Baca Juga:  Indeks Glikemik Untuk Mengatur Pola Makan Pasien Diabetes

Membuat komitmen untuk lebih rutin memeriksa kadar gula darah merupakan langkah pertama untuk menggapai tujuan pengendalian diabetes yang lebih baik. Mulailah dengan mengatasi penghalangnya dan Anda mungkin akan terkejut seberapa cepat perubahan positif yang dialami.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}