5 Tips Memutihkan Kulit dengan Cara Natural

445

Diedit:

Kebanyakan wanita Indonesia terobsesi untuk memiliki kulit wajah putih cerah. Bahkan tak jarang mereka bersedia mempertaruhkan kesehatan kulitnya dengan menggunakan beragam jenis perawatan kulit pemutih yang tidak terjamin keamanannya. Beberapa yang lain juga bersedia mengosongkan dompetnya demi membayar perawatan pemutih yang dibandrol dengan harga mengerikan.

Padahal untuk menjadi putih, Anda cukup menjalankan cara yang alami. Beberapa tips memutihkan kulit dengan cara natural akan kami ulas dalam kesempatan kali ini. Tentu saja segala sesuatu yang alami dan natural cenderung lebih aman, rendah risiko, dan juga tidak menguras kantung Anda.

Kami memang mencoba melihat masalah kecantikan sebagai salah satu bagian dari kesehatan. Pasalnya, meski perawatan kecantikan tampaknya hanya masalah penampilan dan estetika, tetapi efek dari perawatan kecantikan yang salah sering menimbulkan masalah kesehatan serius.

Beberapa produk pemutih yang tersebar di pasaran tak selalu memberi jaminan keamanan untuk konsumennya. Beberapa produk mengandung sejumlah bahan pemutih berbahaya seperti hydroquinone, mercury, dan masih banyak lagi.

Memang produk kecantikan semacam ini menjanjikan hasil putih yang cukup cepat, bahkan kadang sangat cepat. Ini jelas berbeda dengan tips memutihkan kulit dengan bahan natural yang akan memakan waktu lebih panjang untuk bisa putih sesuai keinginan. Bahkan beberapa tidak bisa memberikan hasil putih sebagaimana putih dengan bahan-bahan kimia berbahaya ini.

Namun, putih yang dihasilkan cara alami pastinya lebih alami dan terlihat sehat. Bagaimanapun Anda tetap butuh proses pigmentasi atau efek penghitaman kulit untuk melindungi kulit dari serangan sinar UV yang berbahaya. Sedangkan bahan-bahan kimia tadi bisa jadi justru merusak sistem pigmentasi, sehingga kulit menjadi pucat, sulit menggelap, dan memerah saat terkena sinar matahari. Akhirnya kulit menjadi rentan terserang kanker kulit yang mematikan.

Baca juga:  Inilah Rahasia Memutihkan Ketiak yang Hitam!

Tips Memutihkan Kulit secara Alami

Lalu bagaimana tips memutihkan kulit secara natural itu? Berikut ini beberapa di antaranya.

  • Rutin meminum air putih

    Kulit yang mengalami dehidrasi cenderung terlihat kusam dan akhirnya tampak menggelap. Sebaiknya pastikan Anda memperbanyak konsumsi air putih. Air putih juga baik sebagai detoksifikasi sehingga membantu regenerasi sel tetap baik dan meningkatkan kadar air dalam kulit sehingga kulit tetap lembab tanpa terlihat berminyak.

  • Lebih banyak makan buah dengan kandungan vitamin C, E, dan A

    Vitamin C penting untuk menjaga kualitas kolagen pada kulit yang membantu kulit tetap lembab dan menjamin proses regenerasi sel. Vitamin E penting untuk menjaga kualitas jaringan kulit dan mencegah pigmentasi tidak perlu karena efek oksidan dan penuaan, sedangkan vitamin A penting untuk menjaga perkembangan berlebihan dari kelenjar minyak di bawah kulit. Jadi konsumsilah buah segar dengan kadar vitamin C, E, dan A yang tinggi seperti papaya, beragam jenis berry, jeruk dan lain sebagainya.

  • Hindari penyebab oksidan

    Beberapa kasus kulit menggelap atau membentuk pigmen terjadi karena dalam tubuh terendap banyak oksidan yang meracuni tubuh dan menghambat proses regenerasi sel. Sel lama akhirnya tertimbun pada kulit dan menyebabkan noda menggelap pada wajah. Hindari rokok, alkohol, pemakaian make up berlebih, sinar UV berlebih, polusi udara, dan lain sebagainya untuk memaksimalkan proses pemutihan kulit.

  • Manfaatkan proses pengangkatan sel kulit alami secara alami

    Beberapa bahan seperti beras yang ditumbuk halus, yoghurt, garam laut alami memiliki sifat mengangkat sel kulit mati. Kadang penggelapan kulit terjadi karena kulit lama yang seharusnya sudah terangkat masih melekat pada wajah karena proses pengangkatan yang tidak sempurna. Lakukan setidaknya 1 minggu sekali perawatan pengangkatan sel kulit mati dengan menggosok kulit perlahan dengan masker beras tumbuk, madu dan perasan jeruk lemon, yoghurt dan madu atau garam laut yang dipadukan dengan lidah buaya atau bengkoang.

  • Manfaatkan herbal berbahan asam

    Beberapa fakta menunjukan bahan herbal dengan kadar asam memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan juga mengandung beberapa jenis senyawa asam yang baik untuk membantu meregenerasi kulit, memperbaiki struktur kulit, dan membantu mencerahkan kulit. Jadi beberapa terapi masker dengan tomat, air jeruk nipis, atau hasil fermentasi air beras akan membantu mencerahkan kulit bila Anda lakukan setidaknya 3 hari sekali. Hindari terapi berlebihan karena beberapa senyawa asam bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Baca juga:  Inilah Cara Memutihkan Wajah dengan Skin Care Vitamin C

Itu tadi 5 tips memutihkan kulit yang aman, bebas risiko, dan tidak menyebabkan peningkatan risiko kanker kulit. Cara alami ini akan memberikan Anda hasil maksimal jika dijalankan secara rutin dalam beberapa minggu. Jadi memang tidak ada hasil alami dan aman dengan cara yang instant.

Advertisement
Alinesia