5 Rahasia Diet Mayo dalam Menurunkan Berat Badan

560
Shutterstock

Diedit:

Sebuah lembaga kesehatan nirlaba yang sekaligus mengelola situs web health.usnews.com, melakukan ulasan untuk berbagai macam diet untuk setiap tahunnya. Di tahun 2017, lembaga ini melakukan ulasan untuk 38 macam diet populer dengan melibatkan sejumlah lembaga riset dan pakar nutrisi serta kesehatan.

Hasil ulasan dalam beberapa tahun ini menunjukan satu fakta menarik. Bahwa dalam 4 tahun berturut-turut diet mayo tak pernah turun dari peringkat 4 besar. Sejak pertama kali masuk dalam proses ulasan di tahun 2014, diet mayo selalu masuk dalam urutan 4 besar sebagai diet paling sehat di dunia.

Sebenarnya bagaimana fakta dan rahasia seputar diet mayo? Apa sebenarnya yang menjadikannya unggul dibandingkan diet lain? Apakah benar diet mayo aman dan sehat untuk dijalankan?

Saat ini diet mayo berada di bawah urutan diet DASH, diet mediterania dan diet MIND. Sedang dari sisi kemampuan penurunan berat badan, diet mayo sendiri hanya berada di urutan 12 untuk tahun 2017.

Rahasia Seputar Diet Mayo

Bersumber dari laman resmi health.usnews.com, diungkap alasan utama kenapa para pakar memandang diet mayo sebagai salah satu solusi diet sehat. Ini karena diet ini bekerja untuk melatih pola makan dan pola hidup sehat.

Sementara diet lain terkonsentrasi pada pengurangan dan perhitungan kadar kalori, diet mayo masih menetapkan kalori harian pada kadar normal yakni 1200 – 1500 kalori perhari. Kadar kalori yang sama yang dibutuhkan tubuh manusia dewasa sehari-hari.

Yang berbeda, diet ini fokus pada perubahan jenis menu. Menu diutamakan pada jenis makanan rendah kalori, rendah lemak, rendah gula, rendah garam, padat buah dan sayuran serta karbohidrat kompleks.

Diet mayo dalam panduannya yang diterbitkan oleh Mayo Clinic memberikan semacam piramida makanan yang menunjuk pada makanan yang bebas Anda konsumsi, makanan yang perlu Anda batasi dan makanan yang perlu Anda hindari dalam masa diet.

Proses diet sendiri terbagi dalam periode “lose it” selama 13 hari dan periode “live it” dalam beberapa pekan. Diet di periode satu fokus  untuk lebih memilih buah dan sayur, protein, karbohidrat kompleks dalam kadar terbatas, rendah lemak juga gula dan garam.

Sedang periode kedua akan memberi Anda lebih banyak kebebasan dalam menu dengan menambah porsi karbohidrat kompleks dan kesempatan terbatas dalam mengonsumsi produk daging-dagingan.

Dalam masa ini, setidaknya Anda diminta untuk menjalankan aktivitas olahraga 30 menit dalam satu hari. Sebisa mungkin adalah olahraga dengan efek pembakaran yang optimal, atau olahraga Anda perpanjang hingga 60 menit perhari.

Harapannya diet ini akan membantu menurunkan berat badan sekitar 3 -4 kilo dalam 2 pekan dan mungkin meneruskan sekitar ½ kilo untuk tiap pekan sampai diet Anda hentikan. Setelahnya, Anda masih bisa menjaga berat badan dengan mengelola pola makan dan gaya hidup sehat. 

Apa sebenarnya rahasia dari diet mayo sehingga diet ini dianggap sehat dan aman? Bagaimana diet ini bekerja menurunkan berat badan dengan efektif? Sejumlah pengungkapan dari everyday health menunjukan fakta seputar rahasia dari diet mayo.

  • Diet mayo menuntut Anda perhatian dengan makanan Anda

    Makan sembari bercengkerama dengan keluarga atau malah nonton acara TV favorit Anda, adalah salah satu bagian terlarang dari diet mayo. Karena pakar mayo clinic percaya makan di saat semacam ini membuat Anda tidak memperhatikan sebanyak apa Anda makan.

    Anda bisa makan tidak terkontrol dan makan apa saja yang Anda dihadapan Anda. Selain makan sembari tidak bergerak seperti menonton TV atau mungkin asik dengan group chat Anda akan membuat makanan Anda tersimpan begitu saja dalam tubuh Anda. Ini bukan pilihan untuk mendapatkan berat badan ideal. 

    Perhatikan pula menu Anda, bisa dikatakan Anda tidak diminta untuk mengurangi porsi makan bahkan tetap diberi kesempatan makan dalam kalori wajar 1500 kalori bila Anda butuhkan. Tetapi, bila sebelumnya Anda menghabiskan lebih dari 300 kalori untuk sebatang cokelat penuh lemak, kini Anda bisa makan beberapa buah apel dalam kalori yang sama, tetapi dengan manfaat lebih baik.

  • Makan makanan yang asli

    Memang tidak mungkin Anda makan makanan palsu, yang dimaksud di sini adalah makanan hasil olahan seperti junk food, makanan frozen dan makanan olahan siap makan seperti daging asap, abon, nugget dan sosis.

    Pastikan Anda memilih menu makanan segar yang Anda olah sendiri atau dipastikan diolah dalam keadaan segar. Makanan segar secara umum memiliki kalori lebih rendah, kadar karsinogen lebih minimal, dan tentu saja memiliki kadar nutrisi lebih lengkap dan sempurna.

    Di sini kemudian Anda juga disarankan mengurangi gula dan garam. Jangan khawatir soal rasa, karena sebenarnya Anda bukan diminta menghindari garam 100%, hanya mengurangi porsi garam dalam sajian. Jadi salah kalau Anda menemukan pandangan bahwa diet mayo bebas garam.

    Anda bisa menyempurnakan rasa hidangan dengan bumbu dan rempah. Di sini Anda bebas memasukan beragam jenis rempah untuk menambah rasa. Tentu selain menguatkan rasa, rempah-rempah segar sendiri memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

  • Coba hidup dengan bebas gula

    Selama ini kebanyakan orang mengenal diet mayo sebagai diet bebas garam, sebenarnya diet mayo justru lebih tepat disebut sebagai diet bebas gula. Pasalnya selama masa “lose it” Anda diminta sama sekali tidak mengonsumsi gula, kecuali bila Anda mengonsumsi buah.

    Gula dalam pandangan mayo clinic memberi efek negatif yang kuat pada tubuh. Dan untuk mengembalikan fungsi metabolisme serta membantu meningkatkan pembakaran atas cadangan lemak tubuh, Anda perlu memastikan tubuh tidak mendapatkan asupan gula mencukupi.

    Sementara mengurangi garam diharapkan membantu meregulasi kembali sirkulasi darah, menghindari gula lebih dari itu. Tetapi mengembalikan fungsi hati dan mengatasi resistensi sel terhadap insulin.

  • Penurunan berat badan bisa realistis

    Jangan percaya banyak klaim soal penurunan berat badan drastis hingga 8 kilogram karena diet mayo, bahkan mayo clinic sendiri mengatakan itu hanya rumor yang ditiupkan pelaku bisnis.

    Diet mayo dapat menurunkan berat badan antara 3 – 4,5 kilo sesuai dengan sebaik apa Anda melakukan perubahan pola makan dan menyeimbangkannya dengan olahraga.

    Alih-alih fokus pada sebanyak apa Anda ingin menurunkan berat badan, mayo clinic menyarankan Anda merencanakan bagaimana diet ini dilakukan dan menjadikan rencana ini sebagai target. Anda bukan bicara soal berapa kilo Anda akan turun, tetapi soal berapa jauh Anda akan berlari hari ini.

    Diet ini sendiri bukan fokus pada penurunan berat badan, tetapi perbaikan fungsi metabolisme tubuh secara general. Itu sebabnya sirkulasi darah, kadar glikemik dan fungsi liver banyak menjadi perhatian.

    Diet juga tidak menekankan pada pengurangan porsi makan atau penurunan kadar kalori. Anda tidak disarankan kelaparan, karena rasa lapar akan mendorong hormon ghrelin terproduksi, dan menstimulasi Anda menjadi makan sangat banyak.

    Anda justru bisa makan banyak, tetap merasa kenyang asal tidak makan dengan kalori berlebihan. Diet ini juga tidak membuat tubuh Anda kendur, karena padat protein, sayur dan buah jadi membantu massa otot Anda terjaga dan kulit Anda tetap kencang pasca diet.

  • Alihkan kebiasaan makan diluar dengan kegiatan fisik

    Makan di luar seperti restoran atau food court kadang menjadi pilihan menyenangkan untuk menghabiskan waktu luang. Tetapi coba alihkan menjadi kegiatan fisik yang lebih sehat, ini adalah pilihan yang disarankan oleh mayo clinic.

    Makan keluar bersama kerabat membuat Anda makan lebih banyak dan mungkin memilih menu yang kaya kalori dan lemak. Jadi jelas ide Anda untuk diet dan menurunkan berat badan Anda bisa gagal.

    Jadi coba lakukan reuni SMA Anda dengan aktivitas tracking atau jogging bersama ketimbang arisan dan kumpul di salah satu food court favorit. Ini lebih cocok untuk program diet mayo Anda.

Baca juga:  10 Penyakit Serius di Balik Problem Berat Badan Turun Tanpa Sebab

Adakah Catatan Buruk mengenai Diet Mayo?

Direkomendasikan oleh WebMD sebenarnya sudah memberi petunjuk bahwa diet ini relatif aman. Menurut Kathleen Zelman,MPH,RD salah satu direktur nutrisi WebMd, diet mayo memberi Anda tuntunan merubah gaya hidup lebih sehat dan pola makan lebih baik.

Ini bukan sekedar membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi bisa membantu Anda menghindar dari sejumlah penyakit degeneratif termasuk diabetes, jantung dan hipertensi.

Tetapi tentu saja tetap ada sisi bahaya diet mayo yang perlu menjadi catatan. Yang menjadi masalah, banyak orang melakukan diet ini dengan berlebihan. Menjadi terlalu bebas dari gula dan kekurangan garam bukan ide yang baik. Dan berlebihan atau terlalu panjang dengan periode diet mayo bisa merujuk pada kondisi kekurangan gula dan kekurangan garam.

Kekurangan gula memang memungkinkan Anda memperoleh alternatif energi dari lemak, tetapi tidak dalam jangka panjang. Sejumlah komponen sel dalam tubuh termasuk otak dan jantung hanya bisa bekerja dengan energi dari gula. Kekurangan gula dalam jangka panjang bisa merujuk pada kondisi yang serius.

Demikian pula ketika tubuh kekurangan garam. Kelebihan sodium memaksa volume darah meningkat dan memicu hipertensi. Tetapi kekurangan sodium juga berbahaya. Kekurangan sodium bisa memberi efek negatif pada kekuatan otot, fungsi saraf dan gangguan keseimbangan elektrolit tubuh.