5 Langkah Praktis dalam Menjaga Kesehatan!


By Fery Irawan

Tahukah Anda berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk memperoleh kesehatan yang lebih baik? Jika Anda berobat di puskesmas tentu tarif yang diberikan sangatlah murah! Tak bisa disangkal puskesmas telah menjadi fasilitas kesehatan favorit bagi keluarga-keluarga.

Sayangnya tidak demikian bagi mereka yang mengidap penyakit berat, seringkali mereka harus menjalani pengobatan di rumah sakit dengan biaya yang sangat mahal. Untuk mengurangi biaya kesehatan yang membumbung tinggi, Anda perlu mengadakan tindakan pencegahan berikut ini! Coba Anda perhatikan 5 langkah praktis dalam menjaga kesehatan!

Pertama—menggunakan air bersih! Air bersih seringkali digunakan untuk minum, memasak, mandi, mencuci pakaian dan masih banyak lagi. Namun sayangnya tidak semua orang dapat menikmati air bersih, apabila air bersih tersedia seringkali jumlahnya terbatas. Beruntung bagi Anda yang menggunakan jasa penyedia air bersih, karena Anda tak perlu khawatir soal ini.

Bagaimana jika kita menggunakan sumur—apakah kita bisa mengetahui tingkat kebersihan air yang akan digunakan? Cara terbaik adalah melakukan tes laboratorium dengan membawa contoh air yang ada. Ciri air bersih tidak berwarna, berasa dan beraroma.

Jika Anda menggunakan sumur sebagai sumber air, ada baiknya untuk memastikan kebersihan pada ember, tali, dan wadah penampungan air. Apa lagi langkah praktis dalam menjaga kesehatan yang bisa Anda lakukan?

Kedua—mencuci tangan, kebiasaan ini dapat membantu Anda terhindar dari masalah kesehatan yang dikarenakan oleh cacing (cacingan). Tahukah Anda bahwa cacing ini tidak hanya masuk melalui mulut? Cacing yang tak terlihat mata ini juga dapat masuk melalui kulit pada kaki Anda, jadi ada baiknya selalu menggunakan alas kaki sewaktu berada di toilet.

Mencuci tangan yang baik dapat dilakukan dengan menggunakan sabun, gosok setiap jari, telapak tangan dan punggung tangan. Jangan lupa untuk membersihkan setiap celah kuku Anda!

Baca Juga:  Bahaya Duduk Terlalu Lama yang Harus Anda Hindari

Ketiga—mencuci muka, mengapa penting? Selain dapat menyegarkan, membiasakan diri untuk mencuci muka dapat menghindari Anda dari infeksi mata dan kebutaan. Benarkah demikian? Ya, muka yang kotor akan memikat lalat sehingga kuman penyebab penyakit dapat bersarang di wajah Anda.

Mata yang sehat selalu tampak mengilap dan basah. Namun jika mata memerah, tampak kering tapi disertai dengan keluarnya cairan sebaiknya segaera menghubungi dokter.

Keempat—perhatikan makanan Anda! Kita semua tahu fungsi makanan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda. Ada baiknya untuk memasak bahan makanan hingga benar-benar matang, setelah itu makanlah sesegera mungkin sebelum terkontaminasi.

Jika Anda berencana untuk memakannya di lain waktu, simpanlah pada suhu yang panas atau dingin. Juga hangatkan selalu makanan yang hendak Anda makan untuk memastikan tidak ada kuman yang tertinggal. Selain itu, pastikan untuk selalu mencuci botol susu yang sering digunakan oleh buah hati Anda agar terhindar dari diare.

Kelima—buanglah sampah, ada baiknya untuk tidak membiarkan sampah rumah tangga menginap hingga esok hari. Membiarkan sampah berada di dalam rumah dapat mengundang tikus dan kecoak yang dapat menyebarkan penyakit.

Jika Anda menerapkan 5 langkah praktis dalam menjaga kesehatan, tentu ini akan menghemat pengeluaran bagi kesehatan Anda.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}