Blog Herbal No. 1 Indonesia

4 Minuman yang Efektif Menurunkan Berat Badan, Lebih Daripada Air Lemon!


By Cindy Wijaya

Katanya minum air lemon di pagi hari tepat sebelum Anda mulai beraktivitas akan membantu mengurangi lingkar pinggang, yang tentu saja berarti menurunkan berat badan. Tetapi sebenarnya ada jenis-jenis minuman lain yang juga baik untuk diet, bahkan bisa saja lebih efektif. Dalam artikel ini akan dijelaskan 4 minuman yang efektif menurunkan berat badan lebih daripada air lemon.

Sedikit mengupas tentang kebenaran di balik manfaat air lemon untuk diet, sebenarnya manfaatnya tidak terlalu besar. Mengutip informasi dari Healthline, air lemon memang punya banyak efek positif untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan hidrasi hingga meningkatkan rasa kenyang (yang berguna untuk diet). Namun semua manfaat tersebut berasal dari kandungan utamanya, yaitu air.

Air lemon memang mengandung beberapa zat gizi tambahan dari sari lemon, seperti vitamin C dan antioksidan, tetapi tambahan gizi ini tidak akan berpengaruh pada berat badan Anda. Selain itu, efek alkali dari sari lemon tidak memiliki efek yang jelas pada berat badan. Sehingga dapat dikatakan bahwa air lemon sebenarnya tidak begitu efektif untuk menurunkan berat badan.

4 Minuman yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang dalam program diet, jangan hanya mengandalkan air lemon. Ada beberapa jenis minuman lain yang dikatakan lebih efektif untuk mengurangi berat badan daripada air lemon. Berikut adalah 4 jenis minuman yang efektif menurunkan berat badan.

Kopi

Selama ini Anda mungkin menganggap kopi sebagai minuman wajib di pagi hari untuk pendorong semangat dan energi Anda sepanjang hari. Kini Anda juga bisa memandang kopi sebagai minuman yang efektif menurunkan berat badan.

Katakanlah kopi sebagai minuman energi alami, dan faktanya bahkan minuman energi juga mengandung kafein, meski dalam kadar yang termasuk berlebihan. Dan tentu saja 2 – 3 cangkir kopi hitam justru jauh lebih sehat dan aman dari minuman energi tadi.

Mengonsumsi secangkir kopi sebelum Anda melakukan aktivitas fisik seperti olahraga ternyata memberi Anda ketahanan fisik lebih baik dan lebih panjang. Menurut illinois.edu, setidaknya pengaruh kopi mencapai 20% terhadap produksi energi.

Tentu saja pilihan terbaik untuk sajian kopi adalah kopi hitam. Bilapun bagi Anda kopi pahit bukan selera Anda, tambahkan pemanis stevia dalam kadar cukup, mengingat stevia adalah pilihan terbaik untuk pemanis saat ini. Menambahkan susu, perasa, gula, atau bumbu-bumbu tertentu dalam kopi Anda kadang justru merusak atau menurunkan manfaat dari kopi itu sendiri.

Kopi Minuman yang Efektif Menurunkan Berat Badan
Kopi Hitam, Minuman untuk Mendukung Diet Anda (Credit Photo: yipengge – Getty Images)

Air Putih

Diyakini bahwa rahasia utama dari kemampuan air lemon terhadap penurunan berat badan sebenarnya bukan terletak pada kandungan lemon di dalamnya, tetapi pada kandungan airnya.

Air putih sendiri, tanpa rasa dan tanpa tambahan aroma, merupakan minuman yang efektif menurunkan berat badan. Dan air putih juga bekerja dalam sejumlah cara berbeda dalam memberi manfaat terhadap diet yang Anda jalankan. Tentu saja kembali air putih bukan sebuah minuman ajaib yang bekerja menurunkan berat badan, perannya tak lebih sebagai pendorong efektivitas diet dan latihan yang Anda jalankan.

Air putih terutama dalam suhu rendah membantu menurunkan suhu tubuh Anda. Sehingga meningkatkan kemampuan tubuh dalam melakukan aktivitas fisik, termasuk dikatakan segelas air putih dingin akan membantu tubuh siap membakar setidaknya 100 kalori kembali.

Air putih juga membantu mengisi kekosongan dalam perut Anda dalam masa diet. Meski cara ini dipandang tidak sehat karena sebenarnya tak cukup nutrisi dalam air putih, setidaknya ini bisa membantu Anda mengurangi jumlah kalori yang Anda makan karena membantu Anda merasa kenyang sedikit lebih lama.

Air putih juga bekerja sebagai detoksifikasi dengan memaksimalkan aliran urin yang menjadikan toksin dalam tubuh dengan lebih mudah terbuang keluar dari ginjal. Juga membantu melunakan feses sehingga melancarkan pembuangan. Dalam jangka panjang ini bermanfaat dalam membantu menjaga berat badan dalam kondisi ideal.

Mengonsumsi 10 gelas sehari Anda bisa mendapatkan bantuan cukup untuk mengurangi kadar kalori yang Anda konsumsi. Ini sudah cukup untuk membantu Anda menurunkan berat badan setidaknya dalam 2 bulan ke depan.

Teh Hijau

Teh hijau ternyata memiliki peran untuk membantu mendorong pembakaran lemak hati. Menurut Journal of the American College of Nutrition tahun 2010 dengan judul “Green tea supplementation affects body weight, lipids, and lipid peroxidation in obese subjects with metabolic syndrome” menunjukan bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau sebanyak 4 cangkir teh hijau tanpa gula dalam 2 bulan akan mengalami penurunan berat badan lebih optimal dibandingkan dengan air biasa.

Sedangkan menurut pandangan dalam European Journal of Clinical Nutrition tahun 2014 dengan judul “The anti-obesity effects of green tea in human intervention and basic molecular studies” dikatakan mereka yang terbiasa rutin mengonsumsi teh hijau sehari-hari akan cenderung memiliki lingkar perut lebih kecil.

Rahasia yang menjadikan teh hijau sebagai minuman yang efektif menurunkan berat badan adalah katekin dan polifenol, sejenis senyawa fitonutrien yang bekerja terhadap lemak hati.

Tetapi penting untuk Anda perhatikan bahwa sejumlah produk suplemen yang mengatasnamakan ekstraksi teh hijau tak selamanya sehat. FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS) menemukan adanya temuan sejumlah produk suplemen ekstraksi teh hijau yang memiliki efek samping kerusakan liver.

Noni Juice

Menurut riset yang diungkap dalam jurnal Food Chemistry pada tahun 2013 dengan judul “Beneficial effects of noni (Morinda citrifolia L.) juice on livers of high-fat dietary hamsters” mengungkapkan bahwa subjek percobaan yang telah mendapatkan asupan lemak tinggi akan mengalami pengaruh positif dalam menurunkan kadar lemak hatinya setelah mendapatkan terapi ekstraksi Noni juice.

Diduga kandungan polifenol dalam Noni juice dan sejumlah komponen fitonutrien yang terkandung di dalamnya memiliki manfaat dalam meningkatkan metabolisme dan mendorong pembakaran lemak cadangan oleh hati.

Noni juice juga dipercaya dapat bekerja sebagai pendorong metabolisme dan sekaligus membantu proses penurunan berat badan. Imbangi dengan diet yang berimbang rendah kalori serta olahraga teratur, maka Noni juice akan menjadi pendorong penurun berat badan yang sangat baik.

Noni Juice, Minuman Diet Lebih Efektif daripada Air Lemon (Credit Photo: Bigbubblebee99 – Shuterstock)

Kesimpulan tentang Minuman yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Kalau selama ini Anda mengira air lemon baik untuk menurunkan berat badan dan lingkar pinggang Anda, maka 4 jenis minuman di atas dapat bekerja lebih efektif lagi untuk diet Anda.

Minuman tersebut adalah kopi, air putih, teh hijau, dan Noni juice. Anda juga bisa minum lebih dari satu jenis minuman yang efektif tersebut, asalkan tidak sampai berlebihan.

Dengan mengonsumsinya dengan cara dan dosis yang tepat, imbangi dengan pola makan rendah kalori dan olahraga teratur, Anda bisa mendapatkan kembali berat badan ideal dengan cara yang sehat dan aman.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang 4 jenis minuman yang efektif menurunkan berat badan lebih daripada air lemon. Temukan juga informasi-informasi menarik lain seputar solusi kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Prevention. 3 Drinks That Are More Effective Than Lemon Water For Helping You Lose Weight. https://www.prevention.com/food-nutrition/a20500561/3-drinks-for-weight-loss/

Healthline. Does Lemon Water Help You Lose Weight?. https://www.healthline.com/nutrition/lemon-water-for-weight-loss#TOC_TITLE_HDR_7

Lin, Y. L., Chang, Y. Y., Yang, D. J., Tzang, B. S., & Chen, Y. C. (2013). Beneficial effects of noni (Morinda citrifolia L.) juice on livers of high-fat dietary hamsters. Food chemistry, 140(1-2), 31–38. https://doi.org/10.1016/j.foodchem.2013.02.035

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}