4 Minuman Ini Lebih Efektif dari Air Lemon dalam Menurunkan Berat Badan


By Cindy Wijaya

Anda mungkin pernah mendengar bahwa mengonsumsi air perasan lemon di pagi hari tepat sebelum Anda mulai beraktivitas akan membantu Anda mengurangi lingkar pinggang dan tentu saja berarti menurunkan berat badan.

Benarkah air lemon baik untuk penurunan berat badan?

Dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition tahun 2008 dengan tajuk Lemon Polyphenols Suppress Diet-induced Obesity by Up-Regulation of mRNA Levels of the Enzymes Involved in β-Oxidation in Mouse White Adipose Tissue dijelaskan bahwa kandungan polifenol dalam jeruk lemon memiliki efek terhadap pembakaran lemak hati. Dalam skala terbatas ini membantu menurunkan kandungan lemak di sekitaran perut dan membantu menurunkan lingkar perut.

Sejumlah kandungan mineral dan senyawa fitonutrien dalam lemon juga bekerja dalam fungsi pencernaan dan membantu melancarkan pembuangan. Ini akan memberi manfaat signifikan pada mereka yang memiliki masalah sembelit. Mengingat sejumlah kasus sembelit juga berkaitan dengan masalah perut buncit.

Tetapi sebenarnya, kemampuan lemon dalam membantu menurunkan berat badan tak benar-benar signifikan. Karena pengaruhnya terhadap masalah berat badan tak cukup besar untuk membantu Anda mencapai berat badan ideal. Peran air lemon cenderung sebagai booster atau membantu meningkatkan manfaat dari pola diet yang sudah Anda jalankan sebelumnya.

Artinya, Anda tidak bisa mengharapkan hasil optimal dengan hanya mengonsumsi air lemon setiap pagi begitu saja tanpa diiringi dengan aktivitas olahraga dan perubahan pola makan yang berorientasi pada konsep rendah kalori.

4 Minuman yang Lebih Baik untuk Penurunan Berat Badan

Menurut sumber womenshealthmag.com , setidaknya ada 4  jenis minuman yang juga dapat berperan membantu dalam proses penurunan berat badan. Bahkan dikatakan memiliki efektifitas lebih baik dari produk air lemon. Apa saja jenis minuman tersebut?

  • Kopi

    Bila selama ini Anda mengenal kopi sebagai minuman wajib Anda di pagi hari yang siap menjadi salah satu pendorong semangat dan energi Anda sepanjang hari, maka kini Anda bisa pula memandang kopi dapat membantu menurunkan berat badan.

    Katakanlah, kopi sebagai minuman energi alami, dan faktanya bahkan minuman energi juga mengandung kafein, meski dalam kadar yang termasuk berlebihan. Dan tentu saja 2 – 3 cangkir kopi hitam justru jauh lebih sehat dan aman dari minuman energi tadi.

    Mengonsumsi secangkir kopi sebelum Anda melakukan aktivitas fisik seperti olahraga ternyata memberi Anda ketahanan fisik lebih baik dan panjang. Menurut illinois.edu, setidaknya pengaruh kopi mencapai 20% terhadap produksi energi.

    Tentu saja pilihan terbaik untuk sajian kopi adalah kopi hitam. Bilapun bagi Anda kopi pahit bukan selera Anda, tambahkan pemanis stevia dalam kadar cukup, mengingat stevia adalah pilihan terbaik untuk pemanis saat ini. Menambahkan susu,perasa, gula atau bumbu-bumbu tertentu dalam kopi Anda kadang jsutru merusak atau menurunkan manfaat dari kopi itu sendiri.

  • Air putih

    Dalam sejumlh pandangan mengenai air lemon, diyakini bahwa rahasia utama dari kemampuan air lemon terhadap penurunan berat badan sebenarnya bukan terletak pada kandungan lemon di dalamnya, tetapi pada air putih.

    Air putih sendiri, tanpa rasa dan tanpa tambahan aroma memiliki manfaat terhadap penurunan berat badan. Dan air putih juga bekerja dalam sejumlah cara berbeda dalam memberi manfaat terhadap diet yang Anda jalankan. Tentu saja kembali air putih bukan sebuah minuman ajaib yang bekerja menurunkan berat badan, perannya tak lebih sebagai pendorong efektifitas diet dan latihan yang Anda jalankan.

    Air putih terutama dalam suhu rendah membantu menurunkan suhu tubuh Anda. Sehingga meningkatkan kemampuan tubuh dalam melakukan aktivitas fisik, termasuk dikatakan segelas air putih dingin akan membantu tubuh siap membakar setidaknya 100 kalori kembali.

    Air putih juga membantu mengisi kekosongan dalam perut Anda dalam masa diet. Meski cara ini dipandang tidak sehat karena sebenarnya tak cukup nutrisi dalam air putih, setidaknya ini bisa membantu Anda mengurangi jumlah kalori yang Anda makan karena membantu Anda merasa kenyang sedikit lebih lama.

    Air putih juga bekerja sebagai detoksifikasi dengan memaksimalkan aliran urin yang menjadikan toksin dalam tubuh dengan lebih mudah terbuang keluar dari ginjal. Juga membantu melunakan feses sehingga melancarkan pembuangan. Dalam jangka panjang ini bermanfaat dalam membantu menjaga berat badan dalam kondisi ideal. Sejumlah manfaat mengenai air putih bisa Anda lihat dalam health.harvard.edu.  

    Dikatakan dengan mengonsumsi 10 gelas sehari Anda bisa mendapatkan bantuan cukup untuk mengurangi kadar kalori yang Anda konsumsi.  Ini sudah cukup untuk membantu Anda menurunkan berat badan setidaknya dalam 2 bulan kedepan.

  • Teh hijau

    Teh hijau ternyata memiliki peran untuk membantu mendorong pembakaran lemak hati. Menurut Journal of the American College of Nutrition, tahun 2010 dengan tajuk Green tea supplementation affects body weight, lipids, and lipid peroxidation in obese subjects with metabolic syndrome menunjukan bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau sebanyak 4 cangkir teh hijau tanpa gula dalam 2 bulan akan mengalami penurunan berat badan lebih optimal dibandingkan dengan air biasa.

    Sedang menurut pandangan dalam European Journal of Clinical Nutrition tahun 2014 dengan judul jurnal The anti-obesity effects of green tea in human intervention and basic molecular studies dikatakan mereka yang terbiasa rutin mengonsumsi teh hijau sehari-hari akan cenderung memiliki lingkar perut lebih kecil.

    Rahasia yang menjadikan teh hijau bermanfaat untuk masalah obesitas adalah katekin dan polifenol, sejenis senyawa fitonutrien yang bekerja terhadap lemak hati. Tetapi penting untuk Anda perhatikan bahwa sejumlah produk suplemen yang mengatasnamakan ekstraksi teh hijau tak selamanya sehat. FDA menemukan adanya temuan sejumlah produk suplemen ekstraksi teh hijau yang memiliki efek samping kerusakan liver.

  • Noni Juice

    Menurut riset yang diungkap dalam researchgate.net dengan tajuk Beneficial effects of noni (Morinda citrifolia L.) juice on livers of high-fat dietary hamsters pada tahun 2014 mengungkapkan bahwa tikus hamster yang telah mendapatkan asupan lemak tinggi akan mengalami pengaruh positif dalam menurunkan kadar lemak hatinya setelah mendapatkan terapi serum ekstraksi dari noni juice.

    Diduga kandungan polifenol dalam noni juice dan sejumlah komponen fitonutrien yang terkandung di dalamnya memiliki manfaat dalam meningkatkan metabolisme dan mendorong pembakaran lemak cadangan oleh hati.

    Dalam livestrong.com, juga dijelaskan bahwa noni juice bekerja sebagai pendorong metabolisme dan sekaligus membantu proses penurunan berat badan. Imbangi dengan diet yang berimbang rendah kalori serta olahraga teratur, maka noni juice akan menjadi pendorong penurun berat badan yang sangat efektif.

Kalau selama ini Anda mengira air lemon memang bekerja efektif menurunkan berat badan dan lingkar pinggang Anda, maka 4 jenis minuman di atas terbukti klinis bekerja lebih dari efektif. Anda bahkan bisa memadukan beberapa jenis minuman sekaligus bila diperlukan selama tentu saja dengan kadar moderat.

Tentu saja mengonsumsinya dengan cara dan dosis yang tepat, imbangi dengan pola makan rendah kalori dan olahraga teratur, Anda bisa mendapatkan kembali berat badan ideal dengan cara yang sehat dan aman. 

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}