3 Langkah Aktif Agar Tetap Sehat!


By Fery Irawan

Pepatah mengatakan ‘diam adalah emas’, ini biasanya berlaku dalam hubungan sosial. Tapi untuk urusan kesehatan, Anda tak bisa tinggal diam. Pernahkah Anda melihat seorang wanita atau pria yang berusia 75 tahun namun tetap terlihat cerah dan memesona? Tahukah Anda apa rahasia dibalik kekuatan mereka, walau telah memasuki usia senja? Cobalah untuk memerhatikan 3 langkah aktif agar tetap sehat, berikut ini!

Pertama, Anda dapat melakukan senam aerobik setiap 2 hingga 3 kali seminggu. Gerak badan ringan ini dapat diselingi dengan latihan beban yang dapat menguatkan tulang, meregangkan otot, dan bermanfaat bagi tangan dan kaki Anda.

Senam aerobik juga menguatkan paru-paru dan jantung yang jarang dilatih, pernapasan Anda tentu akan berfungsi lebih baik begitu pula dengan aliran darah ataupun detak jantung. Gerak badan seperti ini murah dan mudah dilakukan dimanapun Anda berada.

Kedua, upayakan untuk berjalan kaki ketempat-tempat yang tidak jauh dari rumah Anda. Jika pasar atau kantor Anda hanya beberapa kilometer dari lokasi rumah tak salah untuk berjalan santai saat berangkat dan pulang. Selain menyehatkan, hal ini juga dapat menghemat biaya pengeluaran yang bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Anda juga dapat mengajak anak dan anggota keluarga lainnya untuk menemani selama berjalan. Sebenarnya aktivitas berjalan kaki akan lebih menyenangkan jika Anda mengunjungi museum, kebun binatang, atau kebun raya yang penuh tanaman.

Laporan sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Southern California mengatakan bahwa berjalan selama 15 menit setiap harinya dapat menenangkan dan memicu endorfin (senyawa kimia) yang dapat meringankan rasa sakit, merangsang terciptanya relaksasi, dan menghasilkan rasa tenang.

Tahukah Anda bahwa berjalan kaki juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan? Tapi seberapa besar keefektifannya? Menurut laporan, kalori Anda akan terbakar hingga 30% jika berjalan kaki dengan kecepatan 12 menit hingga 8 menit perkilometer.

Baca Juga:  Tahukah Anda Apa Saja Jenis Kuman Penyebab Penyakit?

Semakin cepat Anda sampai, semakin banyak juga kalori yang terbakar! Misalnya, menambah kecepatan dari 9 menit hingga 7 menit perkilometer akan membakar 50% kalori tubuh Anda—inilah yang juga dilakukan para atlet agar tetap bugar.

Ketiga, gunakan metode lama yaitu bersepeda. Tahukah Anda berapa banyak kalori yang terbakar saat bersepeda? Menurut sebuah surat kabar The Guardian, sekitar 7 kalori permenit hingga 200 kalori setiap 30 menit terbakar dengan bersepeda pada kecepatan sedang. Efeknya akan jelas terlihat pada pinggang dan paha yang tampak semakin menawan.

Kegiatan yang menyehatkan ini juga tidak akan menimbulkan polusi. Bersepeda tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan jika dilakukan secara berkelompok. Sebagai pengingat, pastikan untuk membawa cukup banyak air mineral sebagai pengganti cairan yang hilang melalui keringat atau urin. Untuk tetap sehat tidak harus mahal, Anda dapat mengikuti 3 langkah praktis di atas.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}