22 Pilihan Buah untuk Penderita Diabetes

603

Diedit:

Menjadi pengidap diabetes memang membuat Anda harus merombak ulang seluruh pola makan Anda sehari-hari. Terutama bila Anda adalah pengidap diabetes tipe 2 dimana kebanyakan kasus justru disebabkan oleh kesalahan pola makan menahun yang Anda jalankan selama ini. Ada beberapa asupan yang perlu Anda hilangkan, kendalikan atau batasi dan beberapa justru perlu Anda tambahkan.

Salah satu yang mendapat cukup perhatian adalah buah. Beberapa justru menjadi rekomendasi buah untuk penderita diabetes. Buah merupakan solusi aman untuk Anda membantu menekan rasa lapar tanpa meningkatkan banyak kadar glikemik tubuh Anda. Ini karena kebanyakan kasus diabetes memaksa Anda mengurangi asupan karbohidrat karena karbo sendiri merupakan salah satu bahan pembentuk glukosa dalam darah.

Tetapi tentu saja penting untuk Anda memperhatikan kriteria khusus dari jenis buah untuk penderita diabetes . Karena kesalahan dalam memilih jenis buah bisa berakibat fatal bahkan bisa meningkatkan kadar gula Anda dengan drastis.

Apa Saja Kriteria Pilihan Buah untuk Penderita Diabetes?

Untuk menentukan apa saja jenis buah yang memenuhi standar kesehatan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, berikut ini adalah beberapa kriteria khusus yang perlu Anda pahami dalam memilih buah untuk penderita diabetes.

Perhatikan indeks glikemiknya

Setiap jenis buah memiliki kadar karbohidrat, serat, unsur gula dan ragam bagian lain yang mempengaruhi kadar glukosa darah seseorang yang mengkonsumsinya. Pilihlah buah dengan indeks glikemik rendah, biasanya jenis buah dengan rendah kalori, namun dengan kadar anti oksidan dan serat yang tinggi, kaya vitamin dan mineral dan sudah tentu mengandung jenis karbohidrat rendah serta bahan pemanis yang sulit diubah menjadi glukosa seperti fruktosa.

Perhatikan khasiat senyawanya

Pada buah untuk penderita diabetes, perlu ada beberapa jenis senyawa khusus untuk membantu mengurangi keluhan diabetes seperti memaksimalkan fungsi pankreas, menekan pembentukan glukosa darah, meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, meningkatkan daya serap sel terhadap glukosa, memaksimalkan pembuangan glukosa dan tentu saja efektif untuk menekan efek samping diabetes terhadap sel-sel tubuh.

Pilihan Buah untuk Penderita Diabetes

Lalu buah apa sajakah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes? Berikut ini adalah 22 pilihan diantaranya.

Berry

Segala jenis berry, termasuk blueberry, raspberry, strawberry dan lain sebagainya merupakan salah satu buah terbaik untuk Anda dengan keluhan diabetes. Buah ini memiliki indeks glikemik rendah, bebas lemak, bebas pati dan kaya akan vitamin C, B, A dan E, potasium, magnesium, mangan serta zat besi. Berry juga mengandung sejumlah senyawa fitonutrien seperti flavonoid yang baik untuk meningkatkan metabolisme dan antosianin yang penting untuk menekan kadar glukosa darah. Kandungan Antosianin di dalamnya juga membantu memperbaiki kerusakan sel pada pankreas.

Apel

Buah satu ini dikenal dengan kadar seratnya yang tinggi sehingga menekan pembentukan glukosa darah, memiliki senyawa peptin dengan sel berpori yang akan membantu mengangkat kelebihan kolesterol dan glukosa darah untuk dikeluarkan melalui pembuangan. Dalam Apel juga ditemukan asam galacturonic yang membantu memaksimalkan efektifitas insulin hingga 35%.

Baca juga:  Faktor Penurun Resiko Diabetes Keturunan

Jeruk bali

Buah yang dikenal di barat dengan nama grapefruit ini memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari vitamin jeruk. Jeruk bali berwarna jingga mengandung betakaroten yang membantu menekan kerusakan mata karena efek diabetes, mengandung flavonoid dan polifenol yang membantu memaksimalkan penyerapan sel akan glukosa dan menekan pembentukan glukosa darah dari pati. Senyawa naringerin membantu memaksimalkan fungsi insulin.

Jeruk

Buah satu ini sebenarnya memiliki kandungan nutrisi dan senyawa fitonutrien yang tak berbeda dari jeruk bali. Hanya saja kekayaan naringerin di dalamnya tidak sekaya jeruk bali, demikian pula dengan kadar betakarotennya.

Aprikot

Buah satu ini memang tak mudah dijumpai di Indonesia. Tetapi rasa manis segarnya membantu Anda mengganti kebutuhan gula Anda dengan jenis fruktosa yang lebih rendah indeks glikemiknya. Kadar polifenolnya yang tinggi membantu menjaga keremajaan sel dan menekan kerusakan sel akibat diabetes, termasuk membantu sel tubuh meningkatkan daya serapnya terhadap glukosa.

Peach

Buah yang mudah Anda temukan di kawasan Asia tengah dan Asia timur ini mengandung banyak serat,vitamin C dan E , beragam mineral dan beberapa senyawa penting seperti asam fenolik, antosianin, quercetin, asam clorogenik yang terbukti membantu memaksimalkan penyerapan sel terhadap glukosa, meningkatkan efisiensi insulin dan membantu menekan pembentukan glukosa dari pati.

Plum

Buah satu ini sekilas mengingatkan Anda dengan apel dengan kulit berwarna merah tua yang berarti juga mengandung banyak antosianin dan flavonoid pada kulitnya. Kekayaan fenol dalam daging buahnya memberi efek baik dalam menekan kadar gula dalam darah dengan meningkatkan daya serap sel. Terpenes dalam buah plum memberi bantuan untuk pankreas memperbaiki kerusakan sel di dalamnya.

Pear

Buah satu ini dikenal akan kadar potasiumnya yang tinggi sehingga membantu memperbaiki komposisi darah dan membantu menyingkirkan kelebihan glukosa dalam darah. Fenol di dalamnya cukup untuk membantu meningkatkan daya serap sel terhadap glukosa.

Anggur

Buah anggur ungu dan merah mengandung antosianin yang cukup tinggi, sedang anggur hijau mengandung banyak polifenol. Keduanya dikenal memiliki manfaat baik dalam menekan kadar glukosa darah dan meningkatkan metabolisme yang baik untuk meningkatkan kebutuhan sel akan glukosa sebagai bahan baku energi.

Mangga

Buah tropis satu ini dikenal memiliki indeks glikemik rendah, mengandung serat dan vitamin C yang baik untuk menekan pembentukan glukosa darah dan kaya akan sejumlah senyawa antioksidan seperti betakaroten dan polifenol yang penting untuk mencegah kerusakan sel karena diabetes,mencegah masalah pada mata dan membantu meningkatkan efisiensi insulin.

Kiwi

Dalam diabetes.org, buah dengan rasa asam khasnya ini dikatakan memiliki kolerasi baik terhadap kadar gula darah. Kiwi mengandung inositol sejenis fitonutrien yang berperan bersama polifenol dalam menekan komposisi glukosa darah dengan meningkatkan fungsi insulin.

Baca juga:  10 Tips saat Memulai Terapi Insulin untuk Pengobatan Diabetes

Pepaya

Kekuatan utama dari pepaya adalah kandungan betakarotennya yang efektif mencegah kerusakan mata karena diabetes, menekan pembentukan glukosa darah dan membantu membuangnya melalui pembuangan berkat kandungan papain dan seratnya yang tinggi.

Jambu biji

Jambu biji dikenal mengandung banyak vitamin C sehingga baik dalam membantu menyerap glukosa darah untuk dibuang melalui pembuangan, memiliki kadar flavonoid dan fenol yang juga memiliki khasiat baik terhadap hiperglikemik, seperti memaksimalkan daya serap sel terhadap glukosa dalam darah.

Nangka

Siapa yang sangka, meski buah ini mengandung karbohidrat relatif tinggi, tetapi memiliki senyawa unik karsitol yang terbukti menekan efek resistensi tubuh terhadap insulin dan mendorong sel meningkatkan daya serapnya terhadap glukosa.

Nanas

Buah satu ini memiliki kandungan unik bernama bromelain dan proxeronin yang membantu proses penyerapan glukosa darah oleh sel, meningkatkan sensitifitas sel terhadap sinyal insulin dan membantu memperbaiki sel-sel pankreas. Kandungan seratnya sangat tinggi sehingga baik untuk melancarkan pencernaan sekaligus membuang kelebihan glukosa.

Cerry

Buah satu ini biasa disajikan dalam bentuk manisan, untuk itu penting Anda cari cerry segar atau cerry kering bebas gula. Karena sebenarnya dalam cerry tersimpan potasium, likopein, serat, asam galacturonik, polifenol dan antosianin yang berperan besar dalam menekan kadar glukosa darah.

Tomat

Buah yang kerap dimanfaatkan sebagai sayuran ini mengandung likopein yang sangat tinggi, vitamin C, A, betakaroten, potasium dan flavonoid yang sangat kaya. Kandungannya ini membantu memperbaiki kerusakan sel pankreas dan sel-sel tubuh lain termasuk mata karena diabetes, meningkatkan metabolisme sehingga meningkatkan kebutuhan sel akan glukosa.

Buah naga

Buah cantik dengan bentuk kulit bersisik merah ini merupakan salah satu buah dengan kandungan senyawa antioksidan terlengkap seperti flavonoid, antosianin, licopein, potasium, tokoferol, polifenol, fenol dan masih banyak lagi. Ini membuatnya menjadi salah satu pilihan terbaik sebagai buah untuk penderita diabetes.

Alpukat

Buah satu ini memang dikenal mengandung banyak lemak nabati dan sejumlah zat pati. Namun di sini terkandung nilai serat yang tinggi sehingga menekan pembentukan glukosa dari pati dengan tetap memberi efek mengenyangkan. Alpukat sangat cocok sebagai buah untuk penderita diabetes juga karena kandungan sitosterol yang menekan kadar kolesterol dalam darah yang kerap berkolerasi dengan kadar glukosa darah.

Melon

Buah satu ini dikenal memiliki kandungan kalium atau potasium yang tinggi. Potasium ternyata tak hanya penting untuk menurunkan tekanan darah tetapi juga membantu mengurangi kondisi resistensi sel terhadap insulin. Sejumlah kandungan fenol di dalamnya juga membantu menekan glukosa darah.

Semangka

Buah satu ini merupakan salah satu buah dengan indeks glikemik rendah. Kaya serat dan rendah kalori. Kekayaan antioksidan di dalamnya cukup lengkap seperti betakaroten, lutein, cyptoxanthin dan zeaxanthin yang memiliki peran baik terhadap perbaikan fungsi pankreas dan pencegahan kerusakan sel terutama mata akibat diabetes.

Buah Noni

Buah yang dikenal dengan aroma dan rasa khasnya ini terbukti mampu membantu penyembuhan diabetes sebesar 82% dari 5575 sampel pasien diabetes berdasar riset oleh Dr Neil Solomon dengan melibatkan 1227 pakar kesehatan. Buah ini sendiri terbukti mengandung sejumlah senyawa penting seperti serat, potasium, vitamin C, polifenol, scolopetin, terpenoid, damnachantal, flavonoid dan xeronin. Ini membuat noni efektif membantu penanganan diabetes dari hulu ke hilir, mulai dari membantu mengatasi efek resistensi sel terhadap insulin, melebarkan pembuluh darah dan mengembalikan kelancaran aliran darah, meningkatkan metabolisme sehingga meningkatkan daya serap sel terhadap glukosa dan membantu mencegah kerusakan sel akibat diabetes.

Ada begitu banyak buah untuk penderita diabetes, tidak hanya karena memiliki indeksi glikemik rendah dan berkalori rendah, tetapi juga bermanfaat tinggi untuk membantu proses penyembuhan diabetes. Dari antara 22 buah diatas, salah satu pilihan yang terbaik adalah buah noni. Buah ini seringkali dikonsumsi dalam bentuk sari buah atau biasa dikenal sebagai Noni Juice. Formula ini cenderung lebih aman dan efektif untuk mempercepat pemulihan diabetes.