Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Karbohidrat untuk Diabetes Karbohidrat untuk Diabetes 123rf

18 Jenis Karbohidrat untuk Diabetes yang Terbaik—Bagian 3

Kami telah mengupas beberapa alternatif sumber karbohidrat terbaik yang bisa dikonsumsi oleh pengidap diabetes pada ulasan kami di artikel "18 Jenis Karbohidrat untuk Diabetes yang Terbaik—Bagian 2". Kebanyakan jenis sumber karbohidrat tersebut adalah jenis sereal, beras, biji-bijian dan umbi-umbian.

Sebenarnya, selain beberapa jenis asupan karbohidrat tersebut Anda juga bisa menemukan alternatif lain untuk mendapatkan asupan karbohidrat. Sejumlah jenis buah juga bisa menjadi sumber alternatif untuk mendapatkan asupan karbohidrat dengan aman dan sehat bagi pengidap diabetes.

Ini karena kebanyakan buah menyimpan komponen serat yang relatif lebih tinggi. meski kebanyakan mengandung gula, tetapi dengan hadirnya serat membuat gula dalam buah dalam dikurangi efek sampingnya.

Selain itu buah kebanyakan mengandung komponen vitamin, mineral dan unsur fitokimia anti oksidan yang membuatnya lebih dari sekedar karbohidrat biasa. Beberapa bahkan dengan jelas terbukti mengandung sejumlah anti oksidan yang dapat membantu mengendalikan kadar gula dalam darah.

Apa saja buah yang dapat menjadi alternatif untuk Anda mendapatkan asupan karbohidrat untuk diabetes yang terbaik? Berikut beberapa di antaranya.

Apel

Dalam healthline, dijelaskan bagaimana apel memberi manfaat pada pasien diabetes. Tentu saja mengingat kadar GI pada apel sangat rendah, mencapai kisaran 37. Tetapi peran apel pada pasien diabetes sebenarnya bukan hanya itu.

Meski tergolong buah, apel mengandung kadar karbohidrat yang cukup tinggi. kadar karbohidratnya mencapai kisaran 25 gram dengan sebagian di antaranya berupa fruktosa, atau jenis gula buah yang tidak secara langsung mempengaruhi komposisi glukosa darah.

Kadar seratnya relatif tinggi dengan komposisi pati yang tak lebih dari 7 gram perbuahnya. Bukan kadar yang besar untuk perlu Anda khawatirkan. Itu sebabnya mengonsumsi apel secara rutin, dan mengonsumsi apel untuk menutupi porsi nasi yang Anda kurangi di waktu makan akan membantu Anda menurunkan kadar gula darah dengan cepat.

Pisang

Bicara soal jenis buah yang paling mengenyangkan dan paling kaya akan pati, maka tentu saja pisang akan selalu masuk dalam urutan awal. Dalam satu buah pisang berukuran sedang, terdapat kandungan karbohidrat sekitar 30 gram dengan kadar kalori mencapai 110 kal.

Pisang menurut MedicalNewsToday juga disebutkan kaya akan nutrisi mulai dari vitamin B, C dan sejumlah mineral terutama potasium atau kalium. Sejumlah riset membuktikan kadar kalium dalam pisang termasuk paling tinggi dari jenis buah lain.

Itulah kemudian dikatakan pisang bisa menjadi terapi hipertensi mengingat kalium memiliki manfaat mengendalikan tekanan darah yang naik berlebihan. Kalium sendiri juga terbukti memberi manfaat untuk pemeliharaan kesehatan jantung.

Selain itu, kandungan serat dari pisang relatif tinggi hingga 3 gram. Terbukti bahwa mereka dengan kasus diabetes dan rutin mengonsumsi makanan kaya serat akan menunjukan progress positif terhadap stabilitas kadar gula dalam darahnya.

Alpukat

Menurut sumber MedicalNewsToday, kadar karbohidrat dalam alpukat relatif rendah, bahkan lebih rendah dari apel. Kadarnya hanya 17 gram perbuah dibawah komposisi karbohidrat pada apel yang mencapai 25 gram.

Dengan kadar karbohidrat yang relatif rendah semacam ini, jelas Anda tak perlu terlalu khawatir dengan asupan alpukat. Buah satu ini memberi efek kenyang karena kada lemaknya yang tinggi. Itu sebabnya kadar kalori perbuahnya relatif lebih tinggi, mencapai kisaran 300 kal perbuah.

Namun, kadar lemak dalam alpukat merupakan jenis lemak tak jenuh yang aman untuk tubuh. Kadar lipid di dalamnya sangat tinggi untuk meningkatkan komposisi HDL kolesterol.

Semakin tinggi rasio HDL kolesterol dalam tubuh, semakin baik tubuh Anda menghindar dari resiko serangan jantung. Sementara mereka dengan diabetes memiliki resiko sangat tinggi mengalami keluhan jantung.

Labu

Di Indonesia labu tak terlalu populer digunakan untuk pengganti makanan pokok. Kebanyakan hanya diolah sebagai camilan termasuk untuk bahan baku kolak. Sayang sekali, mengingat dengan cara-cara demikian akan banyak gula yang ditambahkan membuat labu kehilangan manfaatnya untuk penderita diabetes.

Ini karena pada dasarnya labu cukup baik menjadi pilihan asupan penderita diabetes. Komponen karbohidratnya yang bebas gluten dengan kadar serat yang tinggi dan komposisi vitamin, mineral serat kandungan antioksidan flavonoid dan betakarotennya sangat baik untuk tubuh.

Menurut LIVESTRONG.COM, dalam satu porsi labu terkandung kisaran 12 gram karbohidrat. Kadar yang relatif aman untuk penderita diabetes. Kadar GI dari labu hanya kisaran 30 dan itu menunjukan labu juga tidak memberi efek negatif pada kadar gula darah.

Dan bukan hanya itu, dalam labu terutama jenis labu merah atau labu jingga ditemukan komponen trigonelline dan nicotinic acid, yang memberi manfaat meningkatkan sensitivitas insulin juga membantu melancarkan sirkulasi darah. Karena itu, labu merupakan salah satu pilihan karbohidrat untuk diabetes terbaik.

Kurma

Kurma adalah salah satu pilihan buah unik yang banyak dimanfaatkan sebagai pengganjal perut atau penahan lapar. Buah ini mudah dibawa dengan ukurannya yang kecil, di masa lalu para traveler menyimpan kurma kering dalam tas mereka untuk menahan lapar selama perjalanan.

Tetapi apakah kurma aman untuk diabetes? Sementara buah ini dikenal memiliki rasa manis yang cukup kuat. Apakah mengonsumsi kurma dapat mempengaruhi kadar glukosa dalam darah?

Menurut LIVESTRONG.COM, kurma dan jenis kismis lainnya sebenarnya sama sekali tidak dilarang untuk dikonsumsi mereka dengan diabetes. Meski manis, rasa manis yang dihasilkan sendiri kebanyakan berasal dari fruktosa.

Fruktosa tidak banyak mempengaruhi kadar gula darah. Apalagi dalam kurma juga ditemukan kadar serat yang sangat tinggi pada kisaran 8 gram per 100 gramnya. Di antaranya adalah jenis oligosakarida yang memiliki manfaat ganda dalam membantu menghambat penyerapan glukosa oleh usus. Oligosakarida juga memberi efek membantu normalisasi enzim termasuk fungsi enzim dalam kinerja liver.

Menurut LIVESTRONG.COM, dalam 1 cup kurma terkandung 415 kal energi dan 110 karbohidrat. Hanya saja kebanyakan orang tidak akan mengonsumsi kurma dalam jumlah relatif banyak seperti ini, karena kurma cenderung sangat cepat mengenyangkan.

Sedang dalam 1 butir kurma hanya terdapat 23 kalori. Ini menunjukan kurma relatif aman mengingat kebanyakan orang hanya akan mengonsumsi 2 - 3 butir kurma sekali makan. Yang perlu menjadi perhatian kurma termasuk jenis  buah dengan kandungan nutrisi yang paling lengkap.

Jadi dengan hanya 3 butir kurma sebanyak 69 kalori Anda sudah memenuhi kebutuhan energi dan sejumlah kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Mulai dari vitamin A, C, D, dan beberapa jenis vitamin B, juga sejumlah jenis mineral seperti zat besi, kalsium dan magnesium.

Sukun

Sukun berbeda dengan jenis bahan karbohidrat tradisional lain di Indonesia. Sukun adalah jenis buah dari tanaman jenis dikotil berukuran besar. Tetapi yang menarik sukun sudah lama dimanfaatkan sebagai asupan alternatif bagi penderita diabetes.

Natural Food Benefits menjelaskan bahwa komposisi serat dalam sukun sangat tinggi dan membantu memperlambat proses penyerapan gula dan kolesterol. Komponen HDL kolesterol dalam sukun juga relatif tinggi.

Ini berkat kandungan asam lemak omega 3 dan 6 yang membantu meningkatkan kadar kolesterol dalam makanan. Dan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh, termasuk pada penderita diabetes.

Kadar vitamin B yang tinggi akan membantu meredakan keluhan lelah, penurunan metabolisme dan masalah kebugaran. Sedang kadar vitamin C yang relatif tinggi akan membantu asupan  nutrisi terbaik.

Jadi, kalau selama ini Anda kira Anda hanya bisa mengganti nasi dengan sereal dan umbi-umbian, kini Anda tau lebih baik bahwa beberapa jenis buah juga bisa Anda jadikan sumber asupan karbohidrat untuk diabetes terbaik. Bahkan juga sangat aman untuk dikonsumsi oleh Anda dengan keluhan diabetes.

FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram

Log In or Register