Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Sumber Vitamin untuk Wanita Sumber Vitamin untuk Wanita Shutterstock

10 Vitamin Penting untuk Menunjang Kesehatan Wanita

Wanita zaman sekarang umumnya lebih sadar dengan kesehatan dan lebih condong mengikuti pola makan sehat. Pola makan sehat haruslah menyertakan kombinasi vitamin yang tepat. Wanita dari kelompok usia, berat badan, dan tingkat aktivitas mana pun membutuhkan aneka ragam asupan vitamin agar bisa menikmati kesehatan yang optimal serta terhindar dari berbagai masalah kesehatan wanita.

Vitamin adalah senyawa organik yang membantu bagian-bagian tubuh berbeda untuk berfungsi dengan benar. Setiap vitamin memiliki fungsi spesifiknya masing-masing. Kekurangan vitamin dapat menimbulkan beragam penyakit serius. Inilah sebabnya Anda perlu mendapatkan asupan vitamin dari makanan yang dikonsumsi atau, kalau dibutuhkan, dari suplemen vitamin. Berikut adalah 10 vitamin untuk wanita.

Vitamin A

Vitamin A mengandung antioksidan. Setiap wanita membutuhkan vitamin A untuk membantu membentuk dan menguatkan tulang, gigi, jaringan lunak, kulit, dan selaput mukus. Vitamin A juga mengurangi risiko dari penyakit kronis, mempertajam penglihatan, memperlambat proses penuaan, juga mengoptimalkan sistem kekebalan.

Sumber vitamin A antara lain: wortel, blewah, labu, aprikot, tomat, semangka, jambu biji, brokoli, kale, pepaya, pir, paprika merah, bayam, telur, hati, juga susu dan sereal yang diperkaya vitamin A.

Vitamin B2

Vitamin B2, juga dikenal sebagai riboflavin, penting bagi kesehatan wanita karena membantu pertumbuhan dan metabolisme normal. Vitamin ini juga meningkatkan energi serta menguatkan sistem kekebalan, sekaligus membantu meredakan keluhan semacam kesemutan dan kebas, gelisah, stres, serta kelelahan.

Kekurangan vitamin B2 dapat memengaruhi metabolisme, sistem kekebalan, juga fungsi-fungsi saraf yang bisa menyebabkan gejala mata dan lidah pucat, sakit tenggorokan, bisul di mulut, bibir pecah-pecah, rambut kering, keriput, serta kulit gatal.

Sumber vitamin B2 antara lain: daging jeroan, keju, susu, yogurt, sayuran daun, ragi, telur, sereal, biji-bijian, kedelai, kacang almond, kacang-kacangan, dan jamur.

Vitamin B6

Vitamin B6, juga dikenal sebagai piridoksin, adalah vitamin untuk wanita yang dibutuhkan demi menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini juga membantu tubuh menciptakan hormon-hormon dan zat-zat kimia otak, yang pada akhirnya membantu mengatasi depresi, penyakit jantung, serta masalah daya ingat.

Vitamin ini juga membantu mengendalikan kadar gula darah. Wanita hamil bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 untuk mengatasi mual-muntah di pagi hari. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan anemia.

Sumber vitamin B6 antara lain: sereal yang diperkaya vitamin B6, alpukat, pisang, daging-dagingan, kacang-kacangan, ikan, oatmeal, biji-bijan, dan buah-buahan kering yang diperkaya vitamin B6.

Vitamin B7

Vitamin B7, juga disebut biotin, diperlukan untuk pertumbuhan sel dan sintesis dari asam-asam lemak. Vitamin ini menjaga agar kelenjar keringat, rambut, dan kulit tetap sehat. Bahkan juga mendorong pertumbuhan rambut serta membantu mengatasi kerapuhan pada kuku. Vitamin B7 juga dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan sumsum tulang, serta menjaga kadar kolesterolnormal.

Walaupun jarang terjadi masalah kekurangan vitamin B7, tetapi jika terjadi itu akan menyebabkan masalah rambut rapuh, ruam (bintik-bintik merah) di kulit, fungsi jantung yang tidak normal, kelesuan, anemia, dan depresiringan.

Sumber vitamin B7 antara lain: ikan, ubi jalar, kacang almond, wortel, pisang, blewah, buah-buahan berwarna kuning, sayuran berdaun hijau, kacang lentil, beras merah, paprika, kuning telur, kacang kedelai, oatmeal, susu, keju, yogurt, dan kacang-kacangan.

Vitamin B9

Vitamin B9, juga disebut asam folat, penting untuk kesehatan wanita segala umur karena membantu mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, Alzheimer, depresi, kanker, juga masalah daya ingat. Asam folat juga meningkatkan kesehatan otak, fungsi sel, dan memperbaiki kesuburan serta perkembangan janin selama masa kehamilan.

Kekurangan vitamin B9 atau asam folat pada masa kehamilan bisa menyebabkan cacat tabung saraf pada bayi, misalnya spina bifida.

Sumber vitamin B9 antara lain: sayuran berdaun hijau gelap, jus jeruk, asparagus, melon, stroberi, biji-bijian yang diperkaya vitamin B9, kacang polong, kacang-kacangan, ragi bernutrisi, dan telur.

Vitamin B12

Vitamin untuk wanita yang selanjutnya ialah B12, yang penting untuk metabolisme, pembelahan sel normal, dan sintesis protein. Vitamin ini membantu mencegah gangguan jantung, masalah daya ingat, serta anemia.

Vitamin ini juga digunakan untuk mengatasi depresi dan membantu mempertahankan kesehatan sistem saraf juga fungsi otak. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan seseorang jadi gampang tersinggung, depresi, dan kebingungan. Juga dapat menimbulkan peradanganpada lidah dan mulut.

Sumber vitamin B12 antara lain: keju, telur, ikan, daging, susu, yogurt, dan sereal yang diperkaya vitamin B12.

Vitamin C

Vitamin C, dikenal juga sebagai penguat kekebalan tubuh, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan wanita. Sanggup membantu mempercepat proses penyembuhan, merangsang pertumbuhan jaringan, dan mengurangi risiko dari beberapa jenis kanker, penyakit jantung, serta kerusakan jaringan. Vitamin C juga berperan vital dalam pembentukan sel-sel darah merah.

Sumber vitamin C antara lain: brokoli, limau gedang, kiwi, jeruk, paprika, kentang, stroberi, tauge, dan tomat.

Vitamin D

Vitamin D adalah vitamin larut dalam lemak yang mendorong penyerapan kalsium, yang berperan vital dalam menjaga kekuatan tulang. Vitamin ini juga menekan risiko penyakit multiple sklerosis, artritis rematoid, juga beragam jenis kanker.

Juga sanggup membantu meredakan gejala-gejala para menstruasi (PMS) dan melindungi kesehatan penglihatan Anda. Kekurangan vitamin D dapat melemahkan tulang dan memicu osteoporosis.

Anda bisa mendapatkan vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari sebentar setiap hari. Sebagian besar orang dengan kulit cerah, berjemur 10 – 15 menit sudah cukup bagi tubuh untuk memproduksi vitamin D yang mencukupi. Sedangkan yang kulitnya gelap, mungkin butu waktu sedikit lebih lama. Sumber vitamin D lainnnya adalah ikan berlemak, susu, hati, dan telur yang diperkaya vitamin D.

Vitamin E

Vitamin E memiliki kandungan-kandungan anti-penuaan yang mengatasi kerusakan sel serta memperlambat perubahan-perubahan pada tubuh terkait penuaan. Vitamin ini juga membantu mencegah gangguan jantung, katarak, masalah daya ingat, serta beberapa jenis kanker.

Disamping itu, Vitamin E juga penting bagi kulit dan rambut. Sering kali vitamin ini termasuk dalam komposisi produk-produk perawatan rambut maupun kulit.

Sumber vitamin E antara lain: bayam, margarin, kacang almond, minyak jagung, minyak ikan cod, selai kacang asli, minyak safflower, dan biji bunga matahari.

Vitamin K

Vitamin K berperan penting dalam menguatkan tulang, menjaga proses pembekuan darah normal, dan mengurangi risiko berbagai penyakit jantung. Vitamin ini juga diperlukan untuk fungsi kekebalan dan energi.

Sumber vitamin K antara lain: makanan dari gandum utuh, sayuran berdaun hijau, minyak kedelai, dan minyak ikan.

Semua ini adalah jenis-jenis vitamin untuk wanita, dalam arti mereka dibutuhkan untuk menjaga kesehatan wanita tetap optimal. Untuk meringkaskan, Anda bisa membiasakan diri mengonsumsi 5 porsi buah dan sayuran setiap hari untuk mendapatkan seluruh vitamin di atas.

Kalau Anda khawatir tidak sanggup memenuhi kecukupan vitamin hanya dengan mengandalkan sumber makanan, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin. Akan tetapi disarankan untuk konsultasi dulu dengan dokter sebelum mulai mengonsumsi suplemen vitamin apa pun.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register