10 Potensi Manfaat Evening Primrose Oil dan Cara Penggunaannya


By Cindy Wijaya

Evening primrose oil (EPO) terbuat dari biji bunga tanaman evening primrose yang berasal dari Amerika Utara. Tanaman tersebut telah sejak lama digunakan secara tradisional untuk mengobati memar, wasir, masalah pencernaan, dan sakit tenggorokan.

Manfaat evening primrose oil bagi kesehatan terutama berkat kandungan asam gamma-linolenic (GLA) yang dimilikinya.GLA merupakan sejenis asam lemak omega-6 yang terdapat pada minyak tanaman.

Pada umumnya EPO diminum sebagai suplemen atau dioleskan di permukaan kulit. Bacalah artikel ini untuk mengetahui bagaimana EPO dapat membantu Anda mengatasi berbagai masalah kesehatan yang umum terjadi sekarang ini.

Membersihkan Jerawat

Kandungan GLA pada EPO diyakini sanggup mengobati jerawat dengan cara mengurangi peradangan kulit dan mengurangi jumlah sel-sel kulit yang menyebabkan luka jerawat. Juga dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit.

Berdasarkan penelitian tahun 2014, EPO dapat meringankan cheilitis, yaitu masalah kesehatan yang menyebabkan peradangan serta rasa sakit di bibir yang disebabkan oleh penggunaan obat jerawat isotretinoin.

Penelitian lain juga mendapati bahwa suplemen GLA mengurangi luka jerawat yang meradang maupun yang tidak.

Cara menggunakan: Partisipan yang terlibat dalam penelitian cheilitis menerima 6 kapsul EPO (450 mg) sebanyak 3 kali setiap hari selama 8 minggu.

Meredakan Eksem

Beberapa negara telah mengizinkan penggunaan EPO untuk mengobati eksem, yang adalah sejenis masalah peradangan pada kulit.

Berdasarkan sebuah penelitian lama, kandungan GLA pada EPO mampu memperbaiki lapisan epidermis kulit. Akan tetapi, sebuah ulasan sistematik tahun 2013 menyimpulkan bahwa konsumsi EPO secara oral tidak mengurangi eksem dan bukanlah pengobatan yang efektif. Namun ulasan tersebut tidak meneliti keefektifan penggunaan EPO yang dioles untuk eksem.

Cara menggunakan: Dalam beberapa penelitian, 1 dari 4 kapsul EPO diminum 2 kali sehari selama 12 minggu. Untuk penggunaan sebagai obat oles, Anda bisa mengoleskan 1 ml dari EPO 20 persen ke permukaan kulit sebanyak 2 kali sehari selama 4 bulan.

Memperbaiki Kesehatan Kulit

Menurutkan penelitian tahun 2005, terdapat khasiat evening primrose oil yang diminum secara oral untuk menghaluskan kulit dan memperbaiki kelenturan, kelembapan, kekencangan, serta ketahanannya terhadap lelah.

Dari penelitian itu didapati bahwa kandugnan GLA diperlukan untuk menjaga struktur dan fungsi kulit yang sehat. Karean kulit tidak dapat memproduksi GLA sendiri, para peneliti yakin bahwa mengonsumsi EPO yang kaya akan GLA akan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Cara menggunakan: Minumlah 500 mg kapsul EPO sebanyak 3 kali sehari selama 12 minggu.

Meredam Gejala-Gejala PMS

Sebuah penelitian lama menunjukkan manfaat evening primrose oil untuk mengatasi gejala-gejala pra menstruasi (PMS) seperti depresi, gampang emosi, dan perut kembung. Para peneliti menduga bahwa beberapa wanita mengalami PMS karena mereka sensitif terhadap kadar prolaktin dalam tubuh mereka.

Di dalam tubuh, GLA diubah menjadi zat prostaglandin E1 yang diyakini berperan membantu mencegah prolaktin untuk memicu gejala-gejala PMS.

Berdasarkan penelitian tahun 2010, suplemen yang mengandung vitamin B6, vitamin E, dan EPO efektif dalam meredakan gejala-gejala PMS. Meski begitu, masih belum jelas bagaimana peran EPO karena ulasan sistematik di tahun 2009 tidak berhasil membuktikan khasiat evening primrose oil untuk PMS.

Cara menggunakan: Untuk PMS, minumlah 6 – 12 kapsul (500 – 6000 mg) sebanyak 1 – 4 kali sehari selama maksimal 10 bulan. Mulailah dengan dosis terkecil dulu dan secara bertahap perbanyak dosis sesuai yang dibutuhkan untuk mengatasi PMS.

Meringankan Nyeri Payudara

Jika Anda mengalami nyeri payudara yang cukup parah selama menstruasi sehingga mengganggu kehidupan, cobalah konsumsi EPO.

Menurut penelitian tahun 2010, kandungan GLA dalam EPO dianggap sangup mengurangi peradangan serta membantu menghambat prostaglandin yang menyebabkan nyeri payudara sewaktu menstruasi. Penelitian ini mendapati bahwa konsumsi EPO harian atau kombinasi EPO dan vitamin E selama 6 bulan akan mengurangi keparahan nyeri payudara pada menstruasi.

Cara menggunakan: Minumlah 1 – 3 gram atau 2.4 ml EPO setiap hari selama 6 bulan. Bisa juga tambahkan vitamin E 1200 mg selama 6 bulan tersebut.

Mengurangi Hot Flash

Terdapat khasiat evening primrose oil untuk mengurangi keparahan hot flash, yang adalah salah satu efek samping menopause yang paling tidak menyenangkan.

Menurut ulasan literatur di tahun 2010, tidak ada cukup bukti bahwa obat atau suplemen yang dijual bebas seperti EPO dapat membantu mengatasi hot flash.

Akan tetapi, penelitian yang lebih baru mendapatkan kesimpulan berbeda. Penelitian tersebut menemukan bahwa wanita yang setiap hari mengonsumsi 500 mg EPO selama 6 minggu mengalami hot flash yang lebih sedikit, singkat, dan ringan.

Cara menggunakan: Minumlah 500 mg EPO 2 kali sehari selama 6 minggu.

Menurunkan Darah Tinggi

Ada sejumlah bukti mengenai manfaat evening primrose oil untuk menurunkan darah tinggi, tetapi masih dibutuhkan lebih banyak penelitian.

Berdasarkan penelitian tahun 2013, EPO mampu menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 4 persen. Para peneliti menyebut perbaikan tersebut sebagai “perbadaan yang bermakna secara klinis.”

Ulasan sistemik di tahun 2011 menyimpulkan bahwa tidak ada cukup bukti untuk memastikan apakah EPO memang sanggup mengurangi risiko darah tinggi selama kehamilan atau preeklampsia, suatu kondisi yang menyebabkan tekanan darah tinggi berbahaya selama dan setelah kehamilan.

Cara menggunakan: Minumlah dosis standar 500 mg EPO 2 kali sehari jika diizinkan dokter. Jangan minum bersama dengan suplemen atau obat lain yang dapat menurunkan tekanan darah.

Memperbaiki Kesehatan Jantung

Penyakit jantung membunuh ratusan ribu orang di seluruh dunia setiap tahun. Sedangkan jutaan orang lainnya harus hidup dengan penyakit tersebut. Beberapa penderita jantung akhirnya beralih pada perawatan alami, seperti EPO, untuk membantu menangani masalah mereka.

Menurut penelitian pada tikus percobaan di tahun 2014, EPO adalah anti inflamasi yang bermanfaat menurunkan kolesterol darah. Kebanyakan orang penderita penyakit jantung memiliki inflamasi dalam tubuh, meskipun belum terbukti bahwa inflamasi tersebut menyebabkan penyakit jantung.

Cara menggunakan: Jika diizinkan dokter, minumlah 10 – 30 ml EPO selama 4 bulan untuk meningkatkan kesehatan jantung. Konsumsilah dengan hati-hati jika Anda mengonsumsi obat lain yang memengaruhi jantung.

Meredakan Nyeri Saraf

Neuropati perifer adalah efek samping umum dari diabetes dan penyakit lain. Penelitian lama telah menunjukkan bahwa mengonsumsi asam linolenic membantu mengurangi gejala-gejala neuropati seperti sensitivitas terhadap panas dan dingin, mati rasa, kesemutan, serta kelemahan.

Cara menggunakan: Minumlah kapsul EPO mengandung 360 – 480 mg GLA setiap hari selama hingga 1 tahun.

Mengurangi Nyeri Tulang

Nyeri tulang sering kali diakibatkan oleh artritis reumatoid, sejenis penyakit inflamasi kronis. Berdasarkan ulasan sistematik tahun 2011, kandungan GLA pada EPO memiliki potensi untuk mengurangi nyeri artritis reumatoid tanpa menyebabkan efek samping negatif.

Cara menggunakan: Minumlah 560 – 6000 mg EPO setiap hari selama 3 – 12 bulan.

Risiko dan Efek Samping Evening Primrose Oil

Secara umum EPO dianggap aman untuk digunakan dalam jangka pendek, tapi keamanannya dalam jangka panjang masih belum dipastikan. Sewaktu memilih produk EPO, sebaiknya Anda teliti dulu informasi seputar produk tersebut dan perusahaan yang menjualnya.

Adakalanya muncul efek samping ringan dari penggunaan EPO seperti sakit perut, masaah pencernaa, sakit kepala, dan BAB encer. Anda dapat mencegah efek samping tersebut dengan mengonsumsi dosis rendah terlebih dulu di awal pemakaian.

Kadang-kadang EPO bisa menimbulkan reaksi alergi. Beberapa gejala dari alergi terhadap EPO antara lain peradangan pada tangan dan kaki, ruam atau bintik merah di kulit, kesulitan bernapas, dan bengek.

EPO dapat memperbanyak pendarahan jika Anda mengonsumsi obat pengencer darah. Dan EPO bisa menurunkan tekanan darah, jadi jangan diminum jika Anda mengonsumsi obat-obat penurun tekanan darah atau pengencer darah.

Penggunaan EPO yang dioles sering kali digunakan untuk membantu mempersiapkan serviks untuk proses persalinan. Tetapi mengenai penggunaan EPO yang diminum, menurut Mayo Clinic, sebuah penelitian melaporkan bahwa konsumsi EPO secara oral memperlambat proses persalinan. Dan keamanan EPO selama kehamilan atau menyusui masih belum dipastikan.

Terdapat berbagai bukti yang menunjukkan khasiat evening primrose oil sebagai suplemen tambahan, tapi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut. Sampai lebih banyak bukti ditemukan, Anda sebaiknya tidak mengandalkan EPO sebagai pengganti pengobatan medis.

Tidak ada standar dosis untuk EPO. Sebagian besar rekomendasi dosis didasarkan pada dosis yang telah digunakan dalam penelitian. Jadi bicarakanlah dengan dokter Anda untuk mempertimbangkan untung-rugi dari mengonsumsi EPO dan mendapat saran dosis yang tepat bagi Anda.

Untuk mendapatkan manfaat evening primrose oil tanpa efek samping negatif, sebaiknya selalu konsumsi dalam dosis terendah. Jika Anda mulai mengalami efek samping yang tidak biasa dan terus terjadi, hentikan penggunaan dan temui dokter Anda.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}