• Home
  • Blog
  • Tomat
  • 10 Manfaat Tomat bagi Kesehatan, Bahkan sebagai Pencegah Kanker!

10 Manfaat Tomat bagi Kesehatan, Bahkan sebagai Pencegah Kanker!


By Cindy Wijaya

Jika dilihat dari ilmu tumbuh-tumbuhan sebenarnya tomat adalah buah, tetapi orang-orang lebih mengenalnya sebagai sayur. Itu karena buah tomat merupakan bagian penting dari berbagai menu masakan di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Konsumsi harian buah tomat memberikan Anda manfaat besar bagi kesehatan, di samping menambah cita rasa masakan.

Anda bisa menemukan tomat di beragam sajian, termasuk pada pasta, pizza, saus tomat, berbagai minuman, juga sebagai penambah cita rasa yang disertakan dalam hidangan dari makan pagi hingga makan malam. Buah tomat termasuk gampang ditanam dan tumbuh sangat cepat, sehingga menjadi sumber makanan pokok di banyak negara.

Walaupun dulu diperkirakan tomat hanya ada di Meksiko, tetapi kini buah sekaligus sayur ini telah dikembangbiakkan di berbagai belahan dunia. Dan ada banyak varietas tomat berbeda yang bisa memberi Anda manfaat kesehatan unik. Mari kita pelajari bagaimana manfaat tomat bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi dan Vitamin pada Tomat

Beragam manfaat buah tomat didukung oleh limpahnya nutrisi serta vitamin di dalamnya, termasuk sejumlah besar vitamin A, vitamin C, dan vitamin K, serta sejumlah vitamin B6, folat, dan tiamin. Tomat juga merupakan sumber dari mineral potasium, mangan, magnesium, fosfor, dan tembaga. Juga terdapat serat makanan dan protein, serta beberapa senyawa organik seperti likopen yang turut bermanfaat bagi kesehatan kita.

Khasiat tomat telah lama diketahui sejak zaman kuno. Buah tomat kaya akan kandungan antioksidan yang sudah dibuktikan efektif melawan banyak jenis kanker. Beberapa dari manfaat buah tomat adalah sebagai berikut:

Melawan Beragam Jenis Kanker

Tomat mengandung sejumlah besar likopen, antioksidan yang sangat efektif melawan radikal bebas penyebab kanker. Manfaat tomat ini bisa diperoleh dari produk olahan tomat yang sudah dipanaskan, seperti saus tomat.

Likopen dalam tomat melindungi Anda terhadap kanker serta diketahui efektif khususnya untuk melawan kanker prostat, kanker serviks, kanker di perut dan dubur, serta kanker di tenggorokan dan kerongkongan. Buah ini juga melindungi Anda dari kanker payudara dan kanker di mulut, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Harvard School of Public Health.

Kaya akan Vitamin dan Mineral

Sebuah tomat bisa memberikan Anda sekitar 40 persen dari total kebutuhan vitamin C dalam sehari. Vitamin C merupakan antioksidan natural yang mencegah radikal bebas penyebab kanker agar tidak merusak sistem-sistem tubuh.

Tomat juga mengandung berlimpah vitamin A dan potasium, juga zat besi. Potasium berperan penting untuk menjaga kesehatan saraf, sedangkan zat besi dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatan darah normal. Dan vitamin K, yang penting untuk proses pembekuan darah dan mengendalikan pendarahan, juga banyak terdapat di dalamnya.

Mengurangi Kolesterol dan Melindungi Jantung

Kandungan likopen dapat mencegah oksidasi serum lipid, sehingga melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Konsumsi harian tomat diketahui sanggup menurunkan kadar kolesterol LDL serta trigliserida dalam darah. Kedua jenis lipid tersebut merupakan pemicu utama penyakit kardiovaskular juga memicu penumpukan berlemak di pembuluh darah.

Melawan Efek dari Asap Rokok

Dua komponen utama dalam tomat, asam koumarat dan asam klorogenat, mampu melawan nitrosamin yang diproduksi dalam tubuh dan merupakan karsinogen (pemicu kanker) utama yang ditemukan pada rokok. Kandungan tinggi vitamin A di dalam tomat juga telah dibuktikan sanggup mengurangi efek karsinoen serta melindungi Anda dari kanker paru-paru.

Memperbaiki Penglihatan

Vitamin A, yang terkandung dalam tomat, membantu memperbaiki penglihatan, sekaligus mampu mencegah rabun di malam hari serta degenerasi makula. Vitamin A adalah antioksidan kuat yang bsia terbentuk dari kelebihan beta karoten dalam tubuh. Banyak masalah penglihatan terjadi akibat efek negatif radikal bebas, dan vitamin A adalah antioksidan yang kuat untuk melawan pengaruh radikal bebas tersebut.

Menyehatkan Pencernaan

Tomat menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan cara mencegah sembelit dan diare. Juga mencegah penyakit kuning dan secara efektif menghilangkan racun dari dalam tubuh. Selanjutnya, buah ini memiliki sejumlah besar serat, yang dapat memicu pembentukan feses serta mengurangi gejala sembelit.

Asupan serat makanan yang baik membantu menstimulasi pergerakan peristaltik di dalam otot-otot halus pencernaan, dan juga melepaskan cairan lambung dan pencernaan. Hal ini dapat mengatur pergerakan usus Anda, sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan dan membantu menghindari penyakit seperti kanker kolorektal.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Khasiat tomat sebagai penurun darah tinggi dimungkinkan karena kadar tinggi potasium yang dikandung di dalamnya. Potasium adalah vasodilator, berarti sanggup mengurangi tekanan pada pembuluh darah serta arteri, sehingga meningkatkan sirkulasi juga menurunkan tekanan pada jantung dengan cara mengatasi darah tinggi.

Mengendalikan Penyakit Diabetes

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of the American Medical Association memperlihatkan bahwa asupan tomat harian sanggup mengurangi stres oksidatif pada diabetes tipe 2.

Menyehatkan Kulit

Manfaat buah tomat juga bagus untuk mempertahankan kesehatan gigi, tulang, rambut, dan kulit. Pengolesan jus tomat di permukaan kulit diketahui mampu menyembuhkan luka akibat sengatan sinar matahari yang parah. Konsumsi harian tomat juga melindungi kulit dari eritema akibat sinar UV. Buah ini sering digunakan dalam membuat produk anti penuaan.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Mengonsumsi tomat secara teratur juga mengurangi kemungkinan infeksi saluran kemih, sekaligus juga kanker kandung kemih. Hal ini karena tomat mengandung banyak air, yang sanggup merangsang proses berkemih, sehingga berfungsi sebagai diuretik (pendorong produksi air seni). Dengan begitu juga turut menyingkirkan toksin, juga kelebihan cairan, garam, asam urat, dan sejumlah lemak dari dalam tubuh.

Bahkan ada beragam penelitian yang membuktikan efektivitas buah tomat untuk melawan banyak penyakit kronis dan berbagai jenis kanker. Konsumsi tomat harian memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral serta memberikan efek perlindungan yang menyeluruh bagi tubuh.

Mempertimbangkan berbagai khasiat tomat di atas, ada kemungkinan Anda tergiur untuk mulai rutin mengonsumsinya. Tapi sebelum itu ada baiknya Anda memilih tomat yang bebas dari pestisida (organik) dan selalu cuci sampai bersih sebelum mengolahnya. Dengan begitu, Anda bisa menikmati manfaat tomat tanpa perlu khawatir dari efek negatif pestisida.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}