10 Manfaat Nanas untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Darah Tinggi

767
daysoftheyear.com

Diedit:

Menikmati juice nanas atau rujak yang ditambahkan potongan buah nanas memang akan sangat segar di udara yang panas. Tetapi tahukah Anda, lebih dari sekedar segar dan menggugah selera, nanas juga menyimpan begitu banyak manfaat?

Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba membahas lebih dalam nutrisi apa saja yang tersimpan dalam nanas dan apa saja manfaat nanas yang bisa Anda dapatkan. Tentu saja kami akan tambahkan dengan beberapa catatan penting yang perlu Anda pahami mengenai cara tepat mengonsumsi nanas.

Apa yang Terkandung dalam Nanas?

Menurut authoritynutrition.com, untuk setiap 100 gram nanas terdapat 50 kalori. Tidak terdapat kandungan protein dan lemak di dalamnya dengan gula dalam skala moderat dan serat yang cukup tinggi.  Nanas termasuk aman untuk diet dan tidak banyak mempengaruhi kadar glukosa darah, kecuali pada pasien dengan kondisi diabetes tipe 1 atau diabetes tipe 2 yang berat.

Dalam nanas juga tersimpan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, disertai dengan betacarotene yang bekerja sebagai provitamin A. Pada nanas juga dijumpai vitamin B1, B6 dan B9 atau folat. Sedang dalam nanas juga dijumpai sejumlah mineral seperti kalium, tembaga, zink, mangan, kalsium dan  magnesium.

Sedang dalam laman authoritynutrition.com, dijelaskan bahwa rahasia dari manfaat nanas antara lain justru tersimpan dalam kandungan anti oksidan di dalamnya, seperti bromelain, quercetin dan antosianin. Dalam nanas juga dijumpai kandungan senyawa xeronyne dan proxeronyne yang juga terdapat dalam noni. Hanya saja, ditemukan bahwa buah noni memiliki kandungan antioksidan yang lebih kaya dari nanas.

Apa Saja Manfaat Nanas untuk Tubuh Anda?

Apa saja sebenarnya manfaat dari buah nanas? beberapa informasi seputar manfaat nanas kami rangkum dalam ulasan berikut ini.

1. Membantu memperbaiki fungsi imunitas

Menurut organicfacts.net, untuk satu cup nanas saja terdapat kandungan vitamin C hingga 130% kebutuhan tubuh. Sebagaimana dipahami bahwa vitamin C memiliki peran sangat besar dalam fungsi imunitas. Bahkan vitamin C menjadi salah satu sumber daya dalam proses memaksimalkan fungsi sel darah putih dalam melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus, jamur dan sel-sel asing abnormal lain.

Dikatakan pula bahwa bromelain, salah satu komponen dari nanas juga memiliki peran dalam menstimulasi imunitas tubuh dan sebagai anti inflamasi. Sebagaimana dijelaskan dalam European Journal of Medical Research tahun 2005 dengan tajuk jurnal In vitro study on the immunological effect of bromelain and trypsin on mononuclear cells from humans.

2. Membantu regenerasi sel

Selain kemampuan bromelain sebagai anti inflamasi, ditemukan bahwa dalam nanas terkandung xeronyine yang bekerja menjaga keberlangsungan regenerasi sel berjalan dengan baik. Xeronyne akan bekerja pada induk sel untuk melindungi sel dari perubahan DNA yang merujuk pada kerusakan sel, perkembangan sel abnormal dan gangguan regenerasi.

Dalam organicfacts.net, juga dijelaskan bagaimana nanas berperan besar dalam proses pembentukan kolagen. Senyawa penting yang berperan dalam proses regenerasi sel. Kolagen adalah elemen penting yang menjaga keberlangsungan regenerasi sel pada organ, pembuluh darah, tulang hingga kulit.

Itu sebabnya, kemudian di katakan bahwa nanas akan membantu seseorang tetap awet muda. Bukan hanya dari sisi wajah, tetapi juga dari sisi kinerja organ dalam tubuh. Juga efektif membantu mempercepat penyembuhan luka, peradangan dan infeksi yang memicu kerusakan jaringan dalam tubuh.

3. Baik untuk penanganan batuk, asma dan sinus

Nanas dengan kandungan enzim uniknya, bromelain akan bekerja dalam membantu mengatasi keluhan batuk, asma dan sinus. Bromelain bekerja dengan mengurangi jumlah dahak dan lendir pada saluran pernafasan dan rongga sinus. Nanas juga akan bekerja memaksimalkan imunitas sekaligus mengatasi reaksi iritasi yang terjadi pada sinus dan saluran pernafasan.

Dalam kasus asma, selain peran vitamin C yang tinggi dan bromelain, dalam nanas juga tersimpan betacarotene yang menurut healthline.com juga akan berperan dalam menurunkan risiko serangan asma dan mengurangi intensitas serangan asma.

Kemampuan nanas terhadap keluhan sinus dijelaskan dalam National Institutes of Health tahun 2005 dengan tajuk Therapeutic use, efficiency and safety of the proteolytic pineapple enzyme Bromelain-POS in children with acute sinusitis in Germany.

4. Meredakan keluhan arthritis

Anda dengan asam urat ataupun reumatik akan mengeluhkan nyeri pada persendian yang kadang akan disertai dengan efek pembengkakan dengan tanda kemerahan pada permukaan kulit area persendian. Ini karena telah terjadi peradangan pada area persendian yang menimbulkan rasa nyeri hebat pada sendi. Kadang rasa nyeri dan peradangan menyebabkan pasien kesulitan untuk berjalan dan bergerak.

Pada nanas ditemukan kandungan bromelain. Komponen senyawa yang dikenal sebagai anti inflamasi dan efektif membantu meredakan peradangan yang terbentuk dalam tubuh. Termasuk pula pada peradangan yang terjadi di area persendian. Anda bisa menggunakannya sebagai juice minuman, juga digunakan sebagai kompress pada area sendi.

Selain itu, dalam livestrong.com juga dijelaskan bahwa bromelain merupakan sejenis enzim yang membantu tubuh Anda dalam proses metabolisme protein sekaligus menurunkan produksi purin alami oleh tubuh. Purin diketahui sebagai penyebab tubuh memproduksi asam urat.

Dalam nanas juga ditemukan kandungan vitamin C dalam kadar tinggi. Diketahui vitamin C memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Pada dasarnya vitamin C berformula zat asam yang ketika dikonsumsi akan meningkatkan tingkat keasaman tubuh.

Alaminya, tubuh memiliki mekanisme untuk mengembalikan kadar Ph tubuh yang juga otomatis akan menurunkan kadar asam yang terdapat dalam tubuh. Artinya dengan mengonsumsi vitamin C, Anda justru mendorong tubuh secara alami menghasilkan lebih banyak elemen basa untuk menurunkan asam urat dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Rahasia dari nanas dalam membantu menjaga kesehatan pencernaan terletak pada kandungan seratnya yang sangat tinggi dan keberadaan komponen bromelain yang bekerja sebagai enzim untuk membantu tubuh mengurai protein.

Protein sendiri adalah salah satu komponen nutrisi yang kadang sulit dicerna dan menyebabkan efek kembung dan tidak nyaman. Bantuan dari bromelain akan memudahkan pencernaan mencerna protein sehingga efek kembung dan sebah akan berkurang.

Komponen seratnya juga baik untuk kesehatan pencernaan, termasuk melancarkan pencernaan, mengatasi sembelit, mencegah diare dan membantu mencegah terjadinya iritasi pada pencernaan. Bromelain yang baik untuk mengatasi inflamasi akan membantu pula sejumlah kasus peradangan dan iritasi pada lambung dan usus.

6. Membantu menjaga kesehatan mata

Kandungan beta carotene dalam nanas menjadi salah satu alasan bagaimana nanas menjadi asupan penting untuk kesehatan mata. Beta carotene adalah provitamin A yang ketika bertemu dengan lemak akan membentuk vitamin A. Sebagaimana kita pahami bahwa mata membutuhkan vitamin A untuk menjaga fungsi dan kinerjanya. Sehingga mengasup nanas adalah salah satu bentuk perawatan mata alami yang patut Anda jalankan.

Selain menjaga dan melindungi fungsi kornea dan retina, termasuk mencegah kerusakan mata seperti rabun dekat, rabun jauh dan rabun silinder, diketahui pula nanas bisa Anda manfaatkan untuk mencegah katarak.

Studi yang diulas dalam Wiley Online Library tahun 2015 dengan tajuk jurnal Association of vitamin C with the risk of age-related cataract: a meta-analysis mengatakan bahwa asupan vitamin C alami dalam dosis besar akan membantu menurunkan risiko katarak.

7. Baik untuk meregulasi tekanan dan sirkulasi darah

Menurut organicfacts.net, nanas dikenal mengandung kalium dalam kadar cukup untuk membantu meregulasi tekanan darah dan sirkulasi darah. Kalium merupakan mineral yang bekerja sebagai vasodilator, yakni kemampuan untuk menurunkan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi darah.

Pada saat kadar natrium dan sodium dalam darah meningkat, maka darah akan lebih mudah untuk mengental. Demi mengatasi kondisi ini, tubuh secara alami akan menahan lebih banyak air dalam darah untuk mencegah darah mengental. Ini justru membuat volume darah meningkat dan menyebabkan tekanan pada pembuluh darah meningkat. Tekanan pada dinding pembuluh darah menjadi tinggi dan memicu perlambatan sirkulasi darah.

Kalium akan membantu menormalkan kembali kadar natrium dan sodium dalam darah, kemudian mendorong lebih banyak air menuju ginjal dan menjaga densitas darah sehingga darah tidak mengental. Inilah yang kemudian menjadikan kalium sebagai vasolidator.

Dari sini pula kemudian dikatakan nanas memiliki manfaat untuk membantu mencegah masalah jantung. Masalah sirkulasi darah dan masalah tekanan darah tinggi sangat berkaitan dengan masalah jantung. Dengan melakukan terapi kontinyu untuk mengatasi tekanan darah tinggi, semakin baik Anda untuk mencegah masalah jantung menyerang Anda.

8. Membantu kesehatan tulang

Meski tidak dalam kadar yang terlalu tinggi, tetapi mengonsumsi nanas akan menambahkan asupan kalsium dalam tubuh Anda. Tentu saja ini akan memberi cukup input untuk mensuplai kalsium bagi densitas tulang Anda.

Selain itu nanas juga kaya akan mangan, bahkan hingga 70% kebutuhan tubuh. Mangan juga menjadi salah satu komponen penting dari tulang yang berperan besar dalam proses pertumbuhan sel tulang baru, termasuk untuk proses regenerasi sel tulang.

9. Menjaga kesehatan rongga mulut

Ada sejumlah komponen nutrisi dalam nanas yang bekerja untuk kesehatan rongga mulut. Dan karenanya nanas bekerja membantu menjaga kesehatan rongga mulut. Mulai dari mengatasi radang gusi dan sariawan, membantu menguatkan gusi sampai menguatkan gigi. Sebagaimana dijelaskan dalam organicfacts.net.

10. Sebagai anti kanker

Nanas dikenal mengandung vitamin C tinggi yang sebenarnya juga dikenal sebagai anti oksidan. Anti oksidan akan membantu mencegah efek oksidasi sel dan membantu liver dalam menetralkan radikal bebas di dalam tubuh. Selain vitamin C, nanas dikenal mengandung komponen anti oksidan lain seperti quercetin dan sedikit antosianin yang juga baik untuk anti kanker.

Selain itu,nanas mengandung komponen xeronyne yang bekerja melindungi DNA sel induk untuk menjaga keberlangsungan regenerasi sel berjalan dengan normal. Ini mencegah terjadinya pembentukan sel abnormal yang bisa merujuk pada pembentukan kista, miom, polip, tumor dan pra kanker serta kanker.

Adakah Risiko dari Mengonsumsi Nanas?

Selain kaya akan nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat, ternyata mengonsumsi nanas juga tidak bisa sembarangan apalagi dengan jumlah berlebihan. Ada beberapa catatan yang perlu Anda cermati terkait dengan nanas. Sejumlah catatan mengenai efek samping nanas dijelaskan pada organicfacts.net.

Nanas dengan kandungan bromelain di dalamnya memang baik dan memiliki banyak manfaat. Bahkan karenya dipasaran mulai muncul suplemen bromelain yang dari ekstraksi nanas. Hanya saja sebenarnya bromelain juga bisa memberi efek samping otot yang kekurangan massa protein. Bromelain bekerja mengurangi protein, dan ketika kadarnya berlebihan dalam tubuh, Anda bisa merasakan otot-otot Anda melunak dan kehilangan energinya. Beberapa orang juga mengeluhkan rasa sensitif dan gatal pada bibir dan lidah pasca mengonsumsi terlalu banyak nanas.

Nanas yang mengandung banyak sekali vitamin C bisa jadi menyebabkan reaksi negatif pada saat dkonsumsi berlebihan. Nanas yang dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan reaksi diare, sakit kepala dan mual.

Nanas juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang dalam keadaan hamil. Nanas menstimulasi menstruasi dan akan menyebabkan peluruhan dinding endometrium dengan lebih efektif. Ini justru bisa menyebabkan terjadinya keguguran pada wanita hamil. 

Advertisement
Alinesia