Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Cara Mengatasi Depresi Cara Mengatasi Depresi theodysseyonline.com

10 Langkah Cermat untuk Mengatasi Depresi yang Gampang Dipraktikkan

Sewaktu sedang depresi, Anda mungkin merasa tidak akan pernah bisa keluar dari masa-masa suram ini. Tetapi faktanya bahkan depresitingkat berat sekalipun bisa diatasi dengan baik. Jadi kalau perasaan muram yang berlarut-larut mengganggu kegiatan dan kehidupan Anda, lakukanlah cara-cara mengatasi depresi.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk melawan perasaan sedih yang selama ini mencengkeram. Anda harus mengubah perilaku sehari-hari—aktivitas fisik, gaya hidup, dan bahkan cara berpikir—demi menghilangkan depresi. Berikut adalah tips-tips yang membantu Anda agar merasa lebih baik, bahkan sejak sekarang.

Buat rutinitas.

Jika Anda depresi, Anda butuh rutinitas, kata Ian Cook, MD. Beliau adalah psikiatris dan direktur di Depression Research and Clini Program di UCLA.

Depresi bisa membuyarkan tatanan kehidupan yang selama ini Anda miliki. Rasanya hari demi hari berlalu tanpa ada artinya. Karena itu, Anda perlu menetapkan suatu jadwal atau rutinitas harian yang masuk akal untuk mengembalikan tatanan kehidupan.

Tetapkan tujuan-tujuan sederhana.

Sewaktu depresi, Anda mungkin merasa tidak mampu mengerjakan apa pun. Hal ini membuat Anda merasa semakin tak berguna. Untuk melawan perasaan seperti itu, Anda harus menetapkan tujuan-tujuan yang perlu dicapai setiap hari.

“Mulailah dari yang sangat kecil,” kata Cook. “Buat tujuan yang bisa Anda selesaikan, misalnya mencuci piring setiap hari.”

Seraya Anda berhasil menyelesaikan tujuan-tujuan kecil, Anda akan mulai merasa lebih baik. Dan berikutnya, buatlah tujuan-tujuan yang lebih sulit secara bertahap.

Olahraga ringan.

Aktivitas ini dapat langsung meningkatkan zat-zat kimia dalam tubuh bernama endorfin yang menimbulkan rasa senang. Olahraga juga bermanfaat dalam jangka-panjang, karena tampaknya sanggup memicu otak untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Berapa banyak olahraga yang Anda harus lakukan? Anda tidak usah lari maraton untuk mendapatkan manfaatnya. Hanya dengan olahraga jalan kaki beberapa kali seminggu sudah cukup membantu mengatasi depresi.

Makanan bergizi.

Memang, tidak ada makanan ‘ajaib’ yang bisa langsung menghilangkan depresi. Tetapi rupanya ada bukti bahwa makanan-makanan yang mengandung asam lemak omega-3 (misalnya ikan salmon dan tuna) serta asam folat (misalnya bayamdan alpukat) dapat membantu mengurangi gejala-gejala depresi. Dan pastikan Anda juga memakan makanan-makanan lain yang bergizi.

Selain itu, ada baiknya perhatikan juga bagaimana kebiasaan makan Anda. Jika depresi cenderung membuat Anda jadi kebanyakan makan, berupayalah untuk mengendalikan keinginan untuk banyak makan, terutama keinginan untuk mengemil.

Cukup tidur.

Depresi bisa membuat Anda sulit tertidur, dan kurang tidur pada akhirnya semakin memperburuk gejala-gejala depresi.

Apa yang bisa Anda lakukan? Mulailah dengan membuat beberapa perubahan gaya hidup. Cobalah pergi tidur dan bangun tidur di waktu yang sama setiap hari. Dan jangan tidur siang supaya nanti malam lebih gampang mengantuk. Pastikan kamar Anda bebas dari segala geangguan—tidak ada komputer atau TV. Lama-kelamaan, Anda pasti bisa lebih mudah tertidur.

Penuhi beberapa tanggung-jawab.

Ketika sedang depresi, Anda bisa jadi ingin menarik diri dari kehidupan dan tidak lagi memenuhi tanggung-jawab di rumah maupun di tempat kerja. Jangan lakukan itu. Karena melakukan tanggung-jawab sehari-hari bisa membantu mempertahankan pola hidup yang dapat mengatasi depresi. Walaupun terasa mengekang, sebenarnya memenuhi tanggung-jawab akan memberikan perasaan puas yang meningkatkan harga diri Anda.

Jika Anda tidak ingin bekerja full-time, tidak apa-apa. Pertimbangkanlah bekerja part-time. Tetapi kalau bekerja seperti itu tampaknya masih terlalu berat bagi Anda, cobalah daftarkan diri dalam kegiatan-kegiatan sosial untuk membantu sesama. Kegiatan-kegiatan seperti ini juga memberi Anda perasaan puas karena memenuhi tanggung-jawab tertentu.

Lawan pikiran-pikiran negatif dengan logika.

Dalam perjuangan melawan depresi, sering kali perlawanannya adal dalam mental—Anda harus berjuang mengubah cara berpikir. Ketika depresi melanda, Anda cenderung berandai-andai tentang berbagai kemungkinan terburuk.

Jadi lain kali pikiran semacam itu muncul, berupayalah gunakan logika untuk mengatasinya. Anda mungkin merasa tidak disukai semua orang, tapi apa buktinya? Anda mungkin merasa sebagai orang paling tidak berguna di planet ini, tapi apa memang benar?

Butuh upaya untuk melawan pikiran-pikiran itu dengan logika, tapi pada akhirnya Anda akan mampu mengendalikannya sebelum semakin menjadi-jadi.

Tanya dokter sebelum minum suplemen.

“Ada bukti cukup kuat mengenai manfaat suplemen-suplemen tertentu untuk mengatasi depresi,” ujar Cook. Contohnya suplemen minyak ikan, asam folat, dan SAMe. Tetapi masih dibutuhkan riset lebih lanjut untuk meneguhkan khasiatnya. Jadi selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mulai minum suplemen apa pun, terutama bila Anda juga mengonsumsi obat medis.

Lakukan sesuatu yang baru.

Akibat depresi, segala sesuatu yang Anda lakukan tampaknya hanyalah pengulangan yang membosankan dan tak ada artinya. Coba paksa diri untuk melakukan sesuatu yang baru. Pergi melihat-lihat ke museum, baca buku di taman, belajar bahasa baru, atau kegiatan-kegiatan lain yang belum pernah Anda lakukan.

“Saat kita menantang diri untuk melakukan hal-hal yang berbeda, terjadi perubahan kimiawi di dalam otak,” jelas Cook. “Mencoba sesuatu yang baru mengubah tingkat dopamin (zat kimia otak), yang berkaitan dengan perasaan senang dan puas.”

Berupaya untuk bersenang-senang.

Kenapa bersenang-senang saja harus diupayakan? Karena pada waktu depresi, kelihatannya tidak ada yang bisa membuat Anda senang. Itu adalah gejala utama depresi. Jadi Anda harus terus berupaya untuk merasa senang.

Coba rencanakan kegiatan-kegiatan yang dulu pernah Anda sukai, meskipun sekarang Anda tidak lagi menikmatinya. Kalau tadinya suka nonton film, cobalah tonton beberapa film yang menghibur. Kalau dulu sering kumpul-kumpul dengan teman, coba lakukan itu lagi. Jangan menyerah jika awalnya sama sekali tidak merasa terhibur, Anda perlu terus berupaya.

Saat sedang depresi, Anda mungkin kehilangan kemampuan untuk menikmati hidup. Jadi Anda seolah-olah harus ‘mempelajari kembali’ bagaimana cara menikmati hidup. Jika terus mencoba, pada waktunya hal-hal menyenangkan akan benar-benar terasa mengasyikkan lagi.

Tidak ada orang yang memiliki gejala-gejala depresi yang sama persis dengan orang lainnya. Begitu juga, tidak ada cara mengatasi depresi yang efektif bagi semua orang. Apa yang berhasil bagi orang lain, belum tentu sama bagusnya untuk Anda.

Jadi cara terbaik untuk membantu menghilangkan depresi adalah dengan mempelajari sebanyak mungkin informasi tentang cara mengatasi depresi. Baru kemudian Anda bisa menentukan mana yang sekiranya dibutuhkan sesuai dengan kondisi dan keadaan. Adakalanya seorang penderita depresi juga membutuhkan bantuan dari dokter spesialis agar bisa pulih seperti sedia kala.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register