Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Kami buka kembali tanggal 3 Juli 2017. Pembelian produk tetap bisa dilakukan melalui Lazada.co.id. atau Tokopedia.com. Terima kasih untuk pengertiannya.
Cara Menghilangkan Jerawat Cara Menghilangkan Jerawat beskinhost.com

10 Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami, Ampuh, dan Murah!

Jerawat, siapa yang tidak kesal mendengar satu kata ini? Bukan cuman merusak penampilan, jerawat juga membuat banyak orang merasa dirampas kepercayaan dirinya. Siapa pun yang mengalami masalah kulit berjerawat pastinya ingin tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat, kalau bisa secepat mungkin.

Pada dasarnya, jerawat (acne vulgaris) disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan oleh kelenjar-kelenjar minyak di kulit. Jerawat bisa muncul di wajah, dada, punggung, dan kulit kepala. Banyak hal yang memicu kemunculan jerawat, antara lain stres berlebihan, kurang tidur, makan sembarangan, dan gaya hidup yang sangat sibuk.

Bahan-Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Banyak metode yang ditempuh orang-orang untuk menghilangkan jerawat, misalnya facial di salon kecantikan atau menggunakan produk obat jerawat yang terkenal. Sayangnya, itu semua membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Adakah cara menghilangkan jerawat yang lebih terjangkau tapi tetap ampuh?

Tenang saja! Anda bisa mengobati jerawat membandel hanya dengan sedikit modal, bahkan dengan cara ini justru bisa jadi lebih aman karena memanfaatkan bahan-bahan alami yang kecil kemungkinannya menimbulkan iritasi. Berikut adalah 10 cara menghilangkan jerawat untuk memperoleh kulit mulus alami.

1. Lemon

Kandungan asam di dalam lemon dapat sangat berguna untuk mengobati jerawat. Lemon akan membersihkan kotoran yang menumpuk dalam pori-pori juga akan mengeraskan sebum. Anda bisa menggunakannya sebagai perawatan kulit rutin setiap hari. Tapi kalau kulit menjadi terlalu kering, maka gunakanlah hanya setiap 2 – 3 hari sekali.

  • Gosokkan irisan lemon ke area kulit berjerawat lalu diamkan selama beberapa jam sebelum membilas wajah dengan air bersih.
  • Bisa juga campurkan air perasan lemon dengan air mawar dengan jumlah sebanding, lalu gunakan larutan ini untuk mencuci wajah area kulit berjerawat secara menyeluruh.

2. Kulit Jeruk

Mirip seperti lemon, kandungan asam dan vitamin C tinggi yang dimiliki jeruk sangat cocok digunakan untuk menghilangkan jerawat. Anda bisa menggunakan air perasan jeruk atau kulitnya, tapi kulit jeruk manfaatnya lebih efektif.

  • Jemur kulit jeruk di bawah matahari sampai benar-benar kering.
  • Tumbuk kulit jeruk kering menjadi bubuk dan campurkan dengan air sampai membentuk salep.
  • Oleskan salep kulit jeruk ke area kulit berjerawat dan diamkan selama 10 – 15 menit. Lalu cuci wajah dengan air hangat.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya (aloe vera) mengandung anti-inflamasi serta kandungan bersifat menenangkan yang dapat mengatasi jerawat hanya dalam hitungan hari. Bagian daging lidah buaya juga berkhasiat menyembuhkan luka bekas jerawat.

Anda bisa membeli gel aloe vera yang banyak dijual di toko-toko atau membikin sendiri gel aloe vera dengan memotong daun lidah buaya lalu memisahkan bagian dagingnya yang berbentuk gel. Oleskan gel lidah buaya ke area kulit yang bermasalah sebanyak 2 kali sehari.

4. Bawang Putih

Bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai obat jerawat alami karena mempunyai kemampuan antibakteri serta mengandung sulfur. Juga kaya akan kandungan antibiotik, antijamur, antiseptik, serta khasiat penyembuhan lainnya.

  • Potong sesiung bawang putih menjadi 2 bagian lalu gosokkan potongannya ke jerawat. Diamkan selama 5 – 10 menit kemudian cuci wajah. Ulangi cara ini beberapa kali sehari selama beberapa hari.
  • Anda juga bisa makan 1 – 2 siung bawang putih mentah setiap hari dalam keadaan perut kosong untuk membersihkan darah, yang akhirnya turut membantu menghilangkan masalah jerawat.

5. Kunyit

Kunyit berkhasiat sebagai antiseptik untuk membantu membunuh bakteri penyebab jerawat serta mencegah kemunculan jerawat. Juga bagus sebagai antioksidan yang membantu mengobati jerawat dan peradangan yang disebabkannya.

  • Campurkan 1 sendok makan kunyit bubuk dengan beberapa tetes air sampai membentuk salep. Oleskan salep ke kulit berjerawat dan diamkan selama beberapa menit. Bilas dengan air dingin. Lakukan ini 2 kali sehari selama seminggu.
  • Campurkan 1 sendok makan kunyit dan 1 sendok makan sari dari tumbukan daun ketumbar untuk membuat salep. Oleskan salep ke jerawat dan diamkan sampai mengering sebelum membilasnya. Ulangi cara ini 1 – 2 kali sehari.
  • Bisa juga mencampurkan 1 sendok teh kunyit ke dalam segelas susu hangat untuk diminum setiap hari sebelum tidur malam. Cara ini bagus untuk mencegah jerawat.

6. Kayu Manis

Rempah-rempah ini mengandung antibakteri, antioksidan, dan anti-inflamasi yang sangat baik untuk mengatasi jerawat. Padukan kayu manis bubuk dengan madu untuk memaksimalkan kemampuannya. Berikut adalah cara menghilangkan jerawat dengan campuran kayu manis – madu.

  • Campurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok teh kayu manis bubuk sampai membentuk salep kental.
  • Oleskan pasta ke area wajah yang jerawatan lalu diamkan selama 10 – 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat, lalu keringkan wajah dengan ditepuk-tepuk handuk bersih, kemudian oleskan dengan pelembab (moisturizer) berbahan kimia ringan.
  • Lakukan cara ini sekali sehari selama beberapa minggu.

7. Cuka Sari Apel

Cuka apel punya kandungan antibiotik dan astringen alami yang menjadikannya bahan efektif sebagai obat jerawat. Sifat antiseptik yang dimilikinya juga bagus untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, cuka apel membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit, sehingga sulit bagi bakteri untuk hidup dan berkembang.

  • Larutkan cuka apel pure unfiltered dan air dengan perbandingan 1 : 3.
  • Celupkan bola kapas ke larutan ini dan oleskan langsung ke area kulit yang bermasalah.
  • Diamkan selama 10 menit lalu cuci wajah dengan air sampai bersih.
  • Oleskan pelembab (moisturizer) berbahan kimia ringan untuk mencegah kulit kering.
  • Ulangi langkah ini 1 – 2 kali setiap hari untuk memperoleh hasil cepat.
  • Lakukan cara ini selama beberapa hari atau sampai Anda puas dengan hasilnya.

8. Baking Soda

Baking soda atau sodium bikarbonat berperan sebagai pengelupas sel-sel kulit yang sudah mati. Karena itu bahan ini berguna untuk membersihkan pori-pori serta membuang tumpukan kulit yang sudah mati dari permukaan kulit.

Juga membantu mengendalikan keseimbangan pH kulit dan memiliki kemampuan anti-inflamasi serta antiseptik. Semua khasiatnya ini menjadikannya sebagai obat rumahan yang sangat bagus untuk menumpas jerawat.

  • Campurkan 1 – 2 sendok teh baking soda dengan sedikit air untuk membentuk salep. Oleskan ke wajah yang berjerawat lalu bilas dengan air setelah beberapa menit kemudian.
  • Bisa juga mencampurkan 2 sendok makan baking soda, 1 sendok teh kayu manis bubuk, air perasan ½ lemon, dan 5 sendok makan madu. Oleskan ke wajah lalu bilas setelah 5 menit.

Catatan: Batasi penggunaan baking soda di kulit hanya 1 – 2 kali dalam seminggu.

9. Oatmeal

Oatmeal bermanfaat untuk mengurangi masalah kulit berjerawat karena sanggup membersihkan pori-pori kulit dan menyerap kelebihan minyak. Dan juga mampu mengelupas sel-sel kulit mati.

  • Campurkan 1 sendok teh madu dan air perasang ½ lemon ke dalam secangkir oatmeal yang sudah dimasak.
  • Gosokkan campuran ini ke atas kulit.
  • Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.
  • Lakukan cara menghilangkan jerawat ini sebanyak 1 – 2 kali seminggu.

10. Timun

Timun terkenal dengan sifat anti-inflamasi yang dimilikinya yang membantu mengurangi peradangan serta mengempiskan bengkak jerawat. Kandungan astringen alami di dalamnya juga mampu membatasi aliran darah di kulit sehingga mengurangi kemerahan pada jerawat. Sifatnya yang menenangkan juga berguna untuk mengurangi nyeri dan iritasi ketika muncul banyak jerawat.

  • Potong 1 buah timun menjadi beberapa irisan tipis.
  • Dinginkan irisan-irisan timun di dalam kulkas selama sekitar 1 jam.
  • Taruh irisan di atas area kulit berjerawat.
  • Ketika irisan timun sudah mulai menghangat, ganti dengan irisan lain dari kulkas.
  • Lakukan cara ini selama 10 – 15 menit dan ulangi beberapa kali sehari.

Kondisi kulit masing-masing orang bisa berbeda, jadi cara menghilangkan jerawat yang efektif bagi satu orang mungkin beda dari orang lain. Anda dapat coba lakukan beberapa cara di atas sampai menemukan mana yang paling tepat bagi Anda.

Cegah Jerawat dengan Perawatan Rutin

Supaya bahan-bahan alami di atas bisa bermanfaat maksimal, Anda juga tidak boleh melewatkan perawatan kulit secara rutin. Perawatan semacam ini berguna untuk mempertahankan kesehatan kulit dari luar sehingga tidak mudah terkena berbagai masalah kulit, termasuk jerawat. Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan perawatan kulit wajah.

  • Rutin Bersihkan Wajah

    Bersihkan wajah Anda setidaknya 2 kali sehari dengan pembersih wajah. Pilihlah yang cocok dengan jenis kulit Anda dan tidak mengandung bahan kimia keras. Kini sudah tersedia cukup banyak pembersih yang berbahan dasar alami. Dengan rutin membersihkan wajah, Anda akan menjaga kulit wajah bebas dari kotoran dan kelebihan minyak yang dapat memicu jerawat.

  • Jangan Sentuh Jerawat

    Kalau saat ini wajah sedang berjerawat, tahanlah keinginan untuk menyentuh apalagi memencetnya. Tindakan memencet jerawat justru memperburuk keadaan bahkan akan meninggalkan luka bekas jerawat yang susah dipudarkan.

  • Batasi Penggunaan Make-Up

    Sebaiknya Anda membatasi penggunaan riasan wajah jangan terlalu sering. Juga pilihlah make-up yang cocok dengan jenis kulit dan tidak mengandung bahan kimia keras. Dan selalu bersihkan riasan wajah setiap kali selesai memakainya atau setiap sebelum tidur.

  • Rajin Olahraga

    Olahraga sangat bagus untuk menyeimbangkan kadar hormon serta menghilangkan stres—keduanya adalah pemicu masalah jerawatan. Sehabis olahraga, sebaiknya segera mandi untuk membersihkan tubuh dari minyak dan keringat yang memicu jerawat.

  • Konsumsi Makanan Sehat

    Pola makan yang baik dan bergizi seimbang penting demi mendapatkan kulit yang mulus bebas jerawat. Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah untuk membantu tubuh menumpas masalah jerawat dari dalam. Kalau Anda sering berjerawat, sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak minyak, lemak, fast food, dan yang ber-kafein.

Inilah sejumlah cara menghilangkan jerawat secara alami yang tak kalah efektif dengan produk-produk pembersih wajah yang mahal. Kelebihannya, metode ini menggunakan bahan-bahan alami yang cenderung lebih aman serta kecil kemungkinannya menimbulkan iritasi.

Kunci agar berhasil menumpas masalah jerawat secara alami adalah ketekunan Anda untuk terus melakukannya. Memang butuh kesabaran ekstra bila dibandingkan dengan menggunakan obat-obat jerawat kimiawi yang biasanya efeknya cepat. Tapi yakinlah bahwa dengan bahan alami hasilnya akan memuaskan dan tanpa efek samping yang merugikan.

addfriends en 130
Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »

Log In or Register