Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Cara Memutihkan Wajah Cara Memutihkan Wajah bebeautiful.in

10 Cara Memutihkan Wajah secara Alami Tanpa Efek Samping

Kulit yang tampak cerah alami adalah sesuatu yang didambakan setiap orang, terutama wanita. Ini karena banyak orang melihat bahwa kulit wajah yang cerah adalah cerminan dari perawatan yang baik.

Kulit yang gelap dan kusam bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, polusi lingkungan, kondisi medis, kulit kering, stres, gaya hidup yang buruk, serta penggunaan produk kosmetik berbahan kimia dalam waktu lama.

Banyak orang berusaha keras untuk memperoleh kulit wajah yang mulus dan cerah. Itulah sebabnya di toko-toko ada banyak sekali krim dan lotion yang diklaim sanggup memutihkan wajah. Tapi sebenarnya produk semacam itu kemungkinan mengandung bahan kimia berbahaya yang pada akhirnya dapat merusak kulit Anda. Dan lagi harganya juga cenderung mahal.

Anda boleh saja menggunakan produk pemutih wajah, tapi sebaiknya pastikan dulu bahwa produk itu sudah punya izin dari BPOM. Karena sertifikat izin dari BPOM menandakan bahwa produk tersebut sudah lulus uji keamanan jadi aman untuk digunakan masyarakat.

10 Bahan Alami Pemutih Wajah Alami

Sebenarnya Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli produk pemutih wajah. Ada banyak cara memutihkan wajah secara alami yang efektif untuk mencerahkan kulit jika dilakukan cara benar dan teratur. Berikut adalah beberapa cara meramu bahan-bahan alami untuk mencerahkan wajah Anda.

1. Kunyit

Kunyit sering dimanfaatkan untuk meningkatkan warna alami kulit. Rempah-rempah ini membantu pembentukan sejenis kandungan melanin untuk mempertahankan warna kulit merata. Selain itu, kunyit memiliki khasiat antiseptik serta antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit Anda secara keseluruhan.

  • Campurkan kunyit bubuk dan krim susu sampai membentuk salep kental. Olesan salep ke kulit wajah.
  • Tunggu sampai mengering lalu bilas dengan air hangat.
  • Lakukan ini secara rutin sehingga kulit wajah Anda akan menjadi lebih cerah secara bertahap.

2. Timun

Timun sanggup mengikat kolagen dan membuat kulit menjadi lebih kencang serta lentur. Kulit yang lentur dan kencang sering kali memiliki warna yang terang dan merata. Timun juga memiliki efek mendinginkan pada kulit dan sangat cocok untuk semua jenis kulit. Setidaknya ada 3 cara memutihkan wajah dengan bantuan timun.

  • Taruh irisan-irisan timun langsung di atas area kulit yang ingin dibuat lebih cerah. Diamkan selama beberapa menit, lalu lepaskan dan bilas wajah dengan air hangat. Lakukan ini 2 kali sehari.
  • Parut timun dan campurkan dengan madu untuk membuat masker pencerah wajah. Oleskan masker di wajah dan leher. Biarkan selama 15 – 20 menit lalu bilas dengan air dingin. Lakuka ini 2 kali sehari untuk hasil yang efektif.
  • Bisa juga campurkan 1 sendok teh jus timun dengan air perasan lemon. Oleskan langsung ke wajah, diamkan 15 – 20 menit atau sampai mengering. Bilas wajah dengan air. Ulangi lakukan ini sekali setiap hari.

3. Oatmeal

Cara terbaik untuk mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit baru yang memperbaiki warna kulit adalah dengan menyingkirkan sel-sel kulit mati. Oatmeal sangat bagus untuk mengelupas sel-sel kulit mati, sehingga membuat kulit tampak lentur dan halus.

  • Campurkan oatmeal dengan jus tomat lalu oleskan langsung ke wajah. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air dingin. Sambil membilas, gosokkan campuran oatmeal-tomat secara perlahan sehingga dapat mengelupas sel-sel kulit mati. Lakukan ini setiap hari.
  • Bisa juga campurkan 1 sendok teh oatmeal bubuk, sejumput kunyit bubuk, dan beberapa tetes air perasan lemon sampai membentuk salep. Oleskan ke wajah dan biarkan mengering. Bilas sampai bersih dengan air. Lakukan ini sekali setiap hari.

4. Pepaya

Pepaya telah lama digunakan dalam beragam perawatan kecantikan dan juga bisa diandalkan untuk memutihkan wajah. Buah ini diyakini mengandung bahan pencerah alami serta beragam nutrisi lain yang akan membuat kulit Anda tampak sehat berkilau.

  • Rutinlah makan buah pepaya segar. Kemampuan membersihkan dari pepaya akan memersihkan kulit Anda dari kotoran yang membuatnya terlihat kusam.
  • Gosokkan bagian dalam kulit pepaya ke wajah. Biarkan sampai mengering lalu cuci muka dengan air dingin dan tepuk-tepuk hingga kering. Jika dilakukan setiap hari akan membuat kulit tampak halus berkilau.
  • Gerus 1 buah pepaya matang dan campurkan dengan 1 cangkir air perasan lemon segar. Pijatkan campuran ini ke seluruh wajah dan leher. Diamkan selama setidaknya 30 menit lalu bilas dengan air dingin. Lakukan ini minimal seminggu sekali agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Bengkoang

Di dalam bengkoang terdapat vitamin B1 dan C yang mampu mencerahkan warna alami kulit. Karena itu banyak produk pemutih yang menggunakan bahan dasar bengkoang.

  • Kupas kulit bengkoang lalu cuci sampai bersih.
  • Parut bengkoang atau haluskan dengan menggunakan blender.
  • Ambil sarinya dengan cara diperas atau disaring, lalu biarkan sari bengkoang selama beberapa jam hingga membentuk endapan.
  • Oleskan endapan sari bengkoang sampai menutupi seluruh wajah, lalu diamkan 15 menit sampai mengering.
  • Cuci wajah dengan air dingin. Lakukan ini 2 kali seminggu.

6. Yogurt

Yogurt, produk olahan susu, memiliki banyak nutrisi berguna untuk kesehatan kulit. Juga mengandung asam laktat yang bermanfaat sebagai pemutih wajah alami. Berikut adalah cara mencerahkan wajah dengan bantuan yogurt.

  • Secara perlahan gosokkan yogurt plain ke kulit wajah. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini sekali setiap hari selama beberapa minggu sampai Anda melihat perubahan yang memuaskan pada warna kulit.
  • Bisa juga campurkan 1 sendok makan yogurt segar dengan ½ sendok makan madu murni. Oleskan campuran ini ke wajah dan leher. Diamkan sampai 10 – 15 menit lalu bila dengan air. Lakukan ini setiap hari agar hasilnya cepat terlihat.
  • Bisa juga campurkan yogurt dengan sedikit air perasan lemon dan sedikit oatmeal untuk membuat masker wajah. Aplikasikan masker wajah ini secara teratur untuk membuat kulit jadi lembut dan lembap.

7. Jeruk

Kandungan jeruk yang paling vital untuk perawatan kulit adalah vitamin C. Selain itu jeruk juga memiliki sifat mencerahkan yang akan membantu memutihkan wajah secara alami. Diketahui bahwa konsumsi jus jeruk segar setiap hari sangat bagus untuk memperbaiki tekstur kulit sekaligus kelenturannya. Sebagai pemutih wajah alami, Anda bisa menggunakan jeruk dalam 2 cara berbeda.

  • Padukan 2 sendok makan jus jeruk dengan sejumput kunyit bubuk. Oleskan ke wajah dan leher sebelum tidur malam. Bilas setelah 20 – 30 menit. Lakukan ini setiap hari setiap sebelum tidur.
  • Giling kulit jeruk menjadi bubuk. Campurkan 1 sendok makan bubuk ini dengan 1 sendok makan yogurt plain sampai membentuk salep. Oleskan ke kulit dan diamkan selama 15 – 20 menit. Bilas dengan air. Salep ini berguna untuk mencerahkan noda hitam di wajah Anda. Lakukan ini 1 – 2 kali seminggu, tapi jangan lebih dari itu.

8. Lemon

Kandungan asam dalam lemon bekerja sebagai bahan pemutih wajah natural dan kaya akan vitamin C yang mendukung pertumbuhan sel-sel kulit baru. Juga, lemon mengandung antioksidan yang sangat baik untuk meratakan warna kulit. Setidaknya ada 3 cara mencerahkan wajah dengan bantuan lemon.

  • Celupkan bola kapas ke dalam air perasan lemon segar dan oleskan langsung ke wajah. Anda juga bisa langsung menggosokkan potongan lemon ke area wajah yang ingin dicerahkan. Biarkan air perasan lemon di wajah sampai sekitar 1 jam lalu bilas dengan air. Lakukan ini sekali setiap hari.
  • Campurkan 3 sendok teh air perasan lemon dengan 1 sendok teh kunyit bubuk. Oleskan ke kulit dan diamkan sampai ½ jam. Bilas dengan air. Lakukan ini sekali setiap hari.
  • Atau bisa juga campurkan air perasan lemon, susu bubuk, dan madu dengan takaran semuanya 1 sendok teh. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 15 – 20 menit lalu bilas sampai bersih. Lakukan ini setiap 1 atau 2 hari sekali.

9. Lidah Buaya

Lidah buaya berguna untuk mengurangi hiperpigmentasi dan mengembalikan warna asli kulit Anda. Hiperpigmentasi merupakan salah satu penyebab utama dari warna kulit yang tidak merata. Selain itu, sifat mendinginkan dari lidah buaya membantu meregenerasi sel-sel kulit baru serta membentuk ulang jaringan yang rusak, yang sangat penting demi kesehatan kulit.

  • Kupas bagian luar dari kulit lidah buaya. Pisahkan bagian dagingnya yang berbentuk gel.
  • Oleskan gel lidah buaya ke seluruh bagian wajah.
  • Diamkan sampai sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air.
  • Lakukan ini minimal 2 kali sehari selama 2 minggu.

10. Madu

Madu membantu memutihkan wajah sekaligus berperan sebagai bahan pelembap alami. Kulit kering merupakan salah satu pemicu warna kulit yang belang-belang. Madu juga memiliki sifat antibakteri yang membantu memudarkan bintik-bintik penuaan serta bekas jerawat.

  • Oleskan madu murni ke wajah, diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Obat pemutih wajah alami ini akan membersihkan sel-sel kulit mati, sehingga wajah tampak cerah dan segar. Lakukan ini sekali setiap hari.
  • Untuk membuat masker pemutih wajah, campurkan 1 sendok teh madu, 1 sendok teh air perasan lemon, 1 sendok makan susu bubuk, dan ½ sendok teh minyak almond. Campurkan sampai merata dan oleskan perlahan ke wajah. Diamkan 10 – 15 menit lalu bilas dengan air dingin. Lakukan ini setiap 2 hari sekali.

Bahan-bahan alami di atas dapat diandalkan sebagai cara mencerahkan wajah. Tapi walaupun efektif, ingatlah bahwa cara ini membutuhkan waktu dan kesabaran sampai Anda memperoleh hasil yang diinginkan. Adakalanya butuh waktu sedikitnya 2 bulan sampai hasilnya terlihat.

Mencerahkan Wajah dengan Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit yang sehat sama pentingnya dengan warna kulit yang terang. Bahkan kulit Anda tidak akan terlihat cerah alami jika tidak sehat. Karena itu jika ingin memperoleh kulit yang berkilau, Anda juga harus mengupayakan langkah-langkah untuk menjaga kesehatan kulit. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti.

  • Lindungi Diri dari Cahaya Matahari

    Paparan sinar mentari yang berlebihan dapat memicu timbulnya kerutan, bintik penuaan, dan masalah kulit lainnya—bahkan juga memicu kanker kulit! Jadi lindungi kulit Anda dengan menggunakan tabir surya (sunscreen) dengan SPF minimal 15 sebelum keluar ruangan.

    Sebisa mungkin hindari cahaya matahari antara jam 10 pagi sampai 2 siang, dan kenakanlah pakaian yang melindungi sebagian besar kulit Anda.

  • Jangan Merokok

    Merokok membuat kulit terlihat tua dan memicu munculnya keriput. Merokok juga menyempitkan pembuluh darah kecil di lapisan terluat kulit, sehingga membatasi aliran darah yang membawa nutrisi dan oksigen menuju kulit.

    Kebiasaan buruk ini juga merusak kolagen serta elastin—serat yang memberi kekuatan dan kelenturan pada kulit. Jadi daripada kulit semakin rusak, lebih baik segeralah berhenti merokok atau jangan pernah coba mulai merokok.

  • Rawat Kulit dengan Benar

    Perawatan kulit yang benar akan mempertahankan kesehatan kulit. Batasilah waktu mandi jangan terlalu lama dan jangan mandi dengan air panas. Hindari sabun-sabun yang mengandung bahan kimia keras. Jika ingin mencukur bulu-bulu di kulit, oleskan dulu krim cukur, losion, atau gel sebelum bercukur. Dan setelah mandi, gunakan pelembap yang cocok dengan jenis kulit Anda.

  • Konsumsi Makanan Sehat

    Makanan yang sehat mendukung penampilan kulit Anda. Makanlah banyak sayur, buah, biji-bijian (whole grain), dan protein tanpa lemak. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang kaya akan vitamin C dan rendah lemak serta karbohidrat olahan dapat membuat kulit tampak lebih muda.

Memutihkan wajah dengan bahan-bahan natural akan membuat kulit Anda tampak lebih cerah berseri secara bertahap. Memang butuh waktu dan kesabaran ekstra jika dibandingkan dengan efek yang dihasilkan obat pemutih wajah kimiawi. Namun jika tekun, Anda pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal, dan pastinya tanpa efek samping.

Demikianlah 10 cara memutihkan wajah secara alami hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang murah dan mudah didapatkan. Temukanlah mana yang paling cocok dengan kulit Anda dan buktikan sendiri keampuhannya!

FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram

Log In or Register