10 Cara Memerahkan Bibir secara Alami dan Tanpa Efek Samping

804
sirhealth.com

Diedit:

Sudah jelas bahwa warna bibir merah natural adalah fitur wajah yang sangat menarik bagi seorang wanita maupun pria. Karena itulah banyak orang yang mencari-cari cara memerahkan bibir mereka agar tampak lebih atraktif.

Tapi apa sebenarnya yang menyebabkan bibir beberapa orang terlihat gelap atau menghitam? Sejumlah penyebab utamanya adalah karena terlalu sering kena sinar matahari langsung, reaksi alergi, penggunaan kosmetik berkualitas rendah, mengunyah tembakau, merokok, sering minum kopi, serta ketidakseimbangan hormon.

Meskipun Anda mungkin sudah terlanjur memiliki warna bibir yang tak lagi cerah, namun Anda bisa berupaya mencerahkannya kembali tanpa harus membeli produk atau menjalani perawatan yang mahal. Ada berbagai pilihan bahan pemerah bibir alami yang cukup ampuh selama digunakan sesuai kebutuhan. Berikut adalah 10 cara memerahkan bibir secara alami yang dapat diterapkan.

Lemon

Lemon sering dimanfaatkan untuk meratakan warna kulit yang tidak merata atau belang-belang, dan Anda bisa juga menggunakannya sebagai bahan pemerah bibir alami. Kemampuan mencerahkan yang dimiliki lemon bekerja baik pada bibir gelap Anda.

  • Peras 1 buah lemon dan oleskan sarinya ke bibir Anda sebelum tidur. Lakukan ini setiap hari selama 1 – 2 bulan.
  • Ambil 1 irisan tipis lemon, taburkan sedikit gula di atasnya, lalu gosokkan irisan lemon itu ke bibir Anda. Ini dapat mengelupas sel-sel kulit mati supaya memunculkan kulit bibir yang baru dan segar. Gunakan cara ini setiap hari selama beberapa minggu.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa mencampurkan ½ sendok teh sari lemon, gliserin, dan madu. Oleskan ke bibir sebelum tidur. Lakukan ini setiap hari sampai mendapat hasil memuaskan.

Mawar

Mawar memiliki 3 khasiat obat utama: menenangkan, mendinginkan, dan melembapkan. Mawar juga akan membantu mencerahkan warna bibir Anda.

  • Campurkan 1 tetes air mawar dengan beberapa tetes madu lalu olesan ke bibir Anda. Lakukan cara memerahkan bibir secara alami ini sebanyak 3 – 4 kali sehari.
  • Campurkan 1 sendok makan salep kelopak mawar dan 1 sendok teh mentega, madu, atau krim susu. Oleskan pada bibir dan gosok perlahan. Lakukan ini 2 kali dalam seminggu.
  • Celupkan beberapa kelopak mawar ke dalam susu mentah selama 1 jam, lalu gerus kelopak mawar agar bercampur dengan susu dan menjadi kental. Tambahkan ½ sendok teh madu dan sejumput kunyit. Oleskan campuran ini ke bibir dan diamkan sampai sekitar 15 menit. Lakukan ini 2 kali sehari.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga merupakan bahan pemerah bibir alami untuk membuat bibir Anda tampak segar dan menarik. Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi penting untuk memelihara kesehatan bibir serta melembapkan sehingga lebih lembut dan indah. Berikut cara memerahkan bibir dengan bantuan minyak zaitun.

  • Oleskan beberapa tetes minyak zaitun extra virgin ke bibir dan pijat secara perlahan. Lakukan ini setiap hari sebelum tidur.
  • Sebagai alternatif, campurkan ½ sendok teh gula dan beberapa tetes minyak zaitun extra virgin. Gosok bibir Anda menggunakan campuran ini sekali setiap minggu. Cara sederhana ini akan mengembalikan warna natural bibir Anda serta mencerahkannya dalam waktu 1 – 2 bulan.
Baca juga:  Cara Mengecilkan Pori-Pori dengan Scrub Alami

Gula

Mengelupas bibir secara teratur akan menyingkirkan sel-sel kulit mati yang membuat bibir terlihat gelap dan kusam. Gula sangat cocok dimanfaatkan sebagai bahan pengelupas alami.

  • Campurkan 3 sendok makan gula pasir dan 2 sendok makan mentega sampai membentuk salep kental. Gosok bibir dengan salep ini. Lakukan cara ini sekali setiap minggu untuk mengembalikan warna dan kecerahan alami bibir Anda.
  • Anda juga bisa membuat scrub alami dengan mencampurkan 1 sendok teh gula pasir, 1 sendok teh madu, dan ½ sendok teh minyak almond. Gunakan ini untuk menggosok bibir sekali setiap minggu.
  • Sebagai alternatif, bisa juga campurkan sejumlah gula dengan krim dingin lalu gunakan untuk menggosok bibir secara perlahan sebelum pergi tidur. Lakukan ini sekali setiap minggu.

Akar Bit

Bahan pemerah bibir alami lain yang gampang diperoleh adalah akar bit. Akar bit memiliki khasiat mencerahkan yang dapat Anda manfaatkan. Berikut cara memerahkan bibir secara alami dengan akar bit.

  • Oleskan sari akar bit segar ke bibir sebelum pergi tidur. Bilas di pagi harinya. Warna merah natural dari sari akar bit akan mengubah bibir gelap Anda menjadi kemerahan. Lakukan ini setiap hari sebelum tidur.
  • Bisa juga mencampurkan sari akar bit dan sari wortel dalam jumlah sama lalu mengoleskannya ke bibir. Pijat-pijat secara perlahan dan diamkan sampai 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Lakukan ini setiap hari selama 1 – 2 minggu.

Delima

Delima ideal dimanfaatkan untuk mengatasi bibir hitam. Buah ini sanggup menutrisi serta melembapkan bibir yang kering dan dehidrasi, sekaligus membantu mengembalikan warna pink alaminya.

  • Campurkan 1 sendok makan biji delima yang sudah digerus dan sedikit krim susu juga air mawar. Oleskan campuran ini ke bibir dan gosok secara perlahan selama beberapa menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini sekali setiap hari.
  • Campurkan sari buah delima, sari akar bit, dan sari wortel dalam jumlah sama. Oleskan ke bibir Anda setiap hari sekali.

Timun

Timun merupakan bahan pencerah kulit alami yang mampu membuat kulit, sekaligus bibir, Anda menjadi lebih cerah. Anda cuman perlu menggosokkan irisan timun ke bibir secara perlahan sampai bibir menyerap sari-sari dari timun. Lakukan cara memerahkan bibir ini selama 5 menit setiap hari.

Baca juga:  Inilah Rahasia Memutihkan Ketiak yang Hitam!

Buah Beri

Buah beri semacam raspberi dan stroberi mengandung mineral dan vitamin penting yang sangat vital untuk menjaga kesehatan juga kesegaran bibir. Baik raspberi maupun stroberi sama-sama sanggup mengubah bibir hitam menjadi kemerahan.

  • Campurkan ½ sendok makan sari buah raspberi dengan sedikit gel lidah buaya dan madu. Oleskan campuran ini ke bibir dan gosok perlahan. Diamkan sampai 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini 3 – 4 kali dalam seminggu.
  • Campurkan 1 sendok makan sari buah stroberi dengan 2 sendok makan petroleum jelly. Gunakan campuran ini sebagai pelembap bibir sebanyak 2 kali setiap hari.

Madu

Madu adalah bahan pemerah bibir alami karena mengandung khasiat melembapkan yang dapat melembutkan permukaan bibir serta membantu mengembalikan warna alaminya.

  • Oleskan madu ke bibir sebelum tidur dan biarkan sepanjang malam. Bilas dengan air hangat di pagi hari. Lakukan ini setiap hari untuk mencerahkan warna bibir Anda.
  • Campurkan masing-masing ½ sendok teh yogurt, madu, dan tepung gram sampai membentuk salep. Oleskan salep ini ke bibir dan diamkan sampai 30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini sekali setiap hari.

Minyak Almond

Minyak almond adalah bahan alami lain yang sudah umum dimanfaatkan sebagai pemerah bibir berkat kemampuan melembapkan serta melembutkan yang dimilikinya. Berikut cara memerahkan bibir secara alami dengan minyak almond.

  • Campurkan 4 – 5 tetes minyak almond dengan 1 sendok makan madu, lalu oleskan ke bibir setiap kali terasa kering. Dalam hitungan hari, bibir Anda akan menjadi lebih lembut dan halus serta memiliki warna merah muda yang cerah.
  • Pijat-pijat bibir dengan campuran minyak jarak (castor) dan minyak almond dalam jumlah sama untuk memerahkan bibir.
  • Campurkan minyak kelapa dan minyak almond dalam jumlah sama. Oleskan ke bibir sebelum tidur dan biarkan sepanjang malam. Lakukan ini setiap hari.

Dengan bantuan bahan-bahan pemerah bibir alami ini akan membuat bibir Anda menjadi tampak lebih cerah dan lembut, tapi mungkin butuh waktu cukup lama sampai Anda benar-benar melihat hasilnya. Bersabarlah, dan coba bahan yang berbeda untuk menemukan cara yang paling sesuai bagi Anda.

Untuk memaksimalkan keefektifan dari cara memerahkan bibir di atas, ada baiknya Anda juga hindari atau kurangi penyebab menghitamnya bibir. Misalnya dengan berhenti merokok atau mengunyah tembakau, banyak minum air, dan kurangi minum kopi.

Advertisement
Alinesia