Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

PROMO 12-12, DISKON 10% UNTUK SEMUA PAKET PRODUK, BERLAKU 12-15 DES 2017. HUBUNGI CS KAMI SEKARANG!
Manfaat Renang Manfaat Renang intexcorp.com

10 Alasan Memilih Renang Sebagai Olahraga Anda

Untuk menjalankan gaya hidup sehat, kita perlu memastikan untuk menjalankan latihan fisik atau olahraga secara rutin. Sejumlah pakar sepakat setidaknya dibutuhkan 75 – 150 menit latihan fisik dalam sepekan untuk menunjang kesehatan tubuh Anda dengan optimal.

Ada banyak pilihan dalam menjalankan olahraga atau latihan fisik. Dan di antaranya Anda bisa memilih renang. Renang sendiri malah dianggap lebih direkomendasikan dibandingkan dengan olahraga lain termasuk lari.

Ada alasan khusus kenapa renang dianggap sebagai bentuk olahraga yang lebih sehat dan lebih banyak direkomendasikan. Dan 10 alasan utamanya akan kami bahas dalam kesempatan kali ini.

Ada sejumlah kelebihan yang dapat Anda rasakan dengan menjalankan olahraga renang dengan teratur. Dan disadur dari sumber healthline.com, berikut sejumlah alasan kenapa renang dianggap lebih sehat dan aman.

  • Efeknya bekerja pada seluruh tubuh

    Untuk seseorang yang bisa berenang, tubuh akan menggerakan banyak bagian dari tubuhnya. Mulai dari kepala hingga kaki. Itu sebabnya pengaruh gerakan akan terasa di seluruh tubuh.  Di sisi lain tekanan yang diciptakan air pada tubuh juga memberi efek tekanan yang lebih kuat pada tubuh.

    Secara langsung berenang juga akan bekerja sebagai latihan kardiovaskular atau latihan untuk kesehatan jantung. Selain juga membantu tubuh membentuk otot, meningkatkan kekuatan dan ketahanan serta kekencangan otot.

    Renang sendiri bisa dilakukan dalam banyak gaya dan gerakan. Meski setiap gerakan fokus pada titik otot dan latihan tertentu, sebenarnya setiap bentuk gaya renang tetap memberi efek pada otot lain dalam tubuh di luar fokus utama.

  • Memperbaiki sistem pernafasan

    Untuk bisa meningkatkan kesehatan tubuh, diperlukan kesehatan paru-paru yang baik. Dan renang adalah salah satu bentuk olahraga yang memberi pengaruh baik untuk kesehatan paru-paru dan sistem pernafasan.

    Dengan renang secara teratur, seseorang akan melatih ketahanan dari sistem pernafasan, membantu meningkatkan kekuatan otot pernafasan dan memperbaiki kapasitas paru-paru. Ini karena pada dasarnya selama seseorang berenang mereka akan menahan nafas mereka .

    Efek tekanan yang diciptakan oleh air pada dada dan perut juga membantu memaksimalkan manfaat dari renang pada sistem pernafasan. Tekanan akan membantu memperbaiki ketahanan dari sistem pernafasan.

    Dalam sejumlah sumber juga dijelaskan bagaimana renang akan membantu memperbaiki masalah asma. Karena efek tekanan dari renang akan membantu menekan efek sensitif dari sistem pernafasan. 

  • Memiliki efek samping minimal

    Sejumlah orang yang terbiasa melakukan olahraga lari dan jogging mengeluhkan adanya risiko cidera yang tinggi dari aktivitas fisik ini. Tekanan dari proses menapak saat berlari atau melangkah cepat memungkinkan seseorang terkilir hingga terjadinya efek cidera tulang dan tulang sendi.

    Pada renang, air akan menjadi peredam efektif untuk tekanan dan benturan yang terjadi. Gerakan renang yang mengalir juga menjadi alasan kenapa olahraga renang termasuk olahraha dengan resiko cedera yang minimal.

    Renang juga dilakukan tanpa adanya gerakan benturan dan hentakan. Inilah alasan kenapa olahraga renang rendah resiko cedera. Gerakan renang yang mengalir juga akan membantu menghindari efek terkilir.

  • Memberi efek relaksasi

    Dalam laman betterhealth, renang juga membantu Anda relaksasi. Berendam dalam air memberi tekanan yang justru menenangkan dan membantu otot Anda terasa seolah dipijat.

    Efek segar yang didapat karena berinteraksi dengan air juga membantu Anda merasa lebih nyaman. Beberapa orang mengatakan renang juga membantu untuk melepaskan stress dan membantu melepaskan penat terutama karena efek udara yang panas.

    Dalam ulasan lain juga dijelaskan bahwa mereka yang rutin melakukan olahraga renang setidaknya 2 kali sepekan selama 30 menit akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

    Dalam riset yang diadakan pada Department of Neurology, Northwestern University juga dijelaskan mengenai manfaat renang yang serupa dengan aerobik dalam membantu mengatasi insomnia.

  • Membantu koordinasi dan keseimbangan

    Untuk bisa melakukan gerakan renang, diperlukan kemampuan koordinasi gerak yang baik. Juga keseimbangan untuk memastikan gerak tangan dan kaki berjalan selaras dan seimbang.

    Ini akan meningkatkan kemampuan otak dalam menjalankan fungsi koordinasi dan keseimbangan tubuh.  Juga baik untuk menjaga kesinambungan kerja otot dan tulang hingga usia manula. Sebagaimana  dijelaskan dalam livestrong.com.

  • Memperbaiki postur dan masalah saraf, sendi serta tulang

    Sejumlah pakar tulang dan saraf kerap menyarankan pasien-pasien mereka untuk rutin melakukan olahraga renang. Dalam periode tertentu, latihan ini membantu mengurangi keluhan pada tulang, saraf dan sendi.

    Menurut ivestrong.com, mereka dengan keluhan sendi, saraf dan tulang tetap membutuhkan latihan fisik untuk memperbaiki flexibilitas tubuh. Semakin baik mereka berhasil melatih fleksibilitas tubuh, semakin baik pengaruhnya pada tubuh mereka.

    Dan renang adalah pilihan latihan fisik yang rendah resiko cedera. Gerakan renang dilakukan tanpa hentakan dan tekanan yang beresiko pada kasus keluhan sendi, saraf dan tulang sehingga cenderung tidak menyakitkan bagi penderita.

    Selain itu, sejumlah pakar juga melihat renang akan membantu membentuk tubuh dengan ideal. Tekanan dari air dan posisi tubuh saat renang yang harus tegak lurus membantu melatih tubuh berada pada postur yang tepat.

  • Optimal dalam membakar kalori

    Pada dasarnya gerakan pada renang bisa disamakan dengan gerakan aerobik yang memang dibuat untuk pembakaran kalori. Gerakan aktif dan penuh kelenturan juga akan membantu Anda membakar lemak pada sisi-sisi yang kerap diabaikan.

    Menariknya, karena Anda berendam dalam air, renang bisa dilakukan dengan tingkat ketahanan lebih tinggi. Berendam dalam air akan membantu tubuh Anda bertahan lebih lama untuk berlatih. Sehingga membantu Anda terhindar dari efek kelelahan berlebihan.

    Olahraga renang dipastikan sebagai salah satu olahraga yang baik dan sehat dilakukan untuk mereka yang melakukan diet. Karena pembakaran kalori yang dilakukan efektif untuk membantu tubuh Anda lebih langsing.

  • Baik untuk pertumbuhan anak

    Olahraga yang melatih kardiovaskular dalam skala ringan dianggap sangat baik untuk kesehatan anak. Latihan ini akan menggiatkan sirkulasi darah dan membantu menjaga kebugaran tubuh anak. Dan renang adalah salah satu bentuk latihan kardiovaskular ringan yang cocok untuk anak-anak.

    Dalam laman livestrong.com, dijelaskan pula renang akan membantu anak-anak menyempurnakan pertumbuhan tulang dan postur tubuh mereka. Renang juga baik untuk daya tahan tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah menuju otak yang nantinya akan meningkatkan kinerja otak.

    Bukan hanya baik untuk peningkatan konsentrasi dan kemampuan kognitif. Renang juga memancing terbentuknya mood senang. Itu pula sebabnya renang juga bisa dianggap sebagai terapi stress pada anak-anak.

  • Baik untuk mengurangi PMS

    Pada saat Anda berenang, sejumlah otot pada area pelvis dan panggul akan mendapatkan konsentrasi latihan yang cukup intens. Latihan pada titik ini akan membantu seorang wanita merasa lebih nyaman pada saat PMS.

    Latihan akan membantu melenturkan otot pada area panggul dan pelvis. Juga akan membantu menstabilkan konsentrasi peristaltik pada rahim yang kadang menjadi pemicu munculnya keluhan nyeri haid.

    Dalam laman webmd.com, juga dijelaskan bahwa renang akan membantu mengatasi efek depresi dan mood buruk saat haid. Ini membantu Anda merasa lebih nyaman pada periode menstruasi Anda.

  • Baik untuk ibu hamil

    Terakhir dikatakan bahwa terapi dengan olahraga renang akan baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Renang membantu menguatkan otot panggul dan pelvis yang berperan besar pada proses persalinan nantinya.

    Renang juga terbukti baik untuk meredakan rasa pegal dan rasa nyeri. Membantu menjaga stabilitas mood seseorang dan juga membantu memperbaiki kebiasaan tidur pasien.

Itulah sejumlah alasan penting kenapa Anda sebaiknya tidak lagi ragu untuk memilih olahraga renang sebagai latihan rutin Anda. dengan renang, aktivitas renang terasa lebih menyenangkan.  Manfaat renang memang cukup besar untuk kesehatan tubuh Anda. 

BACA JUGA ARTIKEL REKOMENDASI HERBAL BERIKUT:

Noni Juice Teruji Untuk Darah Tinggi, Diabetes, Asam Urat, Gangguan Jantung

noni fruit 10
Noni juice telah membantu banyak orang untuk bebas dari darah tinggi, diabetes tipe 1 & 2, asam urat, gangguan jantung. Noni juga efektif untuk penderita kolesterol, stroke, sulit tidur, stress […] Baca Selengkapnya »

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »
FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram