7 Tanda-Tanda Kanker Hati Stadium Awal

543
Shutterstock

Diedit:

Tanda-tanda kanker hati wajib dideteksi sejak awal! Penyakit ini adalah salah satu jenis kanker paling berbahaya, dan masuk dalam 5 besar kanker paling mematikan. Kanker ini mematikan bukan hanya karena sifat invasif dari sel kanker, tetapi karena efek disfungsi hati yang diakibatkannya.

Hati memiliki peran besar dalam menjalankan fungsi metabolisme dan netralisir racun dan residu tubuh. Hati juga berperan dalam proses penyerapan nutrisi dan proses daur ulang siklus dalam tubuh.

Yang membuatnya juga semakin mematikan adalah penyebab kanker hati yang sebagian besar berasal dari kasus infeksi berat yang merusak organ hati. Jadi, sebelum kanker menyerang, sebenarnya organ ini sudah mengalami kerusakan yang cukup serius.

Ini membuat sulit untuk bisa mengatasi kasus kanker hati, dibandingkan jenis kanker lain tingkat kematian dari kanker hati relatif sangat tinggi. Menurut medicinenet.com, kemungkinan bertahan hidup pasien kanker hati maksimal hanya sekitar 28% untuk stadium awal.

Stadium awal ditandai dengan keberadaan sel kanker yang belum bermetastasis dan masih terpusat pada organ hati. Termasuk pula belum menginfeksi saluran darah yang masuk dan keluar organ hati.

Pada dasarnya, justru pasien diharapkan membaca gejala yang muncul jauh sebelum kanker hati muncul (pra kanker). Gejala kerusakan hati pada tahap awal yang terdeteksi dan tertangani dengan cepat akan mencegah kanker muncul.

Tanda-tanda adanya kerusakan hati tahap awal (pra kanker) bisa dilihat dari munculnya pembengkakan ringan pada hati, keluhan kembung yang berkepanjangan, gatal-gatal pada kulit, mual yang cukup sering muncul, dan nyeri ringan pada perut kanan. Pada tahap lebih jauh pasien akan mengalami jaundisme atau perubahan warna kekuningan pada mata dan kulit.

Sedangkan tanda-tanda kanker hati sendiri bisa dikatakan cukup mudah dikenali karena pada taraf ini kerusakan hati sudah cukup signifikan. Bahkan beberapa bagian hati sudah tidak dapat diselamatkan lagi. Dan tanda-tanda kanker hati pada stadium awal menurut sumber asiancancer.com tersebut antara lain:

  • Pembengkakan Perut

    Pada gejala kanker hati, pembengkakan yang terjadi akan lebih parah. Bahkan pasien bisa terlihat seperti ibu hamil di usia 5 bulan atau lebih, namun dengan bentuk asimetris (tak beraturan) yang menonjol ke arah perut kanan.

  • Rasa Nyeri Kuat pada Perut

    Seiring dengan kerusakan yang lebih parah, maka perut kanan juga akan mengalami ciri-ciri kanker hati yang lebih berat. Akan muncul rasa sesak dan menusuk yang kerap muncul pada perut kanan. Kadang disertai keluhan kolik atau kram perut yang cukup menyakitkan.

  • Jaundisme Berat

    Bila pada kasus peradangan hati biasa pasien akan menampakan kulit dan mata yang kekuningan, maka pada kasus gejala kanker hati pasien akan tampak sangat kuning. Bahkan mempengaruhi permukaan kuku hingga warna lidah.

  • Kaki Bengkak

    Kanker hati menyebabkan fungsi ginjal terganggu dan sirkulasi air dalam tubuh tidak bekerja dengan baik. Tubuh menyimpan air berlebihan sehingga menyebabkan ciri-ciri kanker hati berupa pembengkakan pada kaki, tangan, dan perut. Pembengkakan ini berisi air sehingga akan tampak bingkas bila ditekan.

  • Perdarahan

    Ciri-ciri kanker hati lain adalah mudahnya pembuluh darah pecah, sehingga pasien bisa sewaktu-waktu mengalami mimisan dan perdarahan lokal. Tubuh sering lebam tanpa alasan dengan ukuran lebam cukup besar.

  • Tinja dan Urin Pucat

    Karena bilirubin tidak dapat disalurkan menuju pembuangan, maka urin dan tinja tidak mengandung bilirubin sehingga terlihat pucat. Akan tetapi dalam beberapa waktu pasien bisa dengan mudah mendapati adanya darah pada urin dan tinja karena pasien gampang mengalami pecah pembuluh darah.

  • Lelah dan Berat Badan Turun

    Tingginya kadar toksin dan menurunnya metabolisme tubuh membuat pasien mengalami keluhan toksin yang serius dan masalah malnutrisi. Ini membuat pasien mengalami gejala kanker hati dengan tampak lemah, pucat, dan juga mengalami penurunan berat badan drastis. Pasien juga terus-menerus merasa mual dan kehilangan nafsu makan.

Kanker hati adalah kasus kanker yang sangat mematikan. Vitalnya fungsi organ memiliki peran sangat besar meningkatkan risiko kematian. Bukan hanya ciri-ciri kanker hati, Anda bahkan disarankan menyadari sedini mungkin adanya kerusakan hati dini sebelum berkembang menjadi kanker yang sulit di atasi.

Deteksi pengobatan sejak awal tanda-tanda kanker hati (terutama saat masih pra kanker) mulai dirasakan adalah langkah terpenting yang menentukan masa depan Anda. Jadi segeralah periksakan diri setelah merasa ada yang tidak beres dengan diri Anda.