Pengobatan Kanker Hati

204
pengobatan kanker hati

Diedit:

Pengobatan kanker hati harus dilakukan secara menyeluruh dan hati-hati. Upaya pendeteksian dini terhadap penyakit ini dapat membantu menangani kanker hati secara tepat. Namun, bukan perkara mudah untuk mendeteksi dini kanker hati karena penyakit ini tidak memiliki gejala yang jelas.

Biasanya, kanker hati akan terdeteksi ketika sudah stadium lanjut dan secara otomatis pengobatannya pun menjadi sulit. Untuk memudahkan upaya pendeteksian dini dan pengobatan kanker hati, Anda bisa membaca mengenai ciri-ciri kanker hati di artikel: Apa 7 Ciri-Ciri Kanker Hati yang Paling Mudah Dikenali?

Pengobatan Kanker Hati

Dalam mempertimbangkan berbagai pilihan pengobatan, faktor yang sangat penting untuk dipikirkan adalah tingkat keparahan kanker yang diderita. Serta tingkat kesehatan organ hati secara keseluruhan. Anda dan dokter yang menangani juga perlu mempertimbangkan kemungkinan efek samping yang ditimbulkan obat kanker hati serta kesehatan Anda secara keseluruhan.

Pengobatan Kanker Hati secara Medis

Pengobatan kanker hati ditentukan berdasarkan seberapa jauh (stadium) perkembangan kanker ini, juga bergantung pada usia, kondisi kesehatan, serta pilihan pribadi pasien. Berikut adalah sejumlah pilihan pengobatan yang umumnya tersedia.

1. Operasi

Operasi yang dijalankan untuk mengatasi kanker hati termasuk:

  • Operasi pengangkatan tumor: Dalam kasus tertentu, dokter mungkin menyarankan operasi untuk mengangkat kanker hati dan sebagian kecil dari jaringan hati yang sehat jika ukurannya masih kecil dan hati masih berfungsi baik. Pilihan ini juga bergantung pada lokasi kanker di hati, seberapa baik fungsi hati, dan kondisi kesehatan keseluruhan.
  • Operasi transplantasi hati: Selama operasi ini, hati yang terpengaruh diangkat dan digantikan dengan hati sehat dari pendonor. Tetapi operasi ini hanya menjadi pilihan bagi sebagian kecil penderita kanker hati stadium awal.

2. Pengobatan Lokal

Pengobatan lokal untuk kanker hati adalah yang ditargetkan langsung ke sel-sel kanker atau area di sekitarnya. Pengobatan lokal tersebut termasuk:

  • Memanaskan sel-sel kanker: Dalam prosedur bernama ablasi radiofrekuensi, arus listrik digunakan untuk memanaskan dan menghancurkan sel kanker. Dengan ultrasound dan CT scan sebagai panduan, dokter bedah memasukkan satu jarum tipis atau lebih ke dalam sayatan kecil di perut Anda. Saat jarum mencapai tumor, mereka dipanaskan dengan arus listrik sehingga menghancurkan sel kanker.
  • Membekukan sel-sel kanker: Prosedur cryoablasi menggunakan suhu dingin ekstrim untuk menghancurkan sel-sel kanker. Selama prosedur, dokter menempatkan alat (cryoprobe) yang mengandung nitrogen cair langsung ke tumor di hati. Ultrasound digunakan untuk memandu cryoprobe dan memantau pembekuan sel.
  • Menyuntikkan alkohol ke tumor: Selama prosedur ini, alkohol murni disuntikkan langsung ke tumor, entah melalui kulit atau selama operasi. Alkohol menyebabkan sel-sel tumor mengalami kematian.
  • Menyuntikkan obat kemoterapi ke hati: Kemoembolisasi adalah jenis perawatan kemoterapi yang memasukkan obat-obat anti kanker kuat langsung ke hati.
  • Meletakkan bola-bola berisi radiasi di hati: Bola-bola kecil ini mengandung radiasi dan ditempatkan langsung di hati agar mereka dapat memancarkan radiasi langsung ke tumor.
Baca juga:  7 Ciri-Ciri Kanker Hati yang Paling Mudah Dikenali

3. Terapi Radiasi

Perawatan kanker ini menggunakan energi bertenaga tinggi dari sumber seperti sinar-X dan proton untuk menghancurkan sel kanker dan mengecilkan ukuran tumor. Dokter dengan hati-hati mengarahkan energi ke hati, dan menghindari jaringan sehat di sekitarnya.

Selama terapi radiasi sinar eksternal, Anda berbaring di sebuah meja dan sebuah mesin mengarahkan sinar energi pada titik tertentu di tubuh Anda.

Jenis terapi radiasi spesial, disebut stereotactic radiosurgery, melibatkan banyak radiasi sinar yang secara bersamaan difokuskan ke satu titik pada tubuh Anda.

4. Terapi Obat Tertarget

Obat-obat tertarget bekerja dengan mengganggu kelainan-kelainan spesifik tertentu pada tumor. Mereka telah terbukti memperlambat atau bahkan menghentikan kanker hati karsinoma hepatoseluler tahap lanjut agar tidak berkembang selama beberapa bulan lebih lama daripada jika tanpa pengobatan.

Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami bagaimana terapi tertarget, seperti obat sorafenib, dapat digunakan untuk mengendalikan perkembangan kanker hati stadium lanjut.

Jika Anda sedang menghadapi penyakit ini, pelajarilah sebanyak mungkin sebisanya mengenai pilihan pengobatan kanker hati yang tersedia dan kemungkinan efek samping yang ditimbulkannya. Diskusikanlah dengan dokter dan anggota keluarga sebelum memutuskan jenis pengobatan seperti apa yang akan dijalani.

Pengobatan Kanker Hati secara Herbal

Metode pengobatan alternatif yang patut dipertimbangkan ialah dengan menggunakan pengobatan herbal. Salah satu yang sudah teruji kemampuannya sebagai obat kanker hati alami adalah herbal Sarang Semut Papua.

Sehubungan dengan flavonoid, terdapat banyak mekanismen yang dilakukan oleh flavonoid dalam aktivitasnya sebagai anti-kanker yakni dapat berperan sebagai inaktivasi karsinogen, penghambatan siklus sel, antiproliferasi, inhibisi angiogenesis, dan juga pembalikan dari resistensi multiobat.

  • Inaktivasi karsinogen
    Menonaktifkan zat-zat aktif yang menjadi penyebab kanker.
  • Anti-proliferasi
    Menghambat proses perbanyakan (duplikasi) sel-sel abnormal yang menjadi penyebab dari kanker.
  • Penghambatan siklus sel
    Kanker timbul karena terjadi kegagalan pengendalian dalam siklus pembelahan sel, dimana sel mengalami pembelahan secara cepat dan terus menerus. Flavonoid bekerja dengan menghambat siklus pembelahan sel yang abnormal (kanker) tersebut.
  • Induksi apoptosis dan diferensiasi
    Merangsang proses bunuh diri sel-sel kanker.
  • Inhibisi angiogenesis
    Menghambat pembentukan pembuluh darah baru pada sel kanker yang berperan dalam menyediakan makanan/nutrisi bagi perkembangan sel kanker. Apabila sel kanker tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, sel kanker tersebut akan mati.
  • Pembalikkan resistensi multi-obat
    Flavonoid membantu tubuh terhindar dari resistensi/kebal terhadap obat-obat kanker hati yang sedang dikonsumsi.
Baca juga:  Penyebab Kanker Hati

Berbagai penelitian memperlihatkan bahwa herbal ini mengandung sejumlah senyawa aktif mulai dari tanin, tokoferol, flavonoid, polifenol. Dan berbagai mineral penting yang sangat bermanfaat sebagai antioksidan dan anti-kanker.

Di samping manfaat dari kandungan flavonoid, Sarang Semut juga mengandung alfa-tokoferol yang berkhasiat sebagai anti-kanker. Sekaligus mampu menangkal serangan radikal bebas. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ekstrak kasar Sarang Semut memiliki kandungan alfa-tokofeol yang sanggup meredam radikal bebas hingga hampir mencapai 100%.

Sarang Semut Tumpas Kanker Hati

Untuk menegaskan manfaat Sarang Semut dalam pengobatan kanker hati. Kami telah menerima testimonial yang dikirimkan oleh Sherly Herliana yang menceritakan bagaimana ayahnya telah divonis terkena kanker hati dan harus dirawat selama tiga minggu di sebuah rumah sakit di Jakarta.

Kekhawatiran Sherly dan anggota keluarga lainnya bertambah karena besarnya biaya pengobatan berkala yang akan dilakukan sang Ayah di Jakarta. Dalam kegundahannya, Sherly menemukan informasi herbal Sarang Semut dari Deherba.com. Kemudian Sherly memesan produk Sarang Semut tersebut dan meminta ayahnya rutin meminum herbal itu. Bagaimana hasilnya?

Selama 1 bulan rutin mengonsumsinya, kesehatan ayahnya mengalami kemajuan yang signifikan. Bengkak-bengkak yang dialami akibat kanker hati sudah hilang dan kondisi tubuh jadi fit sehingga bisa duduk dalam waktu lama.

Bulan kedua pemakaian, muntah-muntah yang menyiksa ayahnya sudah sirna. Dan setelah empat bulan penggunaan, sang Ayah dilaporkan telah pulih dari kanker hati.

Berkat kandungan tinggi tokoferol inilah kemungkinan Sarang Semut mendapatkan kemampuannya yang relatif bekerja lebih cepat dibandingkan herbal obat kanker hati lainnya. Rata-rata penggunanya sudah merasakan perbaikan positif sejak 1-3 bulan pertama konsumsi.

Keuntungan lain pengobatan kanker hati dengan herbal adalah tidak diperlukannya proses pembedahan yang panjang. Dan perbaikan kondisi yang didapat dengan cara alami, sehingga efek samping relatif tidak ada.

Bila Anda divonis terkena kanker hati, jangan takut, carilah informasi mengenai pilihan terbaik. Pengobatan kanker hati yang tersedia saat ini, secara medis maupun alternatif. Faktanya, dengan pengobatan dan perawatan yang benar, Anda akan semakin mungkin untuk pulih dari kanker hati.