7 Tanda-Tanda Kanker Ginjal Stadium Awal


By Cindy Wijaya

Kanker ginjal memang bukan jenis kanker yang kerap terdiagnosis. Kanker ini muncul pada tingkat relatif kecil namun bisa menjadi sangat mematikan. Sebuah alasan sederhana menjadi penyebabnya, kanker ini menyebabkan disfungsi ginjal yang berperan besar dalam fungsi pembuangan toksin dari dalam tubuh.

Bisa dibayangkan ketika tubuh gagal membuang toksin dan cairan berlebihan dari dalam tubuh. Tubuh pasien akan dipenuhi oleh toksin dan air yang dapat mengganggu keseluruhan fungsi tubuh pasien. Dan untuk itu penting untuk mewaspadai keberadaan sejumlah tanda-tanda kanker ginjal stadium awal ini untuk kewaspadaan Anda.

Semakin cepat keluhan terdeteksi, semakin cepat pula penanganan bisa dilakukan dengan hasil tentu lebih efektif. Menurut medicalnewstoday.com, berikut adalah sejumlah tanda-tanda kanker ginjal stadium awal yang perlu Anda kenali.

Nyeri pada Pinggang

Ginjal berada tepat di sisi kanan dan kiri pinggang, dan itulah sebabnya bila Anda mulai mengeluhkan rasa nyeri berketerusan pada pinggang Anda baik di kanan atau kiri, sebaiknya Anda waspada. Rasa nyeri ini bisa jadi tanda gejala kanker ginjal, meski sejumlah keluhan ginjal lain juga ditandai oleh gejala yang sama.

Demam dan Keringat Dingin

Inflamasi yang terbentuk pada area ginjal, ditambah pasien juga akan mengalami konflik dengan tingginya kadar toksin dalam tubuh, akan membuat pasien kerap mengalami efek demam dengan keringat dingin yang muncul di malam hari. Situasi ini kadang merujuk pada infeksi, tetapi bisa jadi ini juga ciri-ciri kanker ginjal.

Pembengkakan pada Pinggang dan Perut

Perhatikan bentuk perut dan pinggang Anda di sisi kanan atau kiri. Bilamana tampak ada pembengkakan atau bentuk asimetris dari keduanya, bisa jadi memang telah terjadi masalah pada ginjal Anda. Tak selamanya berarti tanda-tanda kanker ginjal, tetapi pembengkakan pada area ini besar kemungkinan merujuk pada masalah ginja.

Kencing Berdarah

Kencing berdarah menandakan adanya elemen darah yang terlarut dalam urin. Dan bisa jadi berasal dari seluruh bagian sistem aliran urin, termasuk dari ginjal. Dan hampir semua pasien kanker ginjal juga akan mengeluhkan kencing yang mengandung darah, bahkan sejak stadium awal.

Kaki Bengkak

Gangguan pada ginjal akan membuat sel-sel tubuh menyimpan air dari pada mengeluarkannya. Ini membuat Anda mengalami pembengkakan pada kaki dan ketika ditekan tidak segera kembali atau tidak bingkas.

Merasa Sangat Lelah

Pasien mengalami masalah dalam membuang toksin dalam tubuh, sementara kanker sendiri sangat mudah menyerap sumber energi dalam tubuh. Ini menyebabkan pasien mudah kelelahan. Bahkan biasanya pasien akan mengalami masalah anemia dan kekurangan nutrisi.

Kencing Tidak Nyaman

Ciri-ciri kanker ginjal stadium awal lain adalah munculnya keluhan ketika kencing seperti berjalan tidak tuntas. Atau justru seperti terus menerus ingin kencing. Pembengkakan pada ginjal membuat efek desakan pada saluran kencing dan mengganggu sirkulasi air kencing.

Itulah sejumlah ciri-ciri kanker ginjal pada stadium awal. Menurut data singhealth, kasus kanker ginjal termasuk rendah, pertambahannya pertahun hanya ekitar 2 % di seluruh dunia, namun dengan tingkat kematian tinggi, bahkan termasuk dalam 10 besar kanker paling mematikan di dunia.

Pada dasarnya, ginjal sendiri memang rentan mengalami masalah kerusakan sel. ada timbunan dan endapan toksin serta residu yang berdiam dalam ginjal untuk puluhan tahun. Dan semakin buruk bila sistem pembuangan kencing tidak berjalan lancar. Itu sebabnya lebih dari 80% kasus kanker ginjal dialami oleh mereka di usia di atas 50 tahun.

Kanker ini unik, dikenal sulit untuk bermetastasis mengingat posisinya justru di salah satu muara sirkulasi cairan dalam tubuh. Tetapi pengaruhnya yang cukup serius terhadap fungsi pembuangan bisa memberi efek mematikan bagi pasien. Bisa dikatakan kanker ginjal termasuk kanker dengan kemungkinan hidup relatif rendah.

Semakin dini tanda-tanda kanker ginjal terdeteksi, maka semakin baik juga kita bisa mencegah kematian atau dampak buruk lain yang diakibatkannya. Mengingat tingkat kematian pada kanker ginjal relatif tinggi.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}