Variasi Aneka Obat Mata

435

Diedit:

Penyakit mata itu banyak macamnya, berbeda penyakit mata maka obat mata yang Anda butuhkan pun tentu akan berbeda pula. Di sini kami akan membagi berdasarkan penyakit mata yang ada, semoga informasi ini bisa membantu Anda saat sedang terkena masalah mata.

Mata Bintitan

Mata bintitan ini sebenarnya memiliki nama lain bisul di mata. Keduanya merupakan kondisi yang serupa. Penyebab terjadinya bintitan tak lain adalah karena infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Bintitan merupakan peradangan yang terjadi di kelopak mata, entah itu bagian dalam atau internal, maupun pada bagian kelopak mata atau eksternal. Infeksi dari bakteri Staphylococcus aureus ini bisa dikarenakan beberapa faktor, antara lain kebiasaan mengucek mata, banyaknya kotoran atau debu yang menempel pada mata, selain itu karena kebersihan mata yang kurang terjaga.

Tanda-Tanda atau Gejala Mata Bintitan

Penyakit mata bintitan ini akan mengakibatkan beberapa macam tanda-tanda atau gejala, yaitu munculnya benjolan pada kelopak mata, benjolan tersebut akan membesar terus setiap harinya. Benjolan karena bintitan ini juga mengakibatkan rasa sakit serta gatal, memiliki warna merah, membuat penderita bintitan susah berkedip.

Penyakit bintitan dapat terjadi baik pada orang dewasa, remaja, maupun balita. Oleh karena itu, cara pengobatan yang tepat dalam menyembuhkan bintitan wajib untuk Anda ketahui. Jadi jika sewaktu-waktu Anda atau kolega Anda terkena penyakit ini, Anda tahu apa yang harus dilakukan dan tidak bingung sendiri.

Cara Pengobatan Standar

Untuk mengobati mata bintitan, Anda dapat menggunakan obat mata salep Amocillin maupun obat mat Ciprofloxacin. Keduanya bisa Anda manfaatkan dalam proses penyembuhan bintitan, sebab ke 2 macam salep ini memiliki sifat antibiotik, dan bisa membunuh bakteri penyebab bintitan yang Anda alami. Caranya cukup mengoles dengan teratur, sesudah mandi khususnya, tetapi jangan lupa keringkan dahulu daerah mata yang hendak diolesi salep tersebut. Dengan melakukannya teratur, niscaya penyakit bintitan ini akan segera hilang dengan cepat. Cara pengobatan ini cocok bagi Anda yang memiliki budget lebih.

Baca juga:  Sakit Mata: 5 Macam Penyakit Mata Penyebab Rabun

Cara Pengobatan Herbal untuk Mata Bintitan

  • Bawang Putih

    Bahan herbal pertama yang dapat Anda coba gunakan adalah bawang putih. Bawang putih memang merupakan tanaman yang terkenal memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Bawang putih pun memiliki khasiat untuk mengobati penyakit bintitan. Sesudah Anda mengkompres mata memakai air hangat, selanjutnya Anda olesi daerah kelopak mata yang terdapat bintitan memakai getah dari bawang putih. Anda juga bisa mengoleskan bawang putih yang sebelumnya sudah dihaluskan.

  • Air Hangat

    Selain bawang putih, Anda juga dapat mengkompres mata menggunakan air hangat, jangan air dingin. Ini merupakan cara yang cukup populer dan terbukti efektif. Anda sebaiknya rutin melakukan kompres mata bintitan menggunakan air hangat dengan jangka waktu 10 sampai dengan 15 menit, hingga mata kembali sehat bebas dari bisul yang menyerang sebelumnya.

Hal-hal yang harus dihindari ketika Anda terserang mata bintitan adalah jangan menekan daerah mata yang bintitan tersebut, walaupun memang terasa gatal mengganggu. Apabila tangan yang Anda gunakan itu kotor, maka infeksi yang terjadi justru akan semakin parah. Supaya proses penyembuhan dapat berlangsung cepat, Anda harus menghindari menyentuh mata bintitan tersebut. Jika memang terasa sangat gatal, mungkin Anda bisa mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menyentuh daerah yang bintitan pada mata.

Mata Belek

Setelah Anda mengetahui tentang penyakit mata bintitan dan cara pengobatannya baik yang secara alami maupun salep, kini mari membahas tentang sakit mata berikutnya. Sakit mata berikutnya adalah mata belek. Baca selengkapnya di bawah ini.

Setiap orang mungkin sudah pernah merasakan yang namanya mata belek ini. Mata belek memiliki nama lain belekan, merupakan istilah yang digunakan oleh orang Jawa. Sakit mata yang satu ini menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa pada sekitar daerah mata, mata berair dan Anda juga akan merasa pusing. Penyakit mata belek ini dapat berlangsung lumayan lama, bisa hingga 2 minggu bahkan sebulan. Kesemuanya tergantung kepada bagaimana jenis pengobatan yang Anda lakukan.

Baca juga:  Degenerasi Makula: Penyebab, Gejala, dan Cara Pengobatannya

Cara Pengobatan Herbal untuk Penyakit Mata Belek (Belekan)

  • Pertama, ambil daun sirih beberapa lembar, cuci sampai bersih, sesudahnya rebus menggunakan tambahan sedikit garam dapur, tunggu hingga mendidih
  • Kedua, sesudah direbus angkatlah, tunggu sampai dingin. Selanjutnya saring menggunakan kain bersih
  • Ketiga, dari air saringan tersebut, Anda pakai untuk cuci mata Anda yang sakit, lakukan 3x setiap hari. Dengan rutin melakukannya, maka penyakit mata belekan yang Anda derita bisa sembuh dengan cepat

Apabila sakit berlanjut, maka Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis mata. Karena mungkin ada kondisi yang berbeda, yang menyebabkan Anda membutuhkan pengobatan khusus.

Obat Mata Digigit Serangga

Selain karena infeksi bakteri, seperti dijelaskan di atas. Mata bengkak juga dapat diakibatkan oleh gigitan serangga. Ini sangat mungkin terjadi, apalagi jika di daerah tempat tinggal Anda cukup dekat dengan sarang serangga.

Untuk mengobati mata bengkak yang disebabkan serangga, apabila Anda tidur misalnya. Anda dapat menggunakan kompres dingin ke mata yang bengkak tersebut. Lakukan dengan teratur, 3 hingga 4 kali per harinya. Setiap mengkompres, luangkan waktu antara 10 sampai dengan 15 menit. Mengapa kompres dingin? Alasannya adalah karena kompres dingin memungkinkan bengkak untuk sembuh, khususnya di daerah kelopak mata. Selain itu, kompres dingin cukup mudah untuk Anda persiapkan.

Sekian artikel tentang variasi aneka obat mata. Jadi, apabila Anda mengalami salah satu jenis sakit mata, pengetahuan mengenai obat mata ini bisa memudahkan Anda mengetahui apa langkah awal untuk mengobatinya. Namun, jika sakit mata yang dialami tidak begitu parah, ada baiknya Anda mencoba mengobatinya dengan herbal atau cara-cara alami lain terlebih dulu.

Advertisement
Alinesia