Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Bayangan Hitam di Mata Bayangan Hitam di Mata Shutterstock

Melihat Bayangan Hitam di Mata? Ini Dia Penyebabnya!

Pernahkah Anda melihat seperti ada bayangan hitam di mata yang ikut bergerak kemana pun Anda memandang? Kadang-kadang bayanganan tersebut menyerupai titik hitam di mata, atau seperti benang yang melayang-layang. Ini cukup mengganggu, terutama ketika Anda melihat sesuatu yang cerah, misalnya kertas putih atau langit biru.

Keluhan semacam ini dinamakan floaters di mata (eye floaters). Sebenarnya keluhan ini tidak berbahaya dan tidak terlalu mengganggu ketajaman penglihatan Anda. Namun jika Anda memiliki floaters yang besar, itu bisa menimbulkan sedikit bayangan di penglihatan yang biasanya terlihat ketika ada cahaya.

Anda bisa belajar membiasakan diri melihat floaters di mata dan mulai mengabaikannya. Dengan begitu seiring berjalannya waktu bayangan hitam di mata menjadi semakin kurang terlihat.

Bagaimana Gejala-Gejala Floaters di Mata?

Floaters (artinya: mengapung) memperoleh namanya karena mereka bergerak mengapung di sekitar mata. Mereka biasanya pergi ketika Anda mencoba untuk fokus pada mereka. Floaters memiliki berbagai bentuk:

  • Titik hitam atau abu-abu
  • Garis berlekuk
  • Menyerupai benang, yang tampak menonjol dan hampir tembus pandang
  • Jaring laba-laba
  • Cincin

Sekali Anda memilikinya, mereka biasanya tidak akan menghilang. Tetapi sebagaimana sudah dijelaskan, biasanya Anda perlahan mulai mengabaikannya sehingga semakin kurang terlihat seraya waktu berlalu.

Apa Penyebab Bayangan Hitam di Mata?

Sebagian besar floaters merupakan flek kecil protein yang disebut kolagen. Mereka adalah bagian dari zat seperti gel yang berada di bagian belakang mata Anda yang disebut vitreous.

Seraya usia Anda bertambah, serat-serat protein yang membentuk vitreous menyusut hingga menjadi irisan-irisan kecil yang berkumpul bersamaan. Bayangan-bayangan yang mereka ciptakan di retina Anda itulah yang disebut floaters.

Jika Anda melihat seperti kilat, itu karena vitreous telah menjauh dari retina. Jika itu yang terjadi, sebaiknya segera temui dokter mata Anda.

Perubahan semacam ini dapat terjadi kapan pun, tetapi lebih sering dialami oleh orang-orang yang sudah berusia 50 – 75 tahun. Anda juga lebih mungkin mengalaminya jika menderita rabun jauh atau pernah menjalani operasi katarak.

Selain karena perubahan yang berkaitan dengan usia, bayangan di mata kadang-kadang juga bisa disebabkan oleh penyakit mata, cedera mata, retina diabetik, atau endapan seperti kristal yang terbentuk di vitreous.

Beberapa penyakit mata yang berkaitan dengan floaters antara lain: lepasnya retina, retina robek, perdarahan di vitreous, peradanganvitreous atau retina yang disebabkan oleh infeksi atau kondisi autoimun, serta tumor mata.

Ada juga keluhan yang mungkin mirip seperti floaters di mata yang disebabkan oleh sakit kepala migrain. Keluhan itu dapat terlihat seperti apa yang Anda lihat ketika mengarahkan mata ke dalam alat kaleidoskop. Bahkan mungkin pandangan tersebut bergerak.

Tetapi keluhan menyerupai floaters akibat migrain berbeda dengan jenis floaters seperti kilat yang dipicu oleh masalah mata lain. Keluhan migrain ini biasanya berlangsung selama beberapa menit dan mungkin terjadi di penglihatan pada kedua mata. Lalu keluhannya akan benar-benar menghilang, tidak seperti bayangan hitam di mata akibat floaters.

Kapan Harus Periksa ke Dokter

Kalau Anda hanya memiliki sedikit floaters di mata yang tidak kunjung memudar padahal sudah cukup lama, sebenarnya Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya. Tapi sebaiknya segera periksa ke dokter jika merasakan:

  • Floaters hitam di mata tiba-tiba bertambah banyak
  • Kilatan-kilatan cahaya
  • Kehilangan penglihatan samping
  • Perubahan-perubahan yang mendadak dan semakin memburuk
  • Bayangan hitam di mata setelah operasi atau cedera
  • Sakit mata

Pergilah ke dokter yang memiliki pengalaman menangani masalah-masalah retina. Anda bisa saja kehilangan penglihatan jika gejala-gejala di atas tidak secepatnya ditangani.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bayangan Hitam di Mata?

Masalah bayangan atau titik hitam di mata yang sepele sebetulnya hampir tidak pernah membutuhkan perawatan medis. Tapi jika Anda merasa terganggu dengannya, cobalah singkirkan mereka dari bidang pandangan Anda. Coba gerak-gerakkan mata Anda untuk menggeser cairan di dalamnya. Lihatlah ke arah atas dan bawah, yang biasanya lebih efektif daripada melihat kiri – kanan.

Kalau Anda memiliki banyak titik hitam di mata atau bentuk floaters lain yang menghalangi penglihatan, bisa saja dokter mata akan menyarankan Anda untuk menjalani operasi yang disebut vitrektomi. Dokter akan mengangkat vitreous yang ada di dalam mata Anda kemudian menggantinya dengan suatu larutan garam.

Perlu diketahui bahwa menjalani operasi untuk menghilangkan floaters di mata ini memiliki kemungkinan komplikasi lepasnya retina, retina robek, atau katarak. Meskipun risiko komplikasi tersebut rendah, tapi jika terjadi bisa menimbulkan dampak permanen pada penglihatan Anda.

Kini Anda mengetahui bahwa sebenarnya bayangan hitam di mata umumnya tidak berbahaya dan tidak bisa dihilangkan sama sekali. Jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir, sebaliknya cobalah biasakan diri hidup dengannya karena lama-kelamaan juga akan semakin kurang terlihat.

FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram

Log In or Register