Melihat Bayangan Hitam di Mata? Ini Penyebabnya & Cara Menghilangkannya


By Cindy Wijaya

Pernahkah Anda melihat seperti ada bayangan hitam di mata yang ikut bergerak kemana pun Anda memandang? Kadang-kadang bayanganan tersebut menyerupai titik hitam di mata, atau seperti benang yang melayang-layang. Ini cukup mengganggu, terutama ketika Anda melihat sesuatu yang cerah, misalnya kertas putih atau langit biru.

Keluhan semacam ini dinamakan floaters di mata (eye floaters). Sebenarnya keluhan ini tidak berbahaya dan tidak terlalu mengganggu ketajaman penglihatan Anda. Namun jika Anda memiliki floaters yang besar, itu bisa menimbulkan sedikit bayangan di penglihatan yang biasanya terlihat ketika ada cahaya.

Anda bisa belajar membiasakan diri melihat floaters di mata dan mulai mengabaikannya. Dengan begitu seiring berjalannya waktu bayangan hitam di mata menjadi semakin kurang terlihat.

Bagaimana Gejala-Gejala Floaters di Mata?

Eye floaters (artinya: mengapung) memperoleh namanya karena mereka bergerak mengapung atau terbang di sekitar mata. Mereka biasanya pergi ketika Anda mencoba untuk fokus pada mereka. Eye floaters memiliki berbagai bentuk:

  • Titik hitam atau abu-abu
  • Garis berlekuk
  • Menyerupai benang, yang tampak menonjol dan hampir tembus pandang
  • Jaring laba-laba
  • Cincin

Sekali Anda memilikinya, mereka biasanya tidak akan menghilang. Tetapi sebagaimana sudah dijelaskan, biasanya Anda perlahan mulai mengabaikannya sehingga semakin kurang terlihat seraya waktu berlalu.

Ilustrasi Cara Menghilangkan Bayangan Hitam di Mata
Credit Photo: meyerandmeyer – Adobe Stock

Apa Penyebab Bayangan Hitam di Mata?

Sebagian besar eye floaters merupakan flek kecil protein yang disebut kolagen. Mereka adalah bagian dari zat seperti gel yang berada di bagian belakang mata Anda yang disebut vitreous.

Seraya usia Anda bertambah, serat-serat protein yang membentuk vitreous menyusut hingga menjadi irisan-irisan kecil yang berkumpul bersamaan. Bayangan-bayangan yang mereka ciptakan di retina Anda itulah yang disebut eye floaters.

Jika Anda melihat seperti kilat, itu karena vitreous telah menjauh dari retina. Jika itu yang terjadi, sebaiknya segera temui dokter mata Anda.

Perubahan semacam ini dapat terjadi kapan pun, tetapi lebih sering dialami oleh orang-orang yang sudah berusia 50 – 75 tahun. Anda juga lebih mungkin mengalaminya jika menderita rabun jauh atau pernah menjalani operasi katarak.

Selain karena perubahan yang berkaitan dengan usia, penyebab bayangan hitam di mata kadang-kadang juga bisa karena penyakit mata, cedera mata, retina diabetik, atau endapan seperti kristal yang terbentuk di vitreous.

Beberapa penyakit mata yang berkaitan dengan eye floaters antara lain: lepasnya retina, retina robek, perdarahan di vitreous, peradangan vitreous atau retina yang disebabkan oleh infeksi atau kondisi autoimun, serta tumor mata.

Ada juga keluhan yang mungkin mirip seperti floaters di mata yang disebabkan oleh sakit kepala migrain. Keluhan itu dapat terlihat seperti apa yang Anda lihat ketika mengarahkan mata ke dalam alat kaleidoskop. Bahkan mungkin pandangan tersebut bergerak.

Tetapi keluhan menyerupai floaters akibat migrain berbeda dengan jenis floaters seperti kilat yang dipicu oleh masalah mata lain. Keluhan migrain ini biasanya berlangsung selama beberapa menit dan mungkin terjadi di penglihatan pada kedua mata. Lalu keluhannya akan benar-benar menghilang, tidak seperti bayangan hitam di mata akibat floaters.

Kapan Harus Periksakan Bayangan Hitam di Mata ke Dokter?

Kalau Anda hanya memiliki sedikit floaters di mata yang tidak kunjung memudar padahal sudah cukup lama, sebenarnya Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya. Tapi sebaiknya segera periksa ke dokter jika merasakan:

  • Bayangan hitam di mata tiba-tiba bertambah banyak
  • Kilatan-kilatan cahaya
  • Kehilangan penglihatan samping
  • Perubahan-perubahan yang mendadak dan semakin memburuk
  • Bayangan hitam di mata setelah operasi atau cedera
  • Sakit mata

Pergilah ke dokter yang memiliki pengalaman menangani masalah-masalah retina. Anda bisa saja kehilangan penglihatan jika gejala-gejala di atas tidak secepatnya ditangani.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bayangan Hitam di Mata?

Cara menghilangkan bayangan hitam di mata tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Beberapa kasus eye floaters tidak berbahaya, tetapi kasus yang lebih parah dapat mengganggu kesehatan mata Anda. Jika bayangan hitam di depan mata mulai mengganggu penglihatan, konsultasikanlah dengan dokter mengenai perawatan untuk mengurangi atau menghilangkannya.

Cara 1: Abaikan Mereka

Terkadang cara menghilangkan bayangan hitam di mata yang terbaik adalah dengan mengabaikannya. Dalam banyak kasus, eye floaters akan memudar dengan sendirinya. Jika mereka tidak memudar, kadang otak Anda akan belajar untuk mengabaikannya. Sehingga penglihatan Anda mulai beradaptasi, sehingga semakin lama Anda semakin tidak memperhatikannya lagi.

Cara 2: Vitrektomi

Vitrektomi adalah operasi invasif yang merupakan cara menghilangkan bayangan hitam di mata dari garis pandang Anda. Dalam prosedur ini, dokter mata akan mengeluarkan vitreous melalui sayatan kecil. Vitreous adalah zat bening seperti gel yang menjaga bentuk mata tetap bulat.

Dokter akan mengganti vitreous dengan sebuah larutan untuk mempertahankan bentuk mata Anda. Tubuh kemudian akan menghasilkan lebih banyak vitreous yang pada akhirnya akan menggantikan larutan tersebut.

Meskipun efektif, vitrektomi mungkin tidak selalu dapat menghilangkan floaters mata. Masih mungkin bagi mereka untuk terbentuk lagi, khususnya jika prosedur ini menyebabkan pendarahan atau cedera. Operasi ini digunakan untuk gejala floaters yang parah.

Cara 3: Terapi Laser

Terapi ini melibatkan laser yang diarahkan ke eye floaters. Hal ini dapat membuat mereka terpecah dan dapat mengurangi keberadaan mereka. Jika laser tidak diarahkan dengan benar, ada risiko dapat merusak retina.

Prosedur ini bukan metode pengobatan yang disarankan karena masih bersifat percobaan. Meskipun dipandang sebagai pengobatan yang efektif untuk beberapa kasus, namun beberapa orang hanya mengalami sedikit atau tidak ada perbaikan. Ini juga dapat memperburuk eye floaters dalam beberapa kasus.

Jadi pertimbangkan baik-baik pilihan cara menghilangkan bayangan hitam di mata Anda bersama dokter sebelum memutuskan metode ini.

Kini Anda mengetahui bahwa bayangan hitam di mata umumnya tidak berbahaya dan tidak bisa dihilangkan sama sekali. Jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir, sebaliknya cobalah biasakan diri hidup dengannya karena lama-kelamaan juga akan semakin kurang terlihat.

Meski begitu Anda tetap perlu memeriksakan mata ke dokter mata untuk memastikan penglihatan yang sehat. Entah Anda memiliki eye floaters atau tidak, penting untuk secara rutin melakukan pemeriksaan mata setiap 2 tahun (atau lebih sering jika punya riwayat gangguan mata). Pemeriksaan dapat mendeteksi dan mengobati kondisi serius penyebab bayangan hitam di mata sebelum kondisinya berlanjut.

Sumber

Verywell Health. What Causes Eye Floaters?. https://www.verywellhealth.com/what-causes-eye-floaters-5094901

Mayo Clinic. Eye floaters. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/eye-floaters/symptoms-causes/syc-20372346

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>