Tumor vs Kanker: Apa Bedanya Tumor dengan Kanker?

641
Apa Beda Tumor dan Kanker?
Credit Photo: Pikovit / Shutterstock

Apakah tumor sama dengan kanker? Jika beda, apa bedanya tumor dengan kanker? Pertanyaan semacam ini muncul karena masih banyak orang yang belum mengerti perbedaan tumor vs kanker. Agar bisa mengerti dengan jelas, ada baiknya kita cari tahu dulu pengertian dari kanker dan tumor. Dengan begitu kita bisa melihat apa perbedaan antara keduanya.

Dalam artikel ini akan dibahas masing-masing pengertian dari kanker dan tumor, serta perbedaan di antara keduanya.

Tumor vs Kanker: Pengertian Tumor dan Kanker

Apa itu tumor? Tumor adalah sekumpulan sel-sel abnormal yang membentuk benjolan atau pertumbuhan. Tumor dapat diawali di salah satu dari triliunan sel dalam tubuh kita. Cara tumbuh dan perilaku tumor berbeda-beda, tergantung pada apakah mereka bersifat ganas, jinak, atau pra-kanker.

Tumor yang bersifat ganas disebut juga sebagai “kanker”. Tumor yang bersifat jinak tidak disebut sebagai kanker. Sedangkan tumor yang bersifat pra-kanker berarti punya kemungkinan untuk berkembang menjadi kanker apabila tidak diobati.

Apa itu kanker? Kanker adalah istilah untuk sekelompok penyakit yang punya kesamaan; semuanya sama-sama dimulai dari sel-sel dalam tubuh yang tumbuh secara tak terkendali. Sebagaimana sudah disebutkan, kanker adalah tumor yang bersifat ganas.

Mengapa kanker disebut sebagai tumor ganas? Karena mereka bisa menyebar, atau menyerang, jaringan-jaringan di sekitarnya. Selain itu, seraya tumornya bertumbuh, sejumlah sel-sel kanker dapat memisahkan diri dan bergerak melalui peredaran darah atau sistem getah bening ke bagian-bagian tubuh lain, termasuk ke bagian yang jauh dari lokasi asal. Di lokasi baru itu sel-sel tersebut kemudian membentuk tumor baru.

Tumor vs Kanker: Perbedaan Tumor dengan Kanker

Apakah tumor sama dengan kanker? Sekarang jawabannya jelas; tidak. Kanker hanyalah salah satu bentuk dari tumor, yaitu tumor yang sifatnya ganas. Jika tidak bersifat ganas, maka tumor tersebut tidak bisa disebut sebagai kanker.

Apa bedanya kanker dengan tumor jinak? Kanker disebut ganas dalam arti punya kemampuan untuk menyebar atau menyerang jaringan-jaringan di dekatnya maupun ke bagian-bagian tubuh yang jauh dari lokasi asalnya.

Berbeda dengan tumor ganas atau kanker, tumor yang sifatnya jinak tidak menyebar atau menyerang jaringan-jaringan sekitarnya. Akan tetapi tumor jinak tetap bisa bertumbuh hingga cukup besar.

Perbedaan lainnya, tumor jinak biasanya tidak akan tumbuh kembali setelah diangkat, sedangkan tumor ganas kadang akan tumbuh kembali.

apakah kanker sama dengan tumor? Tidak, kanker bisa menyebar sedangkan tumor jinak tidak
Sel Kanker Menyebar Melalui Peredaran Darah atau Sistem Getah Bening (Courtesy: National Human Genome Research Institute)

Tumor vs Kanker: Apakah Tumor Bisa Menjadi Kanker?

Kita sudah tahu apa beda antara kanker dengan tumor, tapi sekarang pertanyaannya apakah tumor bisa berubah menjadi kanker? Bisa saja. Yang khususnya paling berisiko untuk berubah menjadi kanker adalah tumor yang bersifat pra-kanker.

Tumor yang sifatnya pra-kanker berarti memiliki sel-sel abnormal yang dapat berkembang menjadi sel-sel kanker apabila tidak diobati. Sebagian dari sel-sel tersebut memiliki mutasi genetik yang dapat hilang sendiri tanpa perawatan.

Tetapi ada sebagian sel-sel abnormal yang mewariskan mutasi genetik dan secara bertahap menjadi semakin abnormal saat mereka membelah, hingga akhirnya berkembang menjadi kanker. Biasanya butuh waktu lama bagi tumor yang bersifat pra-kanker untuk sampai berubah menjadi kanker.

Tingkat Pra-Kanker pada Tumor


Tingkat pra-kanker pada tumor bisa ringan, bisa juga parah. Ada beberapa istilah untuk menggambarkan tingkat keparahan dari kondisi pra-kanker pada tumor, yakni:

  • Hiperplasia: Tumor memiliki sel-sel anormal yang membelah dan memperbanyak diri dalam kecepatan lebih dari normal. Sel-sel tersebut masih tampak normal jika dilihat dengan mikroskop, tetapi jumlahnya lebih banyak daripada normalnya. Beberapa jenis hiperplasia bersifat pra-kanker, tapi kebanyakan tidak.
  • Atipia: Tumor memiliki sel-sel yang sedikit abnormal (atipikal). Kadang atipia disebabkan oleh proses penyembuhan dan peradangan alami, tetapi ada beberapa jenis atipia yang bersifat pra-kanker.
  • Metaplasia: Tumor memiliki sel-sel yang tampak normal jika dilihat dengan mikroskop, tetapi sel-sel itu sudah berubah dan bukan tipe sel yang biasanya ada pada jaringan atau daerah itu. Hanya beberapa jenis metaplasia yang bersifat pra-kanker, tetapi sebagian besar tidak.
  • Displasia: Tumor memiliki sel-sel abnormal, jumlahnya sudah lebih daripada normalnya, bertumbuh lebih cepat daripada biasanya, dan tidak teratur seperti sel-sel normal. Displasia adalah kondisi pra-kanker.
  • Karsinoma in situ: Tumor memiliki sel-sel yang sudah sangat abnormal, tetapi belum menyebar ke jaringan sekitarnya. Ini adalah jenis tumor pra-kanker yang paling parah dan harus diobati karena punya kemungkinan tinggi untuk berkembang menjadi kanker.

Orang-orang yang diketahui memiliki tumor pra-kanker biasanya harus melakukan pemeriksaan secara teratur. Dengan begitu mereka bisa segera mendapat perawatan apabila sel-sel pada tumor tersebut mulai berkembang menjadi semakin abnormal atau cenderung ke arah kanker.

Tumor vs Kanker: Perbedaan Benjolan Tumor dan Kanker

Kita sudah tahu bahwa tumor beda dengan kanker, tetapi apakah ada yang sama antara kanker dan tumor? Ya ada, keduanya sama-sama bisa muncul di bagian tubuh manapun. Jadi jika kita menyadari adanya benjolan atau pertumbuhan aneh pada suatu bagian tubuh, kita perlu waspada.

Namun jangan buru-buru menyimpulkan bahwa itu adalah tanda-tanda kanker, karena faktanya kebanyakan benjolan di tubuh hanya bersifat jinak. Bagaimana membedakan antara kanker dengan tumor jinak? Apa bedanya ciri-ciri kanker dan tumor jinak?

Ciri-Ciri Benjolan Tumor Jinak:


  • Benjolan tetap di satu tempat, tidak menyebar ke bagian tubuh lain
  • Bentuknya cenderung teratur, lembut, dan halus
  • Dapat dengan mudah digoyangkan
  • Benjolan tidak tumbuh kembali setelah diangkat melalui operasi bedah

Ciri-Ciri Benjolan Kanker:


  • Benjolan terus membesar selama beberapa minggu atau bulan
  • Bentuknya cenderung keras dan tidak bisa/susah digoyangkan
  • Tidak terasa sakit saat disentuh, tapi ada juga yang terasa sakit
  • Benjolan dapat tumbuh kembali setelah diangkat melalui operasi bedah

Segeralah temui dokter jika menyadari ada benjolan dengan ciri-ciri seperti di atas. Dokter dapat membantu memastikan apa sebenarnya penyebab dari benjolan tersebut. Beliau juga akan memberikan perawatan jika diketahui bahwa benjolan tersebut merupakan tumor ganas atau tumor yang bersifat pra-kanker.

Benjolan Lipoma di Tangan, Sejenis Tumor Jinak
Benjolan Lipoma di Tangan, Sejenis Tumor Jinak (Credit Photo: TimoninaIryna / iStock)

Kesimpulan tentang Tumor vs Kanker

Apakah kanker sama dengan tumor? Tidak. Berdasarkan pengertian kanker dan tumor, kanker hanyalah salah satu jenis tumor, yakni tumor yang bersifat ganas. Jika beda, apa bedanya tumor dengan kanker? Tumor (khususnya tumor jinak) tidak menyebar ke bagian tubuh lain, sedangkan kanker bisa menyebar ke bagian tubuh lain.

Apakah tumor bisa berubah jadi kanker? Ya bisa saja, khususnya tumor yang bersifat pra-kanker. Tumor tersebut memiliki sel-sel abnormal yang seiring waktu dapat berkembang menjadi sel-sel kanker apabila tidak diobati. Karena itu kita perlu segera mendapat perawatan medis jika diketahui memiliki tumor.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang tumor vs kanker. Semoga informasi ini dapat membantu Anda membedakan antara tumor dan kanker. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar penyakit tumor dan kanker hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Canadian Cancer Society. Types of Tumours. URL: https://www.cancer.ca/en/cancer-information/cancer-101/what-is-cancer/types-of-tumours/?region=on. Accessed: 2019-02-03