Tubuh Sering Lemas? Konsumsilah Makanan Penambah Energi!


By Cindy Wijaya

Terkadang aktifitas kita sehari-hari kerap membuat tubuh kelelahan dan kehabisan energi. Jika hal tersebut menimpa Anda, maka dampaknya akan sangat buruk. Pekerjaan yang mungkin tengah Anda kerjakan bisa terbengkalai dan Anda juga tidak dapat berkonsentrasi secara maksimal. Energi memang sangat penting dan dibutuhkan setiap harinya, untuk itu kita harus mengkonsumsi makanan penambah energi bagi tubuh.

Makanan yang bergizi tidaklah harus mahal, asalkan dapat memenuhi kebutuhan gizi maka makanan tersebut sudah layak disebut sebagai makanan penambah energi. Kandungan karbohidrat merupakan sumber energi yang sangat baik untuk tubuh dan kandungan tersebut banyak terdapat pada nasi dan roti.

Itulah alasan mengapa kita biasa makan nasi setiap hari, yaitu agar kita memiliki energi yang cukup untuk kita bisa beraktifitas setiap hari. Selain karbohidrat, kandungan lain seperti vitamin, protein, mineral dan zat besi juga penting bagi tubuh. Lalu, jenis makanan seperti apa yang dapat memberikan energi lebih bagi tubuh? Berikut ini ada beberapa jenis makanan penambah energi yang dinilai dapat meningkatkan stamina.

Makanan dan Minuman Penambah Energi

  • Bayam – Bayam merupakan jenis sayuran hijau yang banyak mengandung magnesium tinggi, mineral yang dapat menurunkan hormon kortisol penyebab stres. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jepang menyebutkan bahwa mengkonsumsi bayam dapat menjaga kesehatan kardiovaskular serta kandungan vitamin dan mineral didalamnya mampu memberikan energi yang dibutukan oleh tubuh.
  • Susu – Susu adalah minuman yang menyehatkan. Kandungan vitamin B2, B12 dan antioksidan yang dimilikinya merupakan nutrisi baik yang dapat meredakan stres. Selain itu susu juga banyak mengandung kalori yang dapat memberikan energi cukup bagi tubuh. Biasakan sebelum melakukan aktifitas anda minum satu gelas susu terlebih dahulu karena susu dapat memberikan energi secara instan.
  • Teh Ginseng – Sudah dari tahun 90-an minuman ini digunakan sebagai penambah energi. Kandungan antioksidan alami yang dimilikinya sangat baik untuk tubuh dan gingseng dapat memberikan energi dan konsentrasi ekstra jika anda mengkonsumsinya secara teratur. Ginseng memberikan rasa hangat ditubuh sehingga memiliki efek menenangan syaraf serta memberi tambahan energi untuk melakukan aktifitas fisik yang berat.
  • Strawberry – Strawberry merupakan buah-buahan yang banyak disukai oleh anak-anak. Warnanya yang merah merona menggugah selera kita untuk mencicipinya. Selain menyegarkan strawberry juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya yaitu dapat memberikan energi yang cukup bagi tubuh. Kandungan vitamin C dan mangan yang dimilikinya akan membantu memperbaiki kerusakan jaringan serta antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Kopi – Mungkin banyak hal negatif yang kita ketahui dari minum kopi. Tetapi untuk hal ini kopi juga memiliki manfaat yang positif bagi tubuh yaitu dapat meningkatkan energi dalam tubuh. Kandungan kafein yang dimilikinya mampu meningkatkan tingkat energi dan kopi memiliki komponen tertentu yang dapat membantu ketajaman otak serta meningkatkan kecerdasan otak.
  • Air Putih – Air putih adalah jenis minuman yang menduduki deretan teratas sebagai minuman pembangkit energi. Sekitar 60% yang terdapat pada tubuh manusia adalah air. Ketika kita bekerja terlalu keras maka tubuh akan mengalami dehidrasi (kekurangan cairan). Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu minum air putih agar energi bisa pulih kembali. Minumlah air putih yang baik yaitu minimal 8 gelas perharinya.

Jangan paksakan untuk melakukan aktifitas yang berat jika energi yang Anda miliki telah habis. Beri asupan makanan penambah energi seperti yang telah disebutkan di atas agar energi yang dimiliki dapat kembali pulih dan Anda juga dapat melakukan aktifitas dengan baik seperti sedia kala.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}