• Home
  • Blog
  • Migrain
  • Migrain Kambuh? Redakan dengan Titik Pijat untuk Sakit Kepala Migrain

Migrain Kambuh? Redakan dengan Titik Pijat untuk Sakit Kepala Migrain


By Cindy Wijaya

Migrain bisa menjadi masalah kesehatan kronis yang melemahkan. Sakit kepala berdenyut bukan satu-satunya gejala yang dirasakan para penderita migrain. Seseorang juga bisa mengalami mual, muntah, diare, pandangan kabur, juga sensitif terhadap cahaya dan suara. Beruntung ada beragam cara untuk mengatasinya, mulai dari perubahan gaya hidup untuk menghindari pemicunya, obat penghilang rasa sakit, pengobatan tradisional, hingga dengan terapi pijat.

Dalam artikel ini akan dikupas mengenai titik pijat untuk sakit kepala migrain. Sebagian penderita migrain dapat merasa lebih baik setelah menekan titik-titik pijat pada bagian-bagian tubuh mereka. Jika Anda menekan titik tersebut, itu disebut terapi akupresur. Jika Anda menggunakan jarum tipis untuk merangsang titik tersebut, itu disebut terapi akupunktur.

Bacalah artikel ini untuk mengetahui tentang titik-titik pijat yang umum digunakan untuk menghilangkan migrain. Juga apa yang telah dibuktikan oleh penelitian mengenai terapi titik pijat ini.

Titik Pijat untuk Sakit Kepala Migrain

Titik pijat yang digunakan untuk meredakan sakit kepala migrain antara lain berada di telinga, tangan, kaki, serta area lain seperti di wajah dan leher.

Titik Akupresur untuk Sakit Kepala Migrain di Telinga

Ada jenis akupresur yang difokuskan pada titik-titik di telinga, yang disebut auriculotherapy. Sebuah ulasan penelitian tahun 2018 mendapati bahwa auriculotherapy dapat membantu mengatasi rasa sakit yang kronis.

Penelitian lain dari tahun yang sama menunjukkan bahwa auriculotherapy dapat meringankan gejala migrain pada anak-anak. Namun kedua ulasan penelitian tersebut menyatakan bahwa masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikannya.

Titik akupresur untuk sakit kepala migrain di telinga antara lain:

Ear gate (gerbang telinga): Juga dikenal sebagai SJ21 atau Ermen, titik ini berada di tempat bagian atas telinga Anda bertemu dengan pelipis Anda. Menekan titik ini mungkin efektif untuk mengatasi nyeri di rahang dan wajah.

Daith: Titik ini berada di tulang rawan tepat di atas lubang saluran telinga Anda. Sebuah laporan tahun 2020 menunjukkan bahwa seorang wanita teratasi sakit kepalanya dengan tindik di daith, yang dapat menyerupai akupunktur. Namun tidak ada cukup bukti untuk praktik ini.

Ear apex (puncak telinga): Titik ini disebut juga HN6 atau Erjian, dan berada di bagian paling ujung dari puncak telinga Anda. Menekan titik ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Titik Akupresur untuk Sakit Kepala Migrain di Tangan

Titik union valley, yang disebut juga titik LI4 atau Hegu, terletak di antara pangkal ibu jari dan jari telunjung di masing-masing tangan. Menekan titik ini dapat mengurangi rasa sakit dan sakit kepala.

Titik Akupresur untuk Sakit Kepala Migrain di Kaki

Berikut adalah lokasi-lokasi titik pijat untuk sakit kepala migrain di kaki:

Great surge: Juga dikenal sebagai LV3 atau Tai Chong, titik ini berada di “lembah” antara jempol kaki dan jari kaki kedua (jari telunjuk kaki) sekitar 2,5 – 5 cm ke belakang dari jari-jari kaki. Menekan titik ini dapat membantu mengurangi stres, insomnia, dan kecemasan.

Above tears: Titik ini juga disebut GB41 atau Zulinqi, yang terletak di antara dan sedikit ke belakang dari jari kaki keempat (jari manis kaki) dan kelima (jari kelingking kaki). Sebuah studi tahun 2017 menunjukkan bahwa akupunktur di GB41 dan titik-titik lainnya lebih baik dalam mengurangi episode migrain daripada injeksi atau pengobatan Botox.

Moving point: Titik ini juga disebut LV2 atau Xingjian. Anda dapat menemukannya di “lembah” antara jempol kaki dan jari kaki kedua (jari telunjuk kaki) Anda. Menekan titik ini dapat mengurangi rasa sakit di rahang dan wajah Anda.

Lokasi-Lokasi Lain Titik Pijat untuk Sakit Kepala Migrain

Terdapat juga titik-titik pijat di wajah, leher, dan pundak Anda yang dapat membantu meringankan sakit kepala dan rasa sakit lainnya. Berikut lokasi-lokasinya:

Third eye: Titik ini terletak di tengah dahi Anda sekitar alis dan disebut juga titik GV24.5 atau Yin Tang. Sebuah studi tahun 2019 mendapati bahwa akupunktur di titik-titik termasuk GV24.5 memperbaiki enerdi dan stres pada sekelompok kecil anggota militer AS.

Drilling bamboo: Kadang-kadang disebut juga titik bamboo gathering, BL2, atau Zanzhu, ini adalah dua titik lekukan tempat dimana hidung mencapai alis. Penelitian dari tahun 2020 mendapati bahwa akupunktur pada BL2 dan titik-titik lainnya sama efektifnya dengan obat untuk mengurangi kekambuhan migrain.

Gates of consciousness: Ini juga disebut titik GB20 atau Feng Chi. Terletak di dua area berongga yang berdampingan dimana otot leher bertemu dengan dasar tengkorak. Menekan titik ini dapat membantu meringankan migrain dan kelelahan.

Shoulder well: Juga dikenal sebagai titik GB21 atau Jian Jing, berada di atas setiap bahu, setengah jalan ke pangkal leher Anda. Menekan titik ini dapat mengurangi rasa sakit, sakit kepala, dan leher kaku.

Apakah Titik Pijat untuk Sakit Kepala Migrain Efektif?

Berbagai studi menunjukkan bahwa akupresur dan akupunktur dapat membantu meringankan sejumlah gejala migrain. Namun memang masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikannya.

Penelitain dari tahun 2017 mendapati bahwa akupresur dapat membantu mengurangi mual yang berhubungan dengan migrain. Partisipan menerima akupresur pada titik-titik di kepala dan pergelanan tangan selama 8 minggu bersama dengan konsumsi obat sodium valproate.

Penelitian ini mendapati bahwa akupresur yang dikombinasikan dengan sodium valproate mampu mengurangi mual, sedangkan konsumsi sodium valproat saja tidak mampu.

Menurut sebuah penelitian lain yang diterbitkan pada tahun 2019, akupresur yang dilakukan sendirian (tanpa dikombinasikan obat) juga dapat mengurangi kelelahan pada penderita migrain. Merasa lelah adalah salah satu gejala umum migrain.

Sebuah tinjauan penelitian tahun 2019 menunjukkan bahwa akupunktur mungkin lebih efektif daripada obat-obatan untuk mengurangi kekambuhan migrain, dan dengan efek negatif yang lebih sedikit. Namun, dicatat bahwa lebih banyak penelitian perlu dilakukan.

Studi tentang masalah terkait gangguan stres pasca trauma (PTSD) dan multiple sclerosis juga telah memperlihatkan perbaikan dalam mengatasi rasa sakit menggunakan terapi akupresur dan akupunktur.

Sebuah studi tahun 2016 menyelidiki manfaat akupunktur auricular bagi para veteran yang menderita PTSD. Partisipan studi ini melaporkan mengalami perbaikan dalam kualitas tidur, tingkat relaksasi, dan rasa sakit mereka, termasuk sakit kepala mereka.

Melakukan Pijat Akupresur Sendiri di Rumah

Apabila Anda tidak bisa datang ke ahli akupresur atau ahli akupunktur, Anda bisa mencoba melakukan pijat akupresur sendiri di rumah.

Teknik dasar akupresur adalah dengan memberi tekanan yang tetap dan kuat selama 30 – 90 detik. Bisa juga diikuti dengan memberi pijatan dengan gerakan memutar selama jangka waktu yang sama. Anda bisa memberi tekanan menggunakan 1-2 jari tangan.

Beri tekanan pada titik akupresur untuk sakit kepala migrain dalam posisi duduk atau berbaring yang nyaman dan rileks. Anda bisa menarik napas dalam-dalam untuk membantu tubuh lebih rileks.

Tetapi sebaiknya segera berhenti melakukan teknik pijat akupresur apabila sakit kepala migrain Anda menjadi semakin parah atau justru timbul rasa sakit lainnya. Sebaiknya coba cara lain untuk mengatasi migrain, seperti dengan minum obat migrain yang bisa diperoleh di apotik.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang titik pijat untuk sakit kepala migrain. Semoga informasi ini dapat berguna untuk mengatasi keluhan Anda. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar solusi kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Healthline. Stimulating Pressure Points for Migraine Relief. https://www.healthline.com/health/migraine/pressure-point-for-migraine

Kompas.com. Pijat Akupresur untuk Diri Sendiri. https://health.kompas.com/read/2014/06/10/0822069/Pijat.Akupresur.untuk.Diri.Sendiri

 

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>