Tips Cepat Hamil, Khusus untuk Calon Ibu

504
Shutterstock

Diedit:

Bagi pasangan suami istri, memiliki keturunan adalah salah satu bagian penting yang ingin dicapai. Hanya saja kadang pada beberapa pasangan, masalah memiliki keturunan tidak semudah yang diharapkan.

Beberapa pasangan perlu melakukan sejumlah upaya khusus untuk bisa segera cepat hamil. Dan pada kesempatan ini kami akan mencoba melihat lebih jauh, apa saja tips yang bisa diupayakan untuk bisa segera memiliki keturunan dan cepat hamil.

Masalah sulit hamil memang terbilang kompleks. Banyak penyebab yang bisa memicu seorang wanita tidak mudah untuk hamil. Aspek internal dan eksternal sekaligus akan mempengaruhi bagaimana seorang wanita untuk bisa segera hamil atau tidak.

Dan untuk itu, diperlukan upaya sungguh-sungguh untuk bisa membuat seorang wanita cepat hamil. Apa sajakah itu? Berikut adalah sejumlah tips cepat hamil untuk calon ibu dikutip dari sumber livescience.com.

Catat periode menstruasi

Seorang wanita yang ingin merencanakan kehamilan dengan segera sebaiknya mengenali betul periode menstruasi mereka. Mereka perlu untuk mencatat dengan detil periode menstruasi yang mereka alami setiap bulan.

Dengan cara ini mereka bisa segera mendeteksi ketika hari pertama dari periode menstruasi mereka datang tidak secara teratur. Ini bisa menjadi indikator adanya masalah pada sistem pembuahan Anda. Tentu semakin awal deteksi dilakukan semakin cepat dan efektif pula terapi bisa dilakukan.

Selain itu, dengan mengenali betul sistem siklus menstruasi Anda sendiri, bisa menjadi dasar untuk memperkirakan kapan Anda sedang dalam masa subur. Masa subur akan menjadi masa-masa terbaik untuk bisa segera mendapatkan kehamilan.

Pahami kapan waktu tersubur

Selain Anda mengenali siklus haid dan masa periode Anda. Cari tahu pula kapan sebenarnya Anda mendapatkan masa subur. Penting mengenali kapan masa subur Anda, untuk memastikan kapan Anda perlu lebih aktif secara seksual.

Pada kondisi yang reguler, wanita akan mengalami masa subur pada masa sekitar 2 pekan sebelum menstruasi datang. Tapi kadang waktu subur seseorang bisa meleset antara 12 sampai 18 hari, jadi kadang relatif sulit bila hanya berlandaskan teori.

Anda juga bisa memanfaatkan perangkat khusus memeriksa masa kesuburan. Perangkat ini bekerja serupa dengan mekanisme perangkat tes kehamilan. Hanya saja perangkat ini bekerja membaca hormon yang bekerja pada masa ovulasi. Ketika perangkat menampakan tanda positif, maka Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari aktivitas seksual sekitar 3 hari pasca tes.

Anda juga bisa membaca kesuburan seorang wanita dengan membaca suhu tubuh wanita. Pada dasarnya wanita cenderung mengalami kenaikan temperatur tubuh selama masa subur. Meski kadang dianggap kurang akurat, tetapi banyak pakar yang melihat cara ini cukup efektif.

Lakukan hubungan seks di masa-masa subur

Perhatikan dengan baik kapan masa subur Anda datang, dan lakukan hubungan seksual setiap hari di masa ini. Ini akan membantu meningkatkan kemungkinan Anda berhasil dengan program kehamilan Anda dengan lebih optimal.

Waktu masa subur pada umumnya berjalan sekitar 6 hari, yakni 5 hari masa ovulasi dan 1 hari setelahnya. Tetapi Anda disarankan melakukannya sekitar 2 hari sebelum masa ovulasi terjadi dan terus melakukannya hingga 2 hari setelah masa ovulasi berakhir. Pada dasarnya ini memberi potensi kehamilan hingga 37%.

Anda juga bisa memilih untuk melakukan aktivitas seksual setiap hari. Tetapi beberapa pakar melihat kadang ini dianggap terlalu lemah. Dan ketika sperma dikeluarkan setiap hari, kuantitas dan kualitasnya akan menurun dibandingkan dengan dikeluarkan secara periodik. Namun sejumlah pakar, masih melihat adanya kemungkinan kehamilan 33% pada mereka yang melakukannya terus menerus setiap hari.

Baca juga:  Mewaspadai Komplikasi pada Ibu Hamil

Abaikan sejumlah mitos seperti tetap telentang pasca masuknya sperma ke dalam liang rahim. Atau ketika dikatakan posisi tertentu bisa membantu penetrasi berjalan optimal. Hanya beberapa pakar melihat beberapa pelumas berbasis air bisa mengurangi efektifitas sperma.

Jaga berat badan

Berat badan ideal juga menjadi salah satu kunci penting bagi wanita untuk bisa segera mendapatkan kehamilan. Menjadi terlalu gemuk kadang membuat kehamilan tidak mudah terjadi karena efek terlalu banyak lapisan lemak untuk ruang gerak sperma, telur dan janin. Juga karena terlalu gemuk bisa mendorong produksi estrogen berlebihan yang tidak baik untuk kesuburan. 

Tetapi terlalu kurus juga tidak lebih baik. Anda bisa menjadi kehilangan keseimbangan hormonal yang diperlukan, bahkan kekurangan kesuburan. Faktanya bahkan siklus haid juga membutuhkan peran lemak.

Dikatakan dalam National Institutes of Health tahu 2017 dengan tajuk Couples with obesity may take longer to achieve pregnancy bahwa pasangan yang mengalami obesitas cenderung sulit untuk hamil setidaknya hingga lebih dari 50%.

Konsumsi vitamin sebelum kehamilan

Sejumlah pakar juga merekomendasikan wanita untuk cepat hamil dengan mengonsumsi vitamin khusus untuk pre kehamilan. Vitamin-vitamin tertentu seperti asam folat, vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin E. Komponen ini bekerja untuk membentuk kondisi sehat pada rahim sehingga sepenuhnya sia dihuni oleh janin.

Dikatakan dalam The Centers for Disease Control and Prevention bahwa mengonsumsi sejumlah komponen nutrisi tersebut setidaknya 1 bulan sebelum kehamilan akan membantu mencegah kegagalan kehamilan di usia dini.

Konsumsi makanan sehat

Untuk lebih mudah hamil, Anda perlu menjadi sepenuhnya sehat. Pandangan sederhana yang rupanya sangat penting. Anda perlu untuk mengubah pola makan Anda untuk lebih fokus pada jenis makanan sehat dan kombinasi makanan yang seimbang.

Ini bukan hanya membantu Anda mengendalikan berat badan, tetapi mendapatkan cukup nutrisi untuk seluruh fungsi tubuh Anda, terutama untuk fungsi kesehatan reproduksi. Juga membantu Anda mengurangi aspek toksin, residu dan radikal bebas yang bisa mengganggu keseimbangan dalam tubuh Anda.

Kurangi asupan makanan yang sekiranya bisa menyebabkan Anda terpapar toksin. Termasuk juga makanan sehat yang sekirany rentan terkontaminasi toksin. Sejumlah pakar bahkan melihat adanya bahaya dari mengonsumsi ikan-ikanan tertentu karena adanya kemungkinan kontaminasi unsur merkuri dan metal di lautan bebas.

Atur aktivitas olahraga

Menjadi berlebihan memang selalu tidak disarankan. Anda memang direkomendasikan untuk rutin berolahraga untuk bisa cepat hamil. Tetapi untuk cepat hamil Anda juga tidak disarankan untuk berlebihan dengan olahraga.

Olahraga yang teratur membantu tubuh Anda bugar, menjaga sirkulasi darah berjalan dengan baik dan membantu membakar kelebihan kalori yang berbahaya untuk program kehamilan. Tetapi berolahraga berlebihan akan mendorong tubuh Anda memproduksi hormon androgen berlebihan yang bisa mengganggu kesehatan sistem ovulasi. Memiliki perut terlalu berotot dan dada yang kencang juga dianggap mengganggu fungsi kehamilan dan proses pembentukan ASI.

Baca juga:  Hamil di Luar Kandungan: Bagaimana Bisa Terjadi?

Perhatikan faktor usia

Ditemukan fakta bahwa wanita akan mulai mengalami penurunan fungsi reproduksi mereka ketika mereka mulai menginjak usia 30 tahun. Dan akan semakin menurun setelah berusia 37 tahun, kemudian terus menurun seiring pertambahan usia. Semakin berusia seorang wanita, semakin besar resiko mereka untuk mendapatkan kehamilan.

Juga dikatakan bahwa seiring pertambahan usia, seorang wanita juga semakin rentan mengalami masalah dengan fungsi reproduksi mereka. Sejumlah kasus bisa saja terjadi seperti endometriosis, adenometriois, PCOS, fibroid pada rahim dan lain sebagainya.

Berhenti merokok

Merokok sama sekali bukan ide yang baik untuk dilakukan wanita. Terbukti dalam laporan the American Society for Reproductive Medicine bahwa nikotin dan karbon monoksida dalam rokok berperan merusak telur dalam ovarium dan membuat ovarium gagal mematangkan telur untuk dibuahi.

Rokok dan asap rokok terbukti memberi efek negatif pada ovarium. Ovarium mengalami penurunan fungsi, bahkan pada level lebih serius, wanita bisa mengalami masa menopause dini akibat efek rokok. Bahkan bila itu hanya karena efek merokok pasif.

Berhenti konsumsi alkohol

Meski sejumlah pakar melihat bahwa dalam kadar sangat moderat anggur baik untuk tubuh, tetapi ketika bicara soal kehamilan, segala jenis minuman beralkohol  sangat disarankan untuk Anda hindari. Efek negatif dari alkohol pada reproduksi wanita bisa lebih serius dari manfaat yang mungkin bisa Anda dapatkan.

Mengonsumsi alkohol meski hanya dalam level moderat dikatakan akan mempersulit wanita untuk hamil. Sedang bagi wanita alkoholik, ada resiko sejumlah komponen sel endometrium yang menjadi letak perlekatan sel janin untuk mati dan tidak bisa regenerasi kembali. Hal ini dijelaskan dalam American College of Obstetricians and Gynecologists tahun 2012.

Bangun lingkungan yang sehat

Untuk menjadi sepenuhnya sehat, bebas toksin dan bebas dari aspek karsinogen serta polutan, sebaiknya Anda bukan hanya terfokus pada pola makan yang sehat. Anda juga perlu membangun lingkungan sehat yang aman dari aspek toksin dan polutan.

Tanami lingkungan tinggal Anda dengan tanaman untuk meredam efek polutan dari udara di sekitar Anda. Terutama bila Anda tinggal di kawasan kota besar. Minimalkan ekspos dari toksin dengan menggunakan masker dan sarung tangan ketika terpaksa harus bekerja dengan senyawa kimia seperti pembersih keramik, obat serangga dan lain sebagainya.

Kendalikan stress

Masalah stress rupanya berperan besar dalam menyukseskan program cepat hamil yang Anda jalankan. Stress akan membuat sejumlah gangguan pada fungsi hormonal, termasuk mengganggu produksi hormon yang bekerja pada fungsi seksual dan reproduksi. Stress juga membuat Anda tidak relaks dan sulit menjalankan aktivitas seksual dengan nyaman.

Dijelaskan dalam webmd.com, bahwa wanita yang stress cenderung menjadi sulit untuk mendapatkan kehamilan. Kaitan keduanya memang belum sepenuhnya dipahami, tetapi setiap dokter kandungan akan memberi saran yang sama, bahwa sang calon ibu sebaiknya berusaha mengendalikan stress mereka dengan baik.

Itulah sejumlah tips cepat hamil yang disarankan untuk Anda jalankan ketika Anda ingin segera bisa hamil. Memiliki keturunan memang selalu menjadi harapan setiap pasangan suami istri, dan menjalankan sejumlah upaya untuk bisa cepat hamil akan membantu Anda segera mewujudkan impian tersebut.

Advertisement
Alinesia