Ternyata, Ada Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan!

660

Diedit:

Daun kenikir, salah satu jenis lalapan yang banyak digemari pecinta sayuran segar di Indonesia, biasanya disajikan bersama sambal terasi atau sambal pecel. Dibalik kenikmatan dan aroma wanginya yang khas, rupanya tersimpan sederet manfaat daun kenikir untuk kesehatan, sehingga membuatnya semakin layak untuk masuk dalam menu makan harian Anda.

Berdasarkan salah satu jurnal yang diterbitkan oleh IPB dikatakan bahwa daun kenikir memang memiliki kandungan anti oksidan yang lengkap. Kandungannya inilah yang menjadikan daun kenikir sangat cocok sebagai herbal selain untuk menjadi menu makanan penggemar sayuran dan vegetarian.

Dalam kenikir juga ditemukan beberapa vitamin seperti vitamin C, A, E, K, dan D serta sejumlah jenis vitamin B. Selain itu dalam kenikir dijumpai pula mineral kalsium, fosfor, dan tembaga dalam jumlah yang cukup untuk membantu menunjang kesehatan tulang.

Namun manfaat daun kenikir justru didapat dari tingginya dan beragamnya jenis anti oksidan di dalamnya. Adapun beberapa kandungan anti oksidan dalam daun kenikir antara lain: Tokoferol, Isoflavon, Hidroksiugenol, Flavonoid, Saponin, Terpenoid, Kuersetin, Atsiri, Koniferil, Alkaloid.

Dan apa saja manfaat daun kenikir yang bisa Anda dapatkan dari tanaman lalapan satu ini? Berikut ini adalah beberapa manfaat daun kenikir yang berhasil kami himpun dari beberapa sumber.

1. Pengobatan masalah lambung dan pencernaan

Kandungan alkaloid, saponin, dan hidroksiugenol dalam daun kenikir baik untuk membantu menetralkan asam lambung berlebih. Terdapat pula manfaat untuk anti inflamasi sehingga baik untuk membantu mengatasi masalah pencernaan dan radang lambung. Kandungan tokoferol dan flavonoidnya baik untuk membantu membersihkan pencernaan dari unsur toksin dan radikal bebas yang melekat dan mengendap di dalam.

2. Membantu mengembalikan keseimbangan hormonal

Pria dan wanita sering mengalami gangguan kesehatan yang berkaitan dengan keluhan hormonal, biasanya disebabkan oleh aspek stress, pola makan, dan kurang olahraga. Dan keberadaan flavonoid, isoflavon, koniferil, dan saponin akan sangat baik untuk membantu mengembalikan keseimbangan hormonal, termasuk keseimbangan hormon genital dan sistem pengaturan pusat produksi hormon di otak.

Baca juga:  Manfaat Kenikir untuk Kanker Payudara, Jangan Sia-siakan!

3. Sebagai anti kanker

Sederet kandungan anti oksidan dalam daun kenikir terbukti masing-masing memiliki peran sebagai anti karsinogen. Ekstrak dari kenikir sendiri terbukti dalam sebuah riset di IPB memiliki sifat inhibitor atau penghambat pembentukan sel kanker dan menghambat sel kanker melakukan penyebaran (metastasis) ke organ lain dalam tubuh. Terpenoid dalam daun kenikir juga membantu meregenerasi sel sehat dan menghambat regenerasi sel abnormal dalam tubuh.

4. Membantu merawat kondisi kardiovaskular

Kandungan saponin dan quercetin dalam daun kenikir memberikan manfaat perawatan fungsi kardiovaskular layaknya suplemen vitamin C 2400 cc. Fungsinya untuk membantu menjaga stabilitas detak jantung dan daya pompa jantung. Kandungan anti oksidan lain akan membantu menjaga proses regenerasi sel jantung, menjaga kebugaran jantung dan membantu mengangkat endapan kolesterol, toksin dan residu dalam pembuluh darah yang akan mengganggu sirkulasi darah dan fungsi kardiovaskular.

5. Membantu mengatasi keluhan ASI dan payudara bengkak pada ibu menyusui

Kandungan saponin dalam daun kenikir akan memacu produksi ASI bagi ibu menyusui. Di samping itu, kandungan quercetin di dalamnya akan membantu meredakan rasa nyeri dan demam yang kadang muncul karena kebanyakan ASI dan menyebabkan bengkak pada payudara. Cara perawatan payudara dengan kenikir adalah dengan mengompres payudara menggunakan daun kenikir yang sudah diasap.

6. Membantu dalam perawatan wajah

Kandungan vitamin C dan E dalam daun kenikir bukan satu-satunya alasan sehingga daun kenikir memiliki manfaat untuk kencantikan dan kehalusan wajah serta kulit. Kandungan flavonoidnya jelas berperan dalam membantu membersihkan pembuluh darah dan membantu melancarkan sirkulasi darah menuju kulit dan memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi kulit dengan lebih baik. Terpenoid akan membantu menstimulasi regenerasi sel kulit dan saponinnya akan membantu menstimulasi masalah hormonal yang bisa menyebabkan keluhan kulit kusam, pigmentasi, dan produksi minyak berlebih. Sebagai tambahan, kandungan quercetin serta koniferilnya akan meningkatkan kemampuan tubuh melawan serangan bakteri jerawat.

Baca juga:  Kenikir Obat Kanker: Alternatif Pengobatan Kanker

7. Menguatkan tulang

Mineral penting dalam daun kenikir terutama dalam bentuk kalsium, fosfor, magnesium, dan tembaga yang seluruhnya berperan besar dalam proses pembentukan tulang, proses regenerasi sel tulang, serta mengisi kekurangan struktur tulang karena faktor usia.

8. Membantu mengatasi keluhan bau mulut dan sariawan

Aspek anti inflamasi dan anti bakteri terbaik dari daun kenikir terdapat pada kinoferil dan quercetin. Keduanya berperan baik membantu memperbaiki keseimbangan bakteri dalam mulut dan membantu menormalkan kadar keasaman mulut. Kondisi ini akan membantu mengurangi risiko pembentukan sariawan pada mulut, keluhan gusi berdarah, dan membantu pula mengatasi masalah bau mulut. Aroma wangi dari daun kenikir akan memberi stimulasi baik untuk aroma mulut yang lebih baik.

9. Penambah nafsu makan

Quersetin dan kinoferil dalam daun kenikir ternyata juga memacu selera makan. Terbukti ketika Anda menyantap hidangan dengan lalapan daun kenikir rebus, Anda pasti merasa lebih bernafsu dan lebih bersemangat makan.

10. Obat gondongan

Gondongan erat kaitannya dengan peradangan pada sistem limfatik area leher. Ada beberapa peran daun kenikir untuk membantu masalah ini, seperti kandungan anti inflamasi di dalamnya akan membantu meringankan peradangan, saponin akan menetralisir masalah hormonal dalam sistem tiroid yang akan berperan pula dalam fungsi limfatik dan flavonoid akan berperan terhadap peningkatan dan perbaikan daya tahan tubuh.

Itulah tadi 10 manfaat daun kenikir berikut dengan kandungan penting yang tersimpan dalam daun kenikir. Jadi, jangan ragu untuk rutin mengonsumsi daun kenikir karena sangat baik bagi kesehatan Anda. Rebus daun kenikir singkat saja karena perebusan lama malah menyebabkan kandungan nutrisi di dalamnya hilang dan mengurangi manfaat daun kenikir. Tapi ada pengingat, batasi makan daun kenikir jika Anda menderita penyakit ginjal dan asam urat karena kadar purin di dalamnya relatif tinggi.

Advertisement
Alinesia