Terlalu Banyak Minum Air Putih Justru Berbahaya!


By Cindy Wijaya

Selama ini yang Anda tahu mungkin hanya informasi bahwa banyak minum air penting untuk menjaga kesehatan. Tetapi sudahkah Anda mengetahui batas aman minum air putih? Ya, asupan cairan yang berlebihan ke dalam tubuh ternyata bisa membawa dampak negatif bagi tubuh.

Seorang Guru Besar Bidang Ilmu Penyakit di Falkutas Kedokteran Universitas Indonesia, Parlindungan Siregar, mengatakan bahwa dalam aktivitas biasa atau ketika tidak berolahraga, Anda dianjurkan minum sebanyak 2 liter air dalam sehari.

Beliau juga mengatakan bahwa minum air putih sebanyak 2 liter sehari bertujuan untuk mencegah tubuh kekurangan sekaligus kelebihan cairan tubuh. Sedangkan untuk orang yang sudah berusia lanjut dianjurkan untuk lebih sedikit minum air, sedikitnya 1 liter dan paling banyak 1,5 liter dalam sehari. Ini karena fungsi ginjal orang yang berusia 65 tahun ke atas telah jauh menurun.

Dampak Buruk Kebanyakan Minum Air Putih

Pada orang yang punya penyakit ginjal atau yang hanya punya satu ginjal khususnya tidak boleh terlalu banyak minum air putih. Itu karena ginjalnya tidak dapat berfungsi dengan semestinya dan kebanyakan cairan justru bisa menyebabkan hiperfiltrasi dan pembengkakan ginjal.

Kebanyakan minum air juga memberi dampak buruk bagi Anda yang ginjalnya masih bekerja dengan baik. Kelebihan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan penurunan kadar natrium di dalam darah. Kekurangan kadar natrium bisa menimbulkan kantuk dan membuat Anda gampang lelah.

Ketika olahraga pun Anda tetap dianjurkan minum air putih secukupnya, tidak boleh kelebihan ataupun kekurangan. Asupan cairan harus disesuaikan berdasarkan kegiatan fisik atau olahraga yang dilakukan. Menurut Parlindungan Siregar, kegiatan fisik mulai dari yang intensitasnya ringan sampai yang berat dapat menguras cairan tubuh sebanyak 5 liter.

Baca Juga:  Panduan Memilih Cemilan Sehat

Bagi mereka yang mempunyai penyakit batu saluran kemih, batas aman minum air putih yang dianjurkan adalah sebanyak 3 liter per hari. Bagi orang-orang yang fungsi ginjalnya sudah menurun, misalnya pada penderita penyakit ginjal kronis stadium 4, konsumsi air putih yang dianjurkan paling banyak setara dengan jumlah cairan yang dikeluarkan oleh urin selama 1 hari.

Dalam keadaan santai atau ketika tidak melakukan kegiatan fisik, volum cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh mencapai 1,6 liter. Cairan yang dikeluarkan dari urin sebanyak kurang-lebih 500 ml, dari kulit melalui keringat kurang-lebih 500 ml, melalui saluran pernapasan 400 ml, dan melalui feses (tinja) sebanyak 200 ml.

Asupan cairan ke dalam tubuh sebaiknya mengimbangi jumlah cairan yang dikeluarkan. Cairan tersebut dapat Anda dapatkan bukan hanya dengan minum air putih, tetapi juga dari cairan yang berasal dari minuman dan makanan. Dalam kondisi tubuh normal, asupan air tidak boleh berlebihan karena ginjal normalnya hanya sanggup mengeluarkan sekitar 400-600 ml air per jamnya.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}