Tenangkan Pikiran Cemas dengan Cara Alami Ini!


By Cindy Wijaya

Terus-menerus merasa khawatir, bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, merupakan tanda bahwa Anda bisa jadi mengalami gangguan kecemasan. Jika Anda merasa seperti itu, berarti Anda salah satu diantara banyak orang di dunia yang mengalami gangguan kecemasan.

Kita semua bisa merasa cemas atau gugup, itu wajar. Tetapi apabila perasaan itu muncul terus-menerus dan Anda sudah terbiasa dengannya, maka ini adalah masalah yang harus diperhatikan.

Gejala gangguan kecemasan sangat tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya. Akan tetapi, pada umumnya para penderita gangguan kecemasan akan mengalami panik, susah tidur, dan keringat berlebihan di telapak tangan atau kaki. Gejala-gejala tersebut dapat sangat mengganggu kehidupan pribadi para penderitanya.

Aromaterapi—Obat Alami untuk Menghilangkan Rasa Cemas

Sebenarnya, gangguan kecemasan bukanlah penyakit yang baru-baru ini booming. Sejak dari berabad-abad lalu, gangguan kecemasan sudah dialami banyak orang, karena itu wajar jika sudah banyak orang juga yang mencari cara alami untuk mengatasi gangguan kecemasan.

Salah satu pengobatan alami yang sudah teruji keampuhannya ialah Aromaterapi—menggunaakan minyak esensial alami untuk menyehatkan fisik dan mental.

Selama bertahun-tahun, ada sejumlah riset dilakukan untuk memastikan kemampuan minyak esensial untuk mengurangi kadar stres dan kecemasan. Hasilnya, minyak esensial rata-rata memang terbukti mengandung konstituen-konstituen yang dapat menenangkan pikiran dan mengatasi gangguan kecemasan.

Mari kita lihat apa saja minyak esensial alami yang terbukti manjur mengatasi gangguan kecemasan.

Minyak lavender—minyak ini sudah terkenal dimana-mana berkat khasiatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Salah satu khasiat minyak lavender ialah mengatasi rasa cemas dan depresi. Aroma minyak esensial ini dapat secara efekfif menenangkan pikiran yang kalut.

Ada 2 cara untuk menggunakan minyak lavender dalam mengatasi gangguan kecemasan. Pertama, Anda bisa menyemprotkannya ke udara sekitar, atau cara kedua, teteskan 2-3 tetes di bantal sebelum tidur.

Minyak esensial mawar—dalam dunia aromaterapi, minyak esensial ini sudah sering digunakan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Minyak mawar mengandung senyawa-senyawa yang berkhasiat menenangkan seluruh sistem saraf.

Gunakan dengan menyemprotkannya ke udara atau meneteskan beberapa tetes di bantal tidur sebelum Anda tidur malam. Kehadiran minyak terapi ini di udara atau di sarung bantal dapat secara efektif menenangkan pikiran dan mengurangi tingkat stres serta kecemasan yang sudah menumpuk di sepanjang hari.

Minyak chamomile—minyak esensial ini punya fungsi yang luas, namun khususnya kita memerlukan minyak ini untuk menenangkan ketegangan otot di otak.

Ada beberapa cara menggunakan minyak ini untuk mengatasi gangguan kecemasan. Anda dapat mencampurnya dengan body lotion atau langsung mengoleskannya ke kaki. Atau, Anda bisa menyemprotkannya ke udara. Cara lainnya ialah dengan meneteskannya ke sarung bantal. Semua cara tersebut dapat mengurangi stres pikiran dan membuat tubuh lebih rileks.

Itulah 3 jenis minyak esensial alami yang berguna untuk mengatasi gangguan kecemasan. Pilihlah salah satu dari cara alami diatas, dan praktekan manakala Anda mulai merasa cemas atau khawatir. Aromaterapi minyak esensial dapat membantu Anda tetap tenang.

Perlu diingat, jika Anda mengalami gejala gangguan kecemasan yang lebih dari biasanya, itu tandanya Anda harus berkonsultasi dengan dokter dan mendapat penanganan medis untuk mengatasinya.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}