Tanda-Tanda Kehamilan yang Umum Terjadi

407

Diedit:

Tanda-tanda kehamilan adalah sesuatu yang diharapkan oleh pasangan muda, karena anak memang adalah salah satu tujuan dari pasangan yang baru menikah. Kehamilan merupakan sebuah periode saat seorang wanita itu membawa embrio pada rahim mereka. Untuk pasangan suami istri yang memang sudah menikah, kehamilan adalah sebuah kabar gembira. Tanda-tanda kehamilan juga selain kabar gembira bagi pasangan suami istri, juga bagi keluarga besar mereka.

Walaupun memang beberapa pasangan juga tetap ada yang menunda memperoleh kehamilan, mungkin karena alasan finansial maupun karena alasan yang lainnya. Di balik itu semua, Anda tetap perlu mengetahui apa saja tanda-tanda kehamilan dari seorang wanita, mari baca selengkapnya di artikel ini.

Ciri fisik awal kehamilan adalah sesuatu yang akan dialami wanita di minggu-minggu pertama kehamilan terjadi. Pada awal kehamilan, perubahan fisik yang terjadi ini akan terasa di banyak bagian tubuh, namun memang hanya dalam skala kecil. Untuk diketahui bahwa perubahan tersebut secara sekilas memang tak dapat Anda lihat, namun tanda-tanda kehamilan tersebut dapat diketahui jika Anda perhatikan dengan benar-benar.

Wanita seringkali salah dalam mengartikan tanda tersebut, biasanya tanda-tanda tersebut dilihat hanya sekilas, kemudian langsung diartikan sebagai bukan tanda kehamilan. Memang sulit untuk menyimpulkan sebuah kehamilan apabila hanya mengamati perubahan fisik yang terjadi. Karena tanda-tanda kehamilan itu cukup luas dan tak hanya perubahan fisik saja.

Pengetahuan tentang Tanda-Tanda Kehamilan

Sebagai seorang wanita atau seorang istri, maupun seorang suami, memang benar-benar baik untuk membekali diri atau mempelajari pengetahuan mengenai kehamilan ini, dengan tujuan tertentu. Tujuan yang ingin dicapai dari mengetahui tanda-tanda kehamilan tentu saja supaya Anda dan pasangan dapat lebih mengerti macam-macam kondisi kesehatan yang nanti akan dirasakan saat masa kehamilan tiba, dengan begitu perasaan panik pun akan dapat dihindari, karena Anda akan merasakan keadaan yang cukup ekstrim saat hamil, apalagi bagi wanita yang baru pertama kali menjalani kehamilan. Memang mungkin wanita yang sudah mengalami kehamilan sebelumnya sudah mengerti tentang tanda-tanda kehamilan karena belajar dari pengalaman.

Tanda-tanda kehamilan tidak boleh diketahui terlalu terlambat karena itu bisa berbahaya. Jika mengetahui tanda kehamilan sesudah kehamilan berjalan beberapa minggu, atau yang cukup parah sudah berjalan beberapa bulan, maka potensi terjadinya keguguran sangat tinggi. Jangan sampai hal buruk ini menimpa diri Anda. Itulah pentingnya mengenali tanda-tanda kehamilan sedini mungkin, semakin cepat Anda mengetahuinya maka itu akan semakin baik.

Sayangnya, pengetahuan masyarakat mengenai ciri kehamilan ini masih belum memadai. Tetapi kami harapkan setelah Anda membaca mengenai artikel tanda-tanda kehamilan pada kesempatan kali ini, Anda dapat mengetahui tanda tersebut sedini mungkin, sehingga berbagai potensi buruk yang mungkin terjadi pun akan sirna. Berikut tanda-tanda kehamilan yang perlu dicermati.

Dada menjadi lebih lembut dan bengkak

Tanda-tanda kehamilan yang pertama, pada fisik sang wanita yaitu dada menjadi lebih lembut dan bengkak. Anda juga akan merasakan kesemutan atau rasa nyeri pada bagian sekitar dada. Gejala ini sudah menjadi gejala kehamilan yang cukup umum. Di awal proses kehamilan seorang wanita, dada wanita tersebut akan menjadi lebih berisi, itu karena tubuh mempersiapkan pemberian ASI kepada sang buah hati. Umumnya pada tanda-tanda kehamilan ini, dada wanita tersebut juga akan menjadi lebih sensitif dibandingkan kondisi yang umum, saat belum mengalami kehamilan. Namun akan berbeda ceritanya jika wanita tersebut sebelumnya pernah memakai pil KB, di mana tanda-tanda kehamilan yang ini tidak akan terjadi.

Baca juga:  Apakah Pijat Refleksi Aman Selama Kehamilan?

Morning sickness

Tanda-tanda kehamilan berikutnya yaitu morning sickness. Rasa ingin muntah dan mual mungkin sudah bukan rahasia umum lagi. Ciri fisik ini cukup sering terjadi serta paling banyak diketahui masyarakat awam. Tanda-tanda kehamilan ini juga diberi nama morning sickness karena alasan tertentu, yaitu karena adanya peningkatan pada jumlah hormon hCG, sehingga rasa mual akan terjadi pada waktu pagi hari, itulah alasannya. Tetapi di balik itu semua, ternyata rasa mual juga dapat terjadi sepanjang hari, jadi tak selalu hanya pagi hari saja.

Di trimester pertama, wanita hamil umumnya akan merasa mual, di mana rasa mual ini disebabkan oleh hormon hCG yang meningkat dan akan menyebabkan munculnya rasa pedih di lapisan perut dalam. Namun, Anda tak perlu khawatir dan tak perlu takut, sebab berdasarkan beberapa penelitian morning sickness yang pernah dilakukan, kondisi tersebut terjadi karena alasan tertentu.

Morning sickness membuat wanita hamil tidak berani mengonsumsi makanan sembarangan, sehingga itu akan melindungi janin. Tidak sedikit makanan berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan sang janin. Itulah pentingnya tanda-tanda kehamilan berupa morning sickness ini.

Telat datang bulan

Tanda berikutnya yaitu telat datang bulan. Ini merupakan ciri fisik awal dari kehamilan yang juga sudah banyak diketahui, karena sudah umum terjadi. Saat Anda merasa tak datang bulan, walaupun sebenarnya jadwal haid sudah lewat beberapa minggu atau beberapa hari yang lalu, maka Anda patut curiga. Bisa jadi ini adalah tanda-tanda kehamilan yang terjadi pada diri Anda. Walaupun memang juga ada penyebab yang lainnya. Telat datang bulan dapat disebabkan karena kondisi pikiran stress, proses diet, dan juga dapat disebabkan oleh hormon dalam tubuh yang terganggu. Tanda-tanda kehamilan awal atau kehamilan muda biasanya sang wanita akan mengalami proses pendarahan dengan rupa bercak darah, di mana itu dialami implantasi janin di dinding rahim.

Baca juga:  Kehamilan Ektopik, Pengertian dan Cara Mengetahuinya

Jika Anda sudah mengalami tanda-tanda kehamilan, ada baiknya segera periksakan diri ke dokter kandungan. Dan jika memang benar Anda hamil, maka jagalah kehamilan dengan sebaik mungkin. Kehamilan yang sehat kelak akan membuat pertumbuhan optimal bagi sang buah hati sehingga menjadi anak yang didambakan para orang tua.

Advertisement
Alinesia